Bagaimana langkah-langkah membuat product roadmap yang tepat?

Tujuan dari roadmap produk adalah untuk mengkomunikasikan arah dan kemajuan ke tim internal dan pemangku kepentingan eksternal. Hal ini menunjukkan inisiatif tingkat tinggi dan langkah-langkah yang direncanakan untuk sampai ke sana. Dalam mencapai hal ini perlu adanya langkah-langkah yang tepat dalam pembuatannya, apasajakah itu?

Untuk membangun peta jalan produk, Anda harus tahu apa tujuan bisnis utama Anda dan inisiatif yang akan Anda investasikan untuk mencapainya. Kemudian Anda dapat memutuskan fitur mana yang paling selaras dengan sasaran Anda. Ini berarti Anda memerlukan metodologi objektif untuk melakukan ini.

Berikut ini beberapa langkah untuk menentukan fitur mana yang ditambahkan ke peta jalan Anda berdasarkan pada apa yang akan memiliki dampak terbesar bagi bisnis ini:

1. Tentukan strategi Anda
Manajer produk harus menetapkan pendekatan “sasaran pertama” dan arah utara yang sebenarnya untuk menuju ke mana produk mereka. Visi ini mendefinisikan prospek Anda untuk produk, di mana ia menuju, dan apa yang tim Anda akan bangun. Dan semua visi luar biasa ada dalam benak pelanggan mereka.
Visi produk yang kuat didukung oleh detail tentang siapa pelanggannya, apa yang dibutuhkan pelanggan, dan rencana pemasaran Anda. Ini menangkap esensi dari apa yang ingin Anda capai - informasi penting yang harus dipahami tim Anda untuk mengembangkan dan mempertahankan produk pemenang.

2. Sesuaikan Rilis Produk (Customize Releases)
Pilih fitur mana yang disorot dan pilih apakah akan menyajikan data internal atau eksternal pada setiap rilis. Tanggal rilis eksternal dapat berbeda dari tanggal rilis internal Anda. Ini juga dapat dibulatkan ke jangka waktu yang lebih luas agar kurang tepat (misalnya menunjukkan rilis per kuartal).
Untuk pandangan pelanggan, Anda dapat menunjukkan tema rilis dan fitur utama yang akan mereka minati. Para pemangku kepentingan internal akan ingin memahami kepentingan strategis, yang disampaikan melalui sasaran dan inisiatif. Anda juga dapat membuat tampilan untuk pelanggan tertentu, memungkinkan audiens Anda untuk melihat peta jalan yang relevan dengan tujuan bisnis mereka yang spesifik.

3. Prioritaskan fitur
Sebagai manajer produk, Anda mungkin menghadiri banyak rapat di mana semua orang berdebat atas permintaan pelanggan mana yang harus diprioritaskan. Permintaan pelanggan harus selalu diperingkat terhadap strategi Anda. Mencetak gagasan mengambil subjektivitas dari permintaan pelanggan.
Setiap produk dapat memiliki scorecard unik yang terdiri dari metrik yang mencerminkan strategi Anda, tetapi masuk akal pada tingkat fitur. Anda dapat sepenuhnya menyesuaikan metrik, skala, pembobotan, dan kompleksitas yang digunakan untuk menambahkan kuantifikasi ke fitur Anda. Buat kartu skor Anda dalam kaitannya dengan visi produk tujuan pertama Anda. Ini memastikan bahwa kartu skor Anda mencerminkan hal yang paling penting bagi lini produk dan bisnis Anda. Setelah Anda membuat dan menerapkan Scorecard Anda, Anda memiliki cara yang lebih obyektif untuk memprioritaskan fitur pada peta jalan Anda.
Cara terbaik untuk mempertimbangkan permintaan pelanggan adalah dengan merancang peta jalan tujuan pertama yang menyusun peringkat permintaan ini terhadap sasaran Anda. Semua ide harus dipertimbangkan terhadap strategi Anda dan mereka yang akan memiliki dampak terbesar harus diprioritaskan.

4. Bagikan peta jalan Anda
Komunikasi dan transparansi sangat penting untuk membangun produk hebat. Mereka juga harus menjaga seluruh organisasi selaras dengan strategi Anda. Ketika Anda memiliki pandangan yang Anda inginkan, simpan dan / atau bagikan dengan pemangku kepentingan utama. Beberapa perangkat lunak memungkinkan Anda mengambil hampir semua tampilan dan mempublikasikannya melalui halaman web PDF atau aman. Sekarang Anda bisa dengan bangga membagikan rencana produk dan peta jalan Anda, dan dengan mudah membuat setiap orang tetap up to date.
Semua orang ingin melihat data yang sama — tetapi masing-masing tim ingin melihatnya dengan cara mereka sendiri. Manajer produk mendapat manfaat dari pendekatan terfokus yang mencakup banyak kolaborasi dan perencanaan untuk menjaga semua orang di halaman yang sama.

Referensi

Langkah-langkah dalam membuat produk roadmap yaitu :

  1. Tentukan masalah dan solusi
    Contohnya :
    Masalah : Mahasiswa baru ingin mendapatkan informasi kos-kosan di sekitar Universitas Brawijaya
    Solusi : Sebuah fitur rekomendasi kos-kosan yang berisi informasi secara detail dari kos-kosan tersebut dan alamatnya agar dapat di lihat secara langsung

  2. Mengembangkan persona. Persona berfungsi agar kita lebih memahami apa yang dibutuhkan oleh penggunanya

  3. Masukan dari pengguna dan calon pengguna terhadapat fitur yang disediakan apakah mengalami kesulitan, kekurangan, dan sesuai kebutuhan mereka

  4. Menentukan visi dari sebuah produk, kapan, apa, bagaimana, siapa, dimana dan mengapa produk tersebut dibuat