Bagaimana konstitusi di negara Amerika?

gambar
Tahukah kamu bagaimana konstitusi di negara Amerika?

Konstitusi AS merupakan alat utama dalam hukum pemerintahan tertinggi bangsa ini. Lebih dari 200 tahun sejak berdirinya negara ini konstitusi telah memberi arah untuk pemerintahan bangsa ini. Konstitusi AS merupakan konstitusi yang bertahan paling lama di dunia dengan ketahanan dan tingkat fleksibilitas atas kemajuan jaman. Berawal dari kerangka dasar yang difungsikan sebagai pengatur 4 juta penduduk di 13 negara bagian pada awal kemerdekaan dengan 26 amandemen dan saat ini melayani dan mengatur 240 juta penduduk di 50 negara bagian.

Konstitusi AS telah menunjukkan peran dengan mengatur proses politik yang mampu menjamin stabilitas politik dan menjamin berkembangnya demokrasi (yang memungkinkan partisipasi yang luas dan bermakna dari penduduk dalam menentukan kebijaksanaan umum).

Sebelum diberlakukannya konstitusi AS (1789) telah berlaku UU Konfederasi oleh 13 negara bagian yang baru merdeka (Juli 1788). Artikel Konfederasi mencanangkan sebuah persekutuan yang longgar antar negara dan memberikan serta mengatur kekuasaan yang sangat terbatas pada pemerintahan Federasi dalam persoalan- persoalan pokok seperti pertahanan dan perdagangan. Pemerintah Federal sangat tergantung pada legislator negara- negara bagian. Dalam waktu tidak lama, UU Federasi tersebut menimbulkan kestabilan dan chaos.