Bagaimana Koneksi Bluetooth terbentuk?

Sumber Gambar

https://www.blemobileapps.com

Bagaimana Koneksi Bluetooth terbentuk ?

Nama Bluetooth berasal dari nama raja Harald Bluetooth dari Denmark pada tahun 900-an akhir. Dia berhasil menyatukan Denmark dan bagian dari Norwegia menjadi sebuah kerajaan tunggal. Pemilihan nama ini menjadi sebuah standar oleh perusahaan-perusahaan dari wilayah Nordic (negara termasuk Denmark, Swedia, Norwegia dan Finlandia) untuk industri komunikasi. Koneksi antar perangkat semakin hari menjadi semakin kompleks. Awalnya, kita dapat saling mengirim file antar ponsel, kemudian ke komputer, lalu ke tablet, GPS, audio mobil, dll. Kita akan membahas metode yang sangat populer untuk menghubungkan perangkat, yang disebut Bluetooth, yang menyederhanakan semua proses. Sambungan Bluetooth secara wireless dan otomatis, dan memiliki fitur menarik yang dapat memudahkan kehidupan kita sehari-hari.

Ada banyak cara yang berbeda untuk menghubungkan perangkat elektronik satu sama lain. Sebagai contoh:

  • Kabel data
  • Kabel listrik
  • Kabel ethernet
  • WiFi
  • Sinyal inframerah

Ketika ada dua perangkat yang perlu terhubung satu sama lain, keduanya harus setuju pada syarat-syarat sebelum percakapan bisa dimulai. Titik pertama dari syarat yang harus dipenuhi adalah koneksi fisik: melalui kabel, sinyal radio, wireless? Jika menggunakan kabel, berapa banyak jalur yang diperlukan. Setelah atribut fisik ditentukan, pertanyaan lainnya muncul:

Berapa banyak data yang akan dikirim pada satu waktu? Misalnya, port serial mengirim data 1 bit (satuan data terkecil dalam sistem Biner) pada satu waktu, sementara port paralel mengirimkan beberapa bit sekaligus. Bagaimana metode koneksi satu sama lain? Semua pihak dalam hubungan elektronik perlu mengetahui setiap bit pesan dan apakah pesan yang diterima memiliki isi yang sama seperti yang dikirim. Hal ini berlanjut dengan pengembangan seperangkat perintah dan tanggapan yang dikenal dengan protokol. Bluetooth memberikan solusi untuk masalah ini.

Bagaimana Koneksi Bluetooth Terbentuk?

Bluetooth meningkatan jaringan skala kecil ke tingkat berikutnya dengan menghilangkan adanya intervensi pengguna dan menjaga daya transmisi sangat rendah untuk menghemat daya baterai.

Bluetooth pada dasarnya adalah sebuah standar jaringan yang bekerja pada dua tingkatan:

  • Bluetooth memberikan kesepakatan koneksi pada tingkat fisik. Bluetooth merupakan standar frekuensi radio.
  • Bluetooth memberikan kesepakatan koneksi pada tingkat protokol, di mana perangkat harus setuju/sesuai pada kapan data dikirim, berapa banyak data yang dikirimkan pada satu waktu, dan bagaimana kedua belah pihak dalam koneksi dapat yakin bahwa data yang diterima sama persis dengan data yang dikirim.
  • Bluetooth memiliki kecepatan transfer maksimum 1 Mbps, sementara Bluetooth 2.0 dapat mengelola hingga 3 Mbps.

Hal yang menarik dari Bluetooth adalah menggunakan jenis koneksi nirkabel, murah dan otomatis. Ada cara lain untuk koneksi tanpa kabel, seperti komunikasi inframerah. Inframerah (IR: InfraRed) mengacu pada gelombang cahaya dari frekuensi yang lebih rendah daripada mata manusia yang banyak digunakan dalam sistem remote control televisi.

Komunikasi inframerah cukup handal dan sangat hemat, tetapi ada beberapa kelemahan. Pertama, perangkat inframerah harus “ saling berhadapan “. Kelemahan kedua adalah inframerah hampir selalu menjadi teknologi “ 1-1 “, artinya Anda dapat mengirim data antara komputer desktop dan komputer laptop Anda, tapi tidak bisa antara komputer laptop Anda dan tablet pada waktu yang sama.

Kualitas dari inframerah sebenarnya dapat sangat menguntungkan dalam beberapa hal. Karena pemancar inframerah dan penerima harus dalam satu garis lurus, sehingga interferensi antar perangkat jarang terjadi. Sifat 1-1 juga berguna untuk memastikan pesan sampai hanya kepada penerima yang dimaksud, bahkan dalam ruangan yang penuh dengan perangkat inframerah yang aktif.

Sumber

https://www.archivioguerrapolitica.org/2017/11/06/mengupas-lebih-dalam-mengenai-bluetooth-teknologi-mengirim-data-tanpa-kabel/