Bagaimana Kisah Mistis pada Kesenian Debus?

Kesenian Debus merupakan tradisi yang berasal dari Banten. Kesenian ini dianggap sebagai kesenian yang mistis, mengapa? bagaimana kisah mistis yang ada pada Kesenian Debus ini?


Kesenian ini dianggap mistis karena para pelaku/pemain Debus ini bisa sedemikian kebal terhadap senjata tajam karena mendapatkan bantuan dari jin dan makhluk halus sebangsanya. Seperti yang kita ketahui bahwa adegan-adegan dalam kesenian Debus adalah asli dan tanpa rekayasa. Jika manusia biasa yang melakukannya, sudah pasti akan menyebabkan luka serius atau bahkan kematian. Pertunjukkan yang sering dipertontonkan pada kesenian Debus antara lain seperti menusukkan senjata tajam ke perut, memakan api, mengiris tubuh dengan golok, membakar tubuh, berguling di atas kaca, menyiram tubuh dengan air keras, menusukkan jarus besar ke arah lidah, pipi, dan lain-lain tanpa berdarah sedikitpun.

Debus ini dulu digunakan warga setempat untuk membakar semangat masyarakat Banten untuk bersama-sama melawan kolonial Belanda karena pada saat itu memang masih zaman penjajahan Belanda. Namun sekarang Debus lebih digunakan sebagai pertunjukkan tradisional yang dipertontonkan pada upacara adat atau acara-acara besar.

baca artikel