Bagaimana karakteristik neraca pembayaran di Indonesia sebelum krisis ekonomi?

Bagaimana karakteristik neraca pembayaran di Indonesia sebelum krisis ekonomi ?

Bagaimana karakteristik neraca pembayaran di Indonesia sebelum krisis ekonomi ?

1 Like

Neraca pembayaran sebelum krisis ekonomi :


  1. Neraca perdagangan pada umumnya selalu mengalami surplus. Namun, apabila ditinjau lebih lanjut dengan mengeluarkan transaksi ekspor dan impor minyak dan gas bumi (migas), maka karakteristik neraca perdagangan nonmigas pada umumnya mengalami defisit. Sementara itu, neraca perdagangan migas, selalu menunjukkan surplus.

  2. Neraca jasa Indonesia selalu menunjukkan pengeluaran yang Iebih besar dibandingkan dengan penerimaannya, sehingga karakteristik neraca jasa selalu menunjukkan defisit. Sebagaimana halnya dengan neraca perdagangan, neraca jasa mempunyai karakteristik yang sama yaitu pada umumnya menunjukkan defisit pada neraca jasa non migas dan selalu surplus pada neraca jasa migas. Selalu defisitnya neraca jasa terutama berkaitan erat dengan cukup besarnya pengeluaran untuk pembayaran bunga utang dan biaya transportasi impor barang.

  3. Transaksi berjalan secara umum selalu menunjukkan defisit. Ditinjau lebih lanjut, karakteristik transaksi berjalan sebagaimana neraca perdagangan dan neraca jasa pada umumnya menunjukkan defisit untuk transaksi berjalan nonmigas dan menunjukkan surplus untuk transaksi berjalan migas.

  4. Transaksi modal pada umumnya mengalami surplus. Hal ini menunjukkan masih terdapatnya kebutuhan dana dari luar negeri.

Referensi

http://www.dpr.go.id/doksetjen/dokumen/apbn_ANALISIS_STRUKTUR_DAN_PERKEMBANGAN_NERACA_PEMBAYARAN_INDONESIA_(NPI)20140821142110.pdf

1 Like