Dalam membangun sebuah road map pengembangan produk maka akan terdapat penambahan atau bahkan pengurangan fitur pada produk tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah skala prioritas fitur agar saat diterapkan ke dalam produk fitur tersebut akan dapat memberikan dampak yang signifikan baik kepada perusahaan maupun customer.
Apa yang harus dilakukan untuk pemilihan skala prioritas pada fitur yang baik?
Cara terbaik dalam melakukan prioritizing terkait dengan fitur-fitur yang ada pada produk kita antara lain :
Berbicara dengan kustomer
Berbicara dengan kustomer merupakan hal yang penting karena mereka dapat memberitahukan apa yang mereka inginkan pada sebuah produk. Namun tidak semua informasi diterima mentah-mentah melainkan dipertimbangkan dengan baik berdasarkan kebutuhan perusahaan juga
Organisasi Fitur
Setelah mengetahui fitur dari kustomer maka perusahan dapat mengetahui bentuk produk kedepanya. Fitur-fitur tadi diorganisasi berdasarkan fungsinya sehingga dapat dibagi-bagi untuk memenuhi kebutuhan serta tujuan perusahaan
Prioritas Goal
Membangun tujuan manakah yang paling penting bagi perusahaan sehingga bisa di selesaikan terlebih dahulu
Estimasi waktu dan biaya
Tiap fitur akan memiliki waktu dan biaya yang beragam. Untuk meminimalisir kerugian serta memaksimalkan profit maka perkiraan waktu dan biaya haruslah akurat berdasarkan pendapat tim pengembang
Buat prototype fitur
Sebelum dilepas ke pasar fitur tersebut harus di uji coba terlebih dahulu kedalam pasar terbatas. Seperti google chrome mobile yang menyediakan //flags sebagai jendela untuk mencoba fitur-fitur baru yang belum di resmikan.
Berani berubah
Jika sebuah fitur gagal maka perusahaan harus berani untuk mengubah produk agar produk tidak ikut tenggelam bersama kegagalan tadi