Bagaimana kriteria designer yang baik agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna?

bagaimana cara kita menjadi designer yang baik untuk memahami user needed?

Dibawah ini merupakan kriteria designer yang baik

  1. Intentionality
    Sebagai designer kita dituntut untuk mengetahui tujuan dari apa yang sedang kita kerjakan dan bagaimana tujuan tersebut mempengaruhi hasil desain yang kita kerjakan.

  2. User empathy
    Sebagai designer kita harus mengerti bahwa setiap orang memiliki cara pandang berbeda. maka dari itu kita dituntut untuk memahami kebutuhan dari para pengguna produk kita.
    .
    Mengasumsikan kebutuhan dari user itu sah sah saja, asalkan hal tersebut dilabeli sebagai asumsi. Sehingga dengan seperti itu kita akan berhati hati untuk menggunakan asumsi tersebut dalam pembuatan keputusan terkait dengan design yang sedang kita kerjakan.

  3. Update
    Sebagai designer kita dituntut untuk selalu memikirkan bagaimana design yang ada menjadi lebih baik dari masa ke masa.

  4. Keep it Simple
    Dalam mendesain sebuah produk pasti akan ada beberapa hal kompleks yang kita temui.
    Misal, saat kita sedang mendesain sebuah platfrom e-commerce, akan ada banyak sekali informasi yang terkait sebuah produk, mana informasi yang harus ditampilkan.

  5. Visual
    Salah satu hal yang menjadi bagian pekerjaan designer adalah User Interface. Dalam mendesain User Interface hal hal yang harus diperhatikan adalah:

  • Clear, Creative and Inspiring, tidak bisa dipungkiri estetika adalah salah satu faktor untuk membuat user nyaman menggunakan suatu produk.
  • Hirarki yang jelas, sehingga user bisa membedakan informasi ini terkait dengan informasi bagian mana.
  • Mewakili Brand, design yang kita buat sebaiknya mewakili brand dari perusahaan tersebut. Brand disini tidak hanya dari segi warna tapi juga karakter dan visi apa yang coba disampaikan oleh perusahaan tersebut.
  • Konsisten, Konsistensi adalah satu hal penting dalam membuat design. Dengan konsistensi akan mempermudah user untuk memakai dan mengenali produk tersebut.