Bagaimana Melatih Diri Agar Selalu Menggunakan Akal Sehat dalam Berpikir?

Penggunaan Akal Sehat (Using Common Sense) – kemampuan untuk focus dalam pemikiran praktikal; kemampuan untuk melihat dunia secara jelas.

Bagaiaman melatih diri agar selalu menggunakan akal sehat dalam berpikir?

1 Like

8 Cara Untuk Melatih Diri Mengembangkan Akal Sehat

Sebagai manajer, pelatih, guru, orang tua, teman, atau rekan kerja, apa saja yang bisa kita lakukan untuk membantu orang yang sedang kebingungan yang umum untuk membuat keputusan yang lebih baik? Lebih penting lagi, apakah ada yang bisa kita lakukan untuk membantu diri kita sendiri untuk mengembangkan akal sehat yang lebih baik?

Sementara walaupun Saya bukan ahli di bidang psikologi, saya akan menyarankan langkah-langkah berikut sebagai panduan untuk meningkatkan akal sehat Anda sendiri, atau orang lain.

1. Akui kalau Anda memiliki masalah

Langkah pertama adalah untuk mengenali kalau ada masalah,walaupun ini langkah yang paling sulit dan paling penting dari semuanya.
Tanpa mengambil langkah pertama, maka mungkin tidak ada cara lain.

2. Santai saja

Banyak kesalahan dalam penilaian adalah hasil dari impulsif, keputusan tergesa-gesa. Jika anda tahu Anda punya masalah dengan akal sehat, anda perlu mengorbankan kecepatan keputusan untuk kualitas keputusan. Jika ragu, tidur saja. Setidaknya satu malam, mungkin dua. Mungkin seminggu.

3. Gigit lidah Anda

Jika anda ragu, maka jangan katakan itu.

4. Dapatkan respon dari orang lain

Sebelum melakukan sesuatu yang vital atau penting, anda dapat mengujinya dengan manajer anda, teman, atau orang lain yang dapat memberikan respon yang jujur dan konstruktif. pastikan anda mendengarkan dengan baik respon tersebut.

5. Ambil Tes Kepribadian

Ambil MBTI, DISC, Hogan, atau penilaian kepribadian kredibel lainnya untuk mengidentifikasi kecenderungan alami anda, dan bagaimana kecenderungan dapat mempengaruhi analisis, penilaian, dan pengambilan keputusan anda.

6. Dapatkan pelatih

Dalam hal ini, saya sarankan mencari seseorang yang dapat membantu memeriksa proses berpikir anda.

7. Cari panutan

Menemukan seseorang yang dikagumi yang bisa selalu membuat keputusan yang tepat dan bertanya bagaimana dia melakukannya. Ikuti sejumlah contoh keputusan yang mereka buat, dan meminta mereka untuk menjelaskan proses berpikir mereka.

8. Baca beberapa buku tentang penilaian, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan / atau pemikiran kritis.

1 Like

It is a thousand times better to have common sense without education than to have education without common sense. – Robert Green Ingersoll

Apa itu common sense atau akal sehat? Menurut Mark Twain, common sense adalah sebuah cara sederhana untuk melihat sesuatu sebagaimana mestinya dan melakukan sesuatu dengan cara yang seharusnya. Banyak yang mengatakan bahwa permasalahan di seluruh aspek kehidupan terjadi karena kurangnya common sense, sehingga jika kita memiliki common sense maka kita termasuk golongan yang beruntung.

Sayangnya, kita tidak terlahir dengan common sense. Kita hanya dibekali otak untuk mencari tahu mengenai common sense. Pengalaman pribadi seseorang seringkali dipercaya sebagai cara untuk melatih common sense seseorang. Jika common sense terlatih ketika memutuskan sesuatu dan kemampuan untuk memutuskan sesuatu dengan baik datang dari pengalaman yang ada, kira-kira apa cara yang mudah untuk meningkatkan kemampuan common sense kita? Berikut 10 cara yang saya kutip dari selfgrowth.com:

  • Menantang asumsi
    Banyak sekali asumsi yang dibuat untuk dipertanyakan. Menggali sebuah asumsi lebih dalam dengan mencari fakta-fakta kuat merupakan salah satu cara untuk melatih common sense kita. Hal ini membuat kita dapat lebih memahami inti permasalahan sebelum membuat keputusan.

  • Bertanya
    Memberikan sebuah pertanyaan yang baik merupakan cara yang ampuh untuk mendapatkan informasi berharga yang dapat menghindarkan kita dari permasalahan yang kurang penting. Jika kita berpikir sebuah pertanyaan terlalu bodoh dan tidak menanyakannya, kita hanya akan melewatkan informasi penting yang mungkin kita dapatkan. Orang dengan common sense yang baik selalu banyak bertanya, karena itu lah sumber common sense mereka.

  • Berpikir aktif
    Cobalah untuk terus berpikir tentang konsekuensi yang akan terjadi dari setiap tindakan anda. Kadang anda harus aktif menentukan sesuatu dan kadang anda cukup diam menunggu suatu hal terjadi.

  • Belajar dari kesalahan
    Cara baik lainnya untuk meningkatkan common sense anda adalah dengan membuat sebuah kesalahan, meminta maaf, lalu belajar dari kesalahan yang ada untuk meningkatkan kualitas kerja anda.

  • Ubah pola pendekatan
    Masalah yang ada dalam hidup kadang bisa diselesaikan dengan satu cara yang sama. Namun ketika anda gagal jangan terus memaksakan keinginan anda, cobalah untuk berhenti sejenak dan mengubah pola pendekatan anda untuk menyelesaikan masalah tersebut.

  • Amati orang lain
    Sumber belajar terbaik adalah orang yang memang memiliki common sense yang baik. Perhatikan bagaimana mereka bertingkah laku dan mengambil keputusan. Coba lah untuk meniru beberapa hal yang mereka lakukan sebagai referensi common sense anda.

  • Amati lingkungan
    Banyak kata-kata bijak yang lahir karena mengamati kejadian yang ada di lingkungan sekitar anda. Setiap hal yang ada di alam memiliki makna tersendiri yang akan membuat anda semakin bijak dan bersyukur.

  • Pelajari cara sesuatu bekerja
    Mengetahui bagaimana sebuah mesin bekerja akan memudahkan anda ketika barang tersebut rusak dan anda perlu membetulkannya. Atau bahkan dapat menjaganya agar tidak rusak. Hal ini dapat juga diterapkan dalam hubungan sosial anda. Anda bisa mengetahui apa yang membuat orang lain senang, sedih, maupun marah dan menggunakan hal tersebut untuk meningkatkan kemampuan common sense anda secara nyata.

  • Melatih timing
    Ada pepatah mengatakan bahwa timing adalah segalanya. Keputusan yang baik di waktu yang salah tidak akan pernah menjadi baik. Segala hal memerlukan waktu yang pas dan untuk mengetahuinya anda perlu melatih common sense anda dalam menilai waktu yang tepat.

  • Tertawa
    Hidup merupakan percampuran antara humor dan tragedi, namun jika anda terlalu fokus pada bagian seriusnya anda akan melewatkan cukup banyak hal. Cobalah untuk tertawa terutama kepada diri anda sendiri. Coba lah cari humor-humor segar untuk mengurangi beban hidup yang anda rasakan.

Beberapa cara di atas ketika dicoba dengan benar akan membuat kita mulai meningkatkan kemampuan common sense kita dalam menentukan keputusan dan melakukan sesuatu. Memang tidak mudah, tapi practice makes perfect, kan?

1 Like

Pentingnya menggunakan akal sehat dalam berpikir, karena Allah SWT memberi peringatan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya.

Akal merupakan karunia agung yang diberikan Allâh SWT kepada umat manusia. Akal adalah pembeda antara manusia dengan hewan, dengannya mereka dapat terus berinovasi dan membangun peradaban, dan dengannya mereka dapat membedakan mana yang bermanfaat dan mana yang berbahaya sesuai jangkauan akal mereka.

Karena besarnya karunia akal ini, Islam memberikan banyak syariat untuk menjaga dan mengembangkan akal, seperti;

  • Mengharamkan apapun yang dapat menghilangkan akal, baik makanan, minuman, ataupun tindakan. Juga memberikan hukuman khusus berupa cambuk, bagi mereka yang sengaja makan atau minum apapun yang memabukkan.

  • Memasukkan akal dalam lima hal primer yang harus dijaga dalam syarîat Islam, yakni: agama, jiwa, keturunan, akal dan harta.

  • Menjadikannya sebagai syarat utama taklîf (kewajiban dalam syariat). Oleh karena itu, ada batasan baligh, karena orang yang belum baligh biasanya kurang sempurna akalnyA. Oleh karena itu pula, semua orang yang hilang akalnya, bebas atau gugur kewajibannya menjalankan syariat.

  • Menganjurkan, bahkan mewajibkan umatnya untuk belajar. Lalu memberikan derajat yang tinggi bagi mereka yang berilmu dan mengamalkan ilmunya.

  • Melarang umatnya membaca bacaan atau mendengarkan perkataan-perkataan, yang dapat menyesatkannya dari pemahaman yang benar.

referensi : https://almanhaj.or.id/4063-kedudukan-akal-dalam-islam.html