Bagaimana manajer pemasaran menentukan strategi penetapan harga yang akan digunakan?


Manajer pemasaran (Marketing Managers) memiliki tanggung jawab dalam menentukan daya jual produk atau layanan baru. Mereka menguji tingkat kepentingan umum untuk produk atau layanan baru tersebut. Mereka juga melakukan penetapan harga dan penempatan produk dalam pasar. Mereka mencari pasar baru yang mungkin memerlukan produk atau layanan perusahaan. Manajer pemasaran melakukan penelitian produk yang kompleks, termasuk pengetahuan menyeluruh tentang kekuatan dan kelemahan produk, sebelum mengenalkan produk ke pasar.

  • Menciptakan strategi branding perusahaan dan mengidentifikasi saluran distribusi sebelum mengembangkan strategi penetapan harga dalam rencana pemasaran. Dengan demikian, seorang marketing akan memastikan bahwa harga produk akan mencerminkan nilai (values) dari produk tersebut. Jika metode marketing untuk memberikan nilai adalah product leadership, seharusnya seorang marketing tidak perlu mengurangi harga atau bersaing pada harga. Harga akan mempengaruhi bagaimana pasar merasakan penawaran. Jika produk dianggap sebagai komoditas, seorang marketing harus mengubah persepsi pasar melalui strategi penentuan posisi, atau bersaing pada harga dan fokus berinovasi agar biaya tetap rendah sehingga perusahaan tetap menghasilkan keuntungan.

  • Mencocokkan strategi penetapan harga dengan proposisi nilai produk. Jika proposisi nilai adalah efisiensi operasional, maka harga produk harus sangat kompetitif. Akan tetapi, jika proposisi nilai produk adalah product leadership, harga rendah akan menjadi strategi yang salah.

  • Memahami struktur biaya dan tujuan profitabilitas produk. Perusahaan menghitung biaya ini secara berbeda. Harga Pokok Penjualan (HPP) merupakan biaya fisik dalam menghasilkan produk atau jasa. Laba kotor merupakan selisih antara pendapatan yang anda dapatkan pada suatu produk dan biaya untuk memproduksinya secara fisik (HPP). Selain itu, seorang marketing harus memahami berapa keuntungan yang dibutuhkan perusahaan untuk menghasilkannya. Akan jauh lebih efektif saat seorang marketing dapat mempertimbangkan promosi diskon dan mengetahui dengan persis bagaimana hal tersebut dapat tetap memberikan keuntungan pada produk.

  • Menganalisis harga pesaing anda. Melihat berbagai pesaing langsung dan tidak langsung untuk mengukur keamanan harga agar harga produk anda tidak jatuh. Jika proposisi nilai produk anda adalah efisiensi operasional, maka tingkatkan pesaing anda secara regular untuk memastikan bahwa produk anda tetap kompetitif.

  • Memperkirakan seberapa peka pelanggan anda terhadap fluktuasi. Hal ini akan membantu anda dalam menentukan kombinasi harga dan volume yang tepat. Lebih penting lagi, anda dapat memperkirakan bagaimana perubahan harga dapat mempengaruhi pendapatan anda

Referensi

Pricing Strategy for Your Product or Service | Marketing MO