Bagaimana latar belakang munculnya Renaissance di Italia?

Latar Belakang Budaya

Mengapa renaisan terjadi pertama kali di Itali? Salah satu alasannya, karena Itali memiliki tradisi klasik yang lebih kuat dibandingkan beberapa negara di Eropa Barat. Pada Abad Pertengahan, orang-orang Itali telah berusaha mengelola cara-cara melestarikan warisan kebudayaan Romawi Kuno bagi anak keturunan mereka. Mereka memeliharanya dengan penuh rasa bangga dan menganggap bahwa infiltrasi Lombard, Byzantium dan Saracenic, telah menurunkan mereka ke tingkat kebudayaan yang rendah dari masa ke masa.

Dari peninggalan-peninggalan yang terdapat di beberapa kota di Itali, menunjukkan bahwa sistem pendidikan Romawi Kuno masih terdapat di sekolah-sekolah pemerintah. Di perguruan tinggi Itali, orang-orang mempelajari berbagai macam ilmu, terutama mengenai hukum-hukum dan kedokteran dibanding teologi, terkecuali di Universitas Roma. Semua ini mengakibatkan Itali mengalami perpaduan kebudayaan, yakni antara kebudayaan yang ada, dengan kebudayaan Byzantium dan Saracenic.

Terakhir dan barangkali ini yang penting untuk mendapat perhatian, bahwa kota-kota utama di Itali adalah penerima warisan kebangkitan kembali perdagangan Barat. Dan untuk beberapa tahun kota-kota pelabuhan laut seperti Venice, Naples, Genoa dan Pisa sebenarnya dikuasai oleh pedagang Mediterania sehingga saudagar-saudagar di Florence, Bologna, Poacenza, dan kota-kota lain di daratan Lombard melayani para makelar dalam perdagangan antara Eropa Utara dan Eropa Selatan. Kemakmuran ekonomi merupakan hal-hal mendasar sebagai suatu akibat logis kemajuan di bidang intelektual dan seni.

Latar Belakang Politik

Secara umum, keamanan dan pemerintahan yang stabil merupakan kondisi yang sangat diperlukan bagi pengembangan suatu kebudayaan tinggi, tetapi sungguhpun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena renaisan lahir di tengah-tengah suasana kekacauan politik. Bukan hanya di Itali sebagai negara dimana renaisan pertama kali muncul, tetapi juga di beberapa negara lainnya, renaisan ini lahir dalam keadaan negara sedang kacau.

Waktu itu, partai politik memberontak, permusuhan terjadi dimana-mana. Orang-orang pergi bergabung dengan pihak oposisi. Di sana mereka dipupuk rasa bangga dan egoisme yang tinggi. Segala cara untuk mengejar kekayaan dan kekuasaan dianggap sah, selanjutnya berpacu mengejar kebahagiaan jasmaniyah. Untuk mencapai kebahagiaan itu, jika perlu bisa dengan cara menindas saingannya.

Hal inilah barangkali yang memicu perubahan sikap sosial yang melahirkan kekacauan politik. Gaya ini pulalah yang membentuk jiwa petualangan dan mencetak kepribadian dalam upaya mengeraskan jalan menuju kebahagiaan dan kekuasaan. Pada periode ini, persaingan ketat yang tak sehat terjadi di bidang perdagangan. Pendek kata, banyak pergolakan dalam politik Itali dan dalam kondisi inilah renaisan lahir