Bagaimana kondisi air yang tepat untuk ikan cupang ?

Dalam memlihara ikan perlu menyiapkan air yang bersih, itu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ikan. Air yang baik dan bersih bisa mendukung pertumbuhan ikan dengan cepat serta bisa membuat ikan dalam pertumbuhan sirip, ekor, dan tubuh dengan warna cerah dan bagus. Jika tidak bisa mempersiapkan air yang baik untuk ikan, ada kemungkinan ikan akan cepat terserang penyakit dan mati. Jadi kondisi air menjadi faktor penting dalam memelihara ikan.

Untuk urusan air akuarium tersebut, sangat disarankan untuk menggunakan air sumur. Pasalnya air sumur memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan habitat asli ikan cupang yaitu di sawah dan rawa-rawa.

Namun jika tidak ada air sumur, maka penggunaan air PAM atau sumber air lainnya juga tidak menjadi masalah. Akan tetapi disarankan untuk mendiamkan dulu air tersebut di ember atau sejenisnya sebelum memasukannya ke akuarium ikan cupang.

Selanjutnya gantilah air tersebut minimal 3 hari sekali. Anda juga dapat mengganti airnya setiap dua hari atau bahkan setiap hari. Konon ikan cupang akan jauh lebih baik pertumbuhannya jika kita rajin mengganti airnya setiap hari.

Sebelum mengganti airnya, silahkan pindahkan terlebih dahulu ikan cupang Anda ke wadah penyimpanan sementara. Pindahkan ikan cupang tersebut dengan menggunakan saringan khusus ikan. Jangan memindahkannya dengan tangan karena bisa merusak sirip dan ekornya yang indah.

Setelah dipindahkan, silahkan bersihkan akuarium tersebut dari kotoran ikan dan juga lendir-lendir yang menempel. Namun ingat, jangan mencucinya dengan sabun atau deterjen karena dapat meracuni ikan cupang. Cukup bersihkan dengan sponge hingga bersih.

Jika terdapat batu dan aksesoris lainnya, bersihkan juga semuanya. Setelah selesai silahkan isi kembali dengan air lalu tunggu beberapa saat agar airnya sesuai dengan suhu kamar. Setelah itu, silahkan masukan kembali ikan cupangnya.