Bagaimana manajer pemasaran membuat strategi produk yang efektif?

Strategi produk adalah landasan dari product life cycle dan rencana pelaksanaan untuk pengembangan lebih lanjut. Strategi produk memungkinkan bisnis mencapai target pemirsa tertentu dan fokus pada atribut produk dan konsumen. pertanyaan nya bagaimana strategi itu dapat efektif dan elemen apa saja yang mempengaruhinya

1 Like

Strategi produk pada dasarnya adalah tentang membayangkan masa depan sebuah produk Produk tersebut akan jadi seperti apa? Siapa yang akan diuntungkan? Bagaimana itu akan menciptakan nilai? Lebih khusus lagi, strategi produk harus menggambarkan produk itu dan mengapa orang ingin membeli dan menggunakannya dan apa tujuan bisnisnya dan mengapa sebuah perusahaan perlu berinvestasi di dalamnya.

Ada 3 elemen yang perlu diperhatikan manejer pemasaran dalam membuat strategi produk:

Market(Pasar) menggambarkan target pelanggan dan pengguna produk, orang-orang yang cenderung membeli dan menggunakannya. Kebutuhan terdiri dari masalah utama yang perlu dipecahkan oleh produk yang ditawarkan atau keuntungan utama yang diberikannya. Pikirkan produk seperti Google Search atau Bing yang memecahkan masalah dalam menemukan informasi di Internet. Bandingkan dengan produk seperti Facebook yang memungkinkan Anda tetap berhubungan dengan keluarga dan teman.

Fitur utama dan pembeda adalah aspek produk yang sangat penting untuk mengatasi masalah utama atau menciptakan keuntungan utama dan membuat pasar memilihnya dibandingkan produk kompetitor. Jangan membuat hanya satu aspek kunci, fokus pada tiga sampai lima aspek kunci yang membuat orang membeli dan menggunakan produk anda. Misalnya, iPhone pertama dengan mobile Internet, pemutar musik digital mirip iPod, dan layar sentuh sebagai fitur utamanya atau browser Google Chrome dengan fokus pada kecepatan, keamanan, dan kesederhanaan.

Business goals capture bagaimana produk Anda akan menguntungkan perusahaan Anda. Apakah akan menghasilkan pendapatan, membantu menjual produk atau layanan lain, mengurangi biaya, atau meningkatkan ekuitas merek?

Referensi