Bagaimana Kucing dapat terjangkit penyakit Calicivirus dan bagaimana cara penyembuhannya?

kucing

(Aulia Rizky) #1

Feline calicivirus merupakan salah satu penyakit yang termasuk ke dalam flu kucing. Flu kucing adalah penyakit dengan kumpulan gejala pada organ respirasi bagian atas (upper respiratory disease).

Bagaimana Kucing dapat terjangkit penyakit Calicivirus dan bagaimana cara penyembuhannya?


(Lasma Triani) #2

Infeksi terjadi melalui jalan pernafasan; mungkin juga melalui konjunktiva. Virus berreplikasi di jalan hawa bagian muka. Viremi dapat terjadi. Infeksi berpersistensi terutama di bagian faring dan virus lama dapat diasingkan dari bagian ini tanpa menimbul kan gejala-gejala klinis. Pada hewan dewasa terlihat infeksi bersifat recidif pada jalan pernafasan umpamanya rinitis. Pembawa virus demikian dapat juga mengeluarkan virus melalui tinja. Sebagian besar kucing yang terinfeksi membentuk antibodi netralisasi, antibodi ini memberi perlindungan terhadap galur virus homolog. Galur virus F9 dipergunakan sebagai galur vaksin karena ia bersifat avirulen dan memiliki spektrum perlindungan yang lebih luas. Kucing sembuh masih dapat ditulari lagi dan menjadi pembawa virus.

Penyembuhan

Peraturan-peraturan saniter biasanya tidak sangat berguna karena banyak kucing menyebarkan virus tanpa memperlihatkan gejala-gejala sakit. Beberapa vaksin telah dikembangkan. Vaksin itu mengandung beberapa serotipe virus. Dikira bahwa kekebalan yang diperoleh juga memberi perlindungan terhadap galur-galur virus heterolog. Vaksin itu juga biasanya merupakan vaksin kombinasi melawan infeksi dengan virus calici dan virus penyebab rhinotrachaeitis dan dibuat dari galur-galur yang avirulen atau yang diatenuasi. Umumnya vaksinasi dilakukan secara intranasal atau intramuskuler pada umur 9-12 minggu.