Bagaimana Kehebatan Tubuh Komodo?

kehebatan tubuh komodo

Selain memiliki tubuh yang besar dan panjang, komodo juga memiliki anggota tubuh yang hebat. Apa sajakah kehebatan tubuh komodo?

  1. Mata
    Komodo memiliki lubang telinga, namun indra pendengarannya kurang bagus. Tetapi, hal itu bukan masalah besar, karena penglihatan komodo cukup bagus. Ia bisa membedakan warna dan melihat benda dari jarak 300 meter.

  2. Lidah
    Mata komodo memang bagus, tapi kemampuan melihatnya akan berkurang saat gelap. Untuk mengatasi hal itu, komodo akan menggunakan lidahnya yang bercabang sebagai penunjuk arah disaat gelap. O ya, lidah ini bisa membantu komodo mendeteksi keberadaan sebuah bangkai atau binatang yang sekarat dari jarak 10 kilometer. Keren, kan?

  3. Cakar dan Gigi
    Komodo memiliki cakar yang kuat. Cakar tersebut biasa digunakan untuk menggali lubang, memanjat pohon, hingga mencengkram mangsanya. Selain cakar, hewan ini juga punya 60 buah gigi yang bergerigi tajam. Gigi sepanjang 2,5 cm itu tertutupi gusi, jadi sekilas seperti tidak memiliki gigi.

  4. Ekor
    Komodo memiliki ekor yang panjang dan kuat. Ekor kuat ini biasanya dijadikan alat penunjang saat ia berdiri dengan kaki belakangnya. O ya, komodo akan berdiri dengan kaki belakangnya untuk mencapai mangsa yang berada di luar jangkauannya.

  5. Sisik
    Sisik yang ada di tubuh komodo terhubung dengan saraf, bahkan, sisik yang ada di bagian telinga, bibir, dagu, dan tapak kaki terhubung dengan tiga sensor rangsangan. Jadi, sisik mereka sangat sensitif. O ya, beberapa sisik yang ada di tubuh komodo ada yang diperkuat dengan tulang, lo.

sumber : http://bobo.grid.id/Sains/Flora-Dan-Fauna/Kehebatan-Tubuh-Komodo?page=2