Bagaimana kunci keberhasilan kerjasama dalam tim?

Bagaimana kunci keberhasilan kerjasama dalam tim ?

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana beberapa kelompok kerja menunjukkan kerja tim yang efektif dan tim lain tetap tidak berfungsi untuk kehidupan tim? Kerja tim yang efektif adalah sangat sederhana dan sulit pada saat yang sama dan keberhasilan tim tertentu juga terkait erat dengan budaya organisasi mereka. Beberapa budaya organisasi mendukung kerja tim; yang lain tidak.

Bagaimana kunci keberhasilan kerjasama dalam tim ?

1 Like

Menurut Nasution (2010), diperlukan usaha mengatasi faktor-faktor yang dapat menghambat kesuksesan kerjasama tim dan dibutuhkan pula berbagai upaya agar tim dapat mencapai misi dan tujuan pembentukannya. Ada tiga komponen yang saling berkaitan yang saling memengaruhi kinerja dan produktivitas suatu tim, yaitu sebagai berikut :

  1. Organisasi secara keseluruhan
    Budaya suatu organisasi akan menentukan sikap, perilaku dan cara berfikir seluruh anggota dalam mencapai misi dan tujuan yang dipengaruhi oleh filosofi organisasi, norma, kode etik, sistem penghargaan dan harapan dari para anggota organisasi.

  2. Tim kerja
    Tim kerja akan mencapai kinerja dan produktivitas yang diharapkan apabila dilakukan denga manajemen rapat atau pertemuan yang baik, adanya peranan tanggung jawab yang jelas mampu melaksanakan manajemen konflik, adanya prosedur dan operasi yang jelas dan sederhana serta pencapaian misi tim.

  3. Para individu anggota tim
    Sikap individu anggota tim harus memiliki beberapa persyaratan agar kinerja dan produktiviats meningkat, yaitu memiliki kesadaran diri untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan tim, memiliki apresiasi terhadap pperbedaan individual, bersikap empati dan peratian yang besar dalam menyelesaikan tugas masing-masing individu anggota tim.

Menurut Indrawijaya (1989), untuk menghasilkan suatu pekerjaan yang efektif dan efisien, tentunya tidak terlepas dari organisasi yang efektif. Adapun indikator terbentuknya suatu efektivitas dalam suatu tim, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :

  1. Rasa saling percaya
  2. Adanya keinginan untuk saling membantu
  3. Adanya komunikasi terbuka
  4. Adanya tujuan bersama
  5. Penyelesaian konflik secara terbuka
  6. Pemanfaatan potensi sumberdaya manusia secara optimal
  7. Mekanisme pengawasan dilakukan secara bersama
  8. Adanya organisasi yang bebas dari intrik, terbuka, dan sportif
Referensi

Munawarah. 2018. Analisis KErja Tim dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Kerja Karyawan (Studi Kasus pada Sarijan Coffe II kota Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen FE UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.