Bagaimana kisah Ayam Betina dan Burung Elang?

kisah ayam betina dan burung elang

Dahulu kala, ada seekor elang yang melamar ayam betina menjadi istrinya. Suatu ketika elang mau pergi ke suatu tempa. Ia selalu memberi sebuah cincin kepada ayam betina. Cincin itu dikalungkan ke leher ayam betina agar tidak hilang.

Berita tentang elang yang melamar ayam betina diketahui oleh ayam jantan. Ia pun tidak senang mendengar berita tersebut. Maka ketika elang pergi, ayam jantan merampas cincin dari ayam betina dan membuangnya sejauh mungkin.

Ayam betina yang merasa kebingungan saat elang kembali dan menanyakan cincinnya. Saat mengetahu cincinnya hilang, elang menjadi sangat marah.

Ayam betina yang ketakutan berjanji akan mencari cincin itu. Elang lalu mengancam ayam betina, selama cincin itu belum ditemukan, maka elang akan memangsa anak-anak ayam betina.

Sejak saat itulah, ayam betina selalu tampak mengais tanah untuk mencari cincin elang yang hilang. Dan selama itu pula, elang terus mengincar anak-anak ayam betina untuk dimangsa.

Pesan moral apa yang terdapat pada kisah tersebut?

SUMBER :

Dari kisah tersebut kita belajar untuk menjaga amanah berarti menjaga kepercayaan, baik kepercayaan yang diberikan oleh Allah maupun oleh orang lain. Menjaga kepercayaan dari orang lain berarti memastikan bahwa titipan atau rahasia yang diberikan oleh orang tersebut tetap berada dalam kondisi terbaik. Sementara menjaga amanah dari Allah berarti melaksanakan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya. Para ulama menjelaskan bahwa Allah memberikan 5 amanah utama kepada manusia, yaitu ilmu, pekerjaan, pasangan hidup, anak, dan harta.