Bagaimana kondisi bunga edelweis di Indonesia saat ini?

Bunga Edelweis

Edelweis Jawa (Javanese edelweiss) atau yang bernama ilmiah Anaphalis javanica ini merupakan tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi Indonesia, seperti Gunung Rinjani, Gunung Papandayan, Gunung Gede, Gunung Pangrango, dan lainnya.

Mengutip makalah dalam jurnal Floribunda, semai edelweis memerlukan waktu kurang lebih 13 tahun untuk mencapai tinggi 20 sentimeter. Ia merupakan jenis tanaman langka pada kategori jarang (rare), yaitu jenis tanaman yang populasinya besar, tapi hanya terdapat secara lokal di daerah-daerah tertentu saja.

Di Indonesia, daerah penyebaran edelweis sebenarnya cukup luas, tapi kini sudah semakin jarang dijumpai karena mengalami erosi, tekanan, gangguan yang berat dan juga oknum-oknum pendaki yang tidak bertanggung jawab. Menurut hasil studi yang dilakukan oleh Luchman Hakim dalam makalahnya yang berjudul Kasodo, Tourism, and Local People Perspectives for Tengger Highland Conservation, edelweis jawa kini telah punah dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).