Bagaimana Kita Menjaga Komunikai dengan Orang Tua supaya Tetap Harmonis?


Komunikasi merupakan hal yang sangat penting untuk merekatkan hubungan manusia dengan manusia yang lain , begitupula komunikasi yang harus dijaga antara anak dan orang tua

Berikut ini cara komunikasi agar orang tua bisa memahami dan mendengarkan perasaan kita :

  1. Pahami Perasaan Orang tuamu Pahami perasaan orang tuamu sekalipun kamu sebel diomelin terus sepanjang hari, tujuannya adalah untuk kebaikan dan masa depanmu sendiri. Orang tua sudah dewasa dan punya pemikiran tertentu, pahami pikiran mereka, maka kamu akan tahu maksud dan tujuan mereka.

  2. Cari waktu yang tepat dan lihat situasi serta kondisi mereka
    Sebelum kamu menyampaikan uneg-uneg kamu, lihat dulu situasi dan kondisi mereka. Apa mereka lagi senang ? Santai ? Atau lagi pusing karena beban pekerjaan dikantor atau di rumah tangga ? Jika mereka lagi lelah dan stress, lebih baik kamu menghindari sesaat. Tunggu jika ortu mulai merasa rileks, jangan menambah beban mereka.

  3. Lakukan kegiatan yang bisa dilakukan bersama
    Kamu bisa melakukan kegiatan bersama seperti makan bersama keluarga kemudian mulailah perbicangan ringan, sebelum menyampaikan maksud dan tujuanmu.

  4. Sampaikan dengan nada yang baik
    Niat baik kalau disampaikan secara memaksa atau mendesak, dengan nada keras tentunya berbeda jika disampaikan dengan nada lembut. Nah, cobalah sampaikan niat kamu dengan kata-kata dan nada yang halus. Jangan menyinggung perasaab mereka.

  5. Dengarkan mereka
    Apapun reaksi mereka, jangan terpancing emosi. Coba dengar pendapat mereka, hargai pendapat mereka juga. Jika ingin menyela, tunggu sampai mereka selesai berbicara.

  6. Yakinkan mereka bahwa kamu bisa dipercaya
    Setelah itu apa tindakanmu ? Kamu memilih aktivitas yang dapat membantu mengembangkan potensimu, jadi butktikan kepada orang tua bahwa pilihanmu tidak salah dan yakinkan kamu benar-benar bisa menjaga kepercayaay mereka. Jangan lupa belajar dan tetap menjaga diri dari pergaulan negatif.