Bagaimana Kisah Mistis Gunung Tidar?

image

Gunung Tidar merupakan salah satu gunung legendaris di pulau Jawa, bahkan gunung yang terletak di daerah Magelang ini dikenal sebagai “pakunya pulau Jawa”. Gunung Tidar merupakan salah satu alasan kota Magelang bernuansa sangat sejuk karena rimbunnya habitat pepohonan cukup mampu menjadi penyerap polusi udara. Namun, seperti sejumlah gunung yang ada di Pulau Jawa, gunung yang bertinggi 503 meter di atas permukaan laut ini juga punya legenda mistis. Lalu seperti apakah kisahnya?

image

Gunung Tidar dianggap mistis karena gunung ini dipercaya sebagai salah satu kawasan kerajaan jin terbesar di pulau Jawa. Bahkan, menurut legenda dari masyarakat sekitar disinilah salah satu tempat favorit bagi mereka-mereka yang mendalami ilmu kejawen.

Legenda mistis yang paling sering dikisahkan mengenai gunung Tidar adalah makam tombak sakti milik Syekh Subakir kala menaklukkan Kiai Semar di jaman dahulu. Konon tombak itulah yang membantu Syekh Subarik mengalahkan ribuan pasukan jin Kiai Semar dengan satu kali hentakan. Menurut kisah dari masyarakat sekitar di sekitar makam di jaga oleh para makhluk halus yang memiliki energi gaib yang sangat luar biasa dan bertugas untuk menjaga gunung Tidar. Bahkan konon hampir setiap pengunjung akan merasakan energi gaib tersebut.

baca artikel