Bagaimana liburan low budget versi kamu?

Liburan menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu, apalagi setelah menjalankan segudang aktivitas yang melelahkan. Bagi sebagian orang, hal ini seperti kewajiban yang harus dipenuhi sebagai salah satu bentuk self reward karena telah menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang dibebankan. Nah, liburan seperti apa yang sering kalian lakukan? Apakah teman-teman memiliki tips agar kita dapat liburan tapi juga lebih hemat? Bagaimana liburan low budget versi kalian?

Aku pribadi memang buka liburan low budget sihh. Menurutku, liburan ngga perlu mengeluarkan banyak uang, selagi ada yang murah mengapa tidak.
Kalau liburan jauh, lebih baik mengeteng dan pakai kendaraan umum, dari pada pribadi. Selanjutnya, pilih juga destinasi wisata yang tidak terlalu mahal. Contohnya, kalau inginn liburan ke Bali. Pilih ngeteng dan gunakan kendaraan umum lalu kalau sudah sampai di sana, pilih juga penginapan yang biasa saja. Kalau hotel otomatis mahal hehe…
Pokoknya banyak sekali cara yang bisa digunakan agar liburan ini mengeluarkan sedikit biaya…

Liburan low budget versi aku itu gampang sekali :sweat_smile:. Di kota tempatku tinggal banyak sekali tempat wisata, terutama wisata alam yang biaya masuknya hanya membayar parkit saja sebesar 5000 rupiah. Biasanya untuk makanan atau minuman aku dan teman-teman bawa dari rumah buat di makan di jalan atau di tempat tujuan. Untuk kendaraan kita pakai milik pribadi yang biasanya bensinnya sudah diisi oleh orang tua wkwk. Jadinya kita hemat deh kalo liburan

karena aku malas untuk keluar rumah, liburan menurut aku adalah berdiam diri di kamar seharian memesan makanan yang lagi aku ingini dan menonton film dari web streaming. ini juga karena di kota aku tidak banyak tempat wisata, ada pantai tetapi airnya coklat :frowning_face: jadi pilihannya hanya ke mall atau ke cafe saja. karena aku tidak begitu suka berbelanja jadi tidak minat untuk pergi ke mall, dan biasanya ke cafe kalau ingin suasana baru saat mengerjakan tugas :sweat_smile:

Hmmm liburan low budget ya. Berhubung ini sedang pandemi dan ingin liburan murah, maka jawabannya adalah tetap di rumah saja. Daripada keluar rumah, memperbesar resiko terpapar virus.

Apa yang dilakukan? Mungkin bisa rebahan saja di kamar sambil melakukan aktivitas favorit kita di rumah, entah itu menonton, mendengarkan lagu, main game, dan lain-lain. Tidak ada biaya tambahan yang dikeluarkan, hati pun senang. Liburan yang bakal menyenangkan buat introvert seperti saya.