Bagaimana langkah untuk memahami Seni Abstrak?

Seni abstrak adalah representasi konkret perasaan kita yang paling halus.

Seringkali banyak yang tidak dapat memecahkan memahami makna dari sebuah karya seni abstrak. Dengan berbagai bentuk karya abstrak, tidak sedikit orang pusing apabila diminta menjabarkan yang dilihatnya. Perlu tips untuk memahami Seni Abstrak itu

Berikut ini adalah beberapa langkah agar bisa memahami Seni Abstrak lebih mudah:

  1. Tidak ada kode untuk dipecahkan
    Lukisan ataupun karya seni abstrak bukanlah sebuah teka-teki silang yang harus dipecahkan. Ketika anda melihat karya abstrak, ambil nafas dalam-dalam dan nikmati setiap warna atau pola yang ada. Anda hanya cukup selami pikiran Anda saat melihatnya.

  2. Jangan melihat jam
    Jangan pernah mengira bahwa hanya dalam hitungan menit anda langsung dapat memahami makna lukisan abstrak tersebut terkecuali anda benar-benar penikmat abstrak. Bagi anda yang baru pertama kali, mungkin dapat memakan waktu berjam-jam. Tapi sekali lagi, cukup nikmati saja.

  3. Jangan memikirkan lukisannya, pikirkan benda lain
    Lukisan abstrak memang dapat menimbulkan banyak tafsir, namun bukan masalah apakah anda benar atau salah dengan tafsiran tersebut. Ini benar-benar tentang apa yang anda bayangkan saat melihatnya. Mungkin ada banyak pertanyaan di benak Anda saat melihat karya abstrak, namun pertanyaan-pernyataan tersebut tidak memiliki jawaban yang pasti, tetapi dapat membantu Anda menemukan titik awal memahami karya abstrak.

  4. Jangan panik saat emosi melanda
    Seringkali para penikmat karya seni abstrak begitu terhanyut menyelami seni tersebut, dan tidak jarang beberapa hingga menangis dan begitu emosional. Jika itu terjadi pada Anda, tidak perlu khawatir. Penikmat film terkadang hingga dapat menangis saat menonton film, ini hampir mirip yang berbeda adalah Anda melihat emosi Anda sendiri.

  5. Baca keterangannya
    Inilah cara termudah yang dapat Anda lakukan jika tak ingin terlalu dalam menyelam pikiran sendiri. Setiap karya abstrak yang ditampilkan, akan disertakan keterangan mengenai identitas dan cerita dari karya seni tersebut. Yang terakhir, cobalah hanya nikmati tanpa harus memahami tujuan karya tersebut dibuat. Karena beberapa seniman abstrak pun tidak memiliki tujuan khusus saat menciptakan karya seni abstrak.