Bagaimana karakteristik pakaian adat Nanggroe Aceh Darussalam?

Sumber: https://www.maudisini.com/pakaian-adat/

Pada pembahasan kali ini kalian akan mengetahui kekhasan pakaian adat dari masing-masing daerah di Indonesia dilengkapi dengan gambar, nama serta penjelasannya, sehingga kalian dapat mengetahui dengan jelas keanekaragaman pakaian adat daerah di Indonesia. Bagaimana karakteristik pakaian adat Nanggroe Aceh Darussalam?

Dahulu Masyarakat Aceh memiliki kemampuan menghasilkan tenun sutra. Selain itu, masyarakat aceh juga mahir menciptakan barang-barang sulaman baik yang melekat dalam busana maupun perangkat barang kebutuhan lainnya dalam rumah tangga. Kemahiran tersebut banyak dimiliki masyarakat yang tinggal di Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Aceh barat. Sampai sekarang masyarakat Aceh Besar dan Aceh barat mampu menghasilkan kerajinan dengan motif yang beragam.

Meulaboh (ibukota Kabupaten Aceh Barat) dan daerah-daerah sekitarnya seperti Bubon dan Lamnau merupakan pusat kerajinan sulaman terkemuka untuk baju adat perkawinan. Baju adat perkawinan tersebut terkenal dengan sebutan bajee cop meulaboh. Secara umum pakaian adat yang terkenal dari daerah aceh ini bernama Ulee Balang. Untuk pria, pakaian adat ini dinamakan dengan Linto Baro dan pakaian adat perempuan dinamakan dengan Daro Baro. Berikut ini kami sajikan pakaian adat perkawinan Aceh Barat dan Gayo, khususnya kelompok Gayo Laut.

Sumber: Various sources from Search Google Image Indonesia.

Sumber: