Bagaimana Karakteristik Kolibri Matari Burung Endemik Dari Nusa Tenggara

image

Apakah mudah mengenali burung kolibri matari?

Beberapa tahun kemarin para penghobi kolibri di Indonesia sedang ramai-ramainya dengan jenis kolibri yang tidak biasa kita kenal. Mungkin anda adalah salah satu dari yang sudah pernah memeliharanya.

Alasan kenapa tidak pernah memeliharanya karena burung ini termasuk jenis yang endemik. Jika kita terlalu berlebihan dalam mengeksploitasi yang ditakukan burung tersebut akan punah.

Nama latin dari kolibri tersebut adalah Cinnirys Solaris diaman masih satu keluarga dengan kolibri Sogok Ontong. Kita lebih mengenalnya dengan nama kolibri Matari atau disebut Flame Breasted Sunbird.

Burung ini berukuran kecil sebesar ibu jari orang dewasa (11 cm). Habitat hdupnya hanya bisa ditemukan di Nusa Tenggara Dan Pulau Flores.

Saya pribadi menyayangkan jika jenis ini di perjual belikan sampai keluar dari habitatnya. Karena kita tahu bahwa burung ini termasuk jenis burung yang di lindungi dan hanya ditemukan dinegara kita.

Tapi akhir-akhir disetiap komunitas kolibri sudah sangat jarang ditemukan para penjual maupun transaksi yang berkaitan dengan kolibri matari. Dari sini saya bisa bernafas lega karena kita tidak boleh merusak eksoistem dan tetap menjaga mereka agar tetap lestari.
Untuk burung jantan tenggorokan dan dahi berwarna kebiruan mengkilap. Dengan bulu dada berwarna jingga seperti api.

Sedangkan betina berwarna kuning pudar hampir sama warnanya dengan kolibri sogok ontong betina. perbedaan jantan betina terletak pada bulu mengkilap yang hanya dimiliki oleh burung jantan.

Menurut info yang ada di Nusa Tenggara burung ini masih mudah untuk ditemui. Bisa ditemukan di daerah hutan dan lingkungan sekitar pedesaan maupun perkotaan.

Dari segi suara bagi saya pribadi suaranya tidak sebgaus kolibri ninja. Namun bagus juga buat dijadikan masteran burung lain, bunyi burung ini “ti tu tit ti tu tit”.

Bagi kalian yang sudah memilikinya rawatlah dengan baik-baik jangan sampai mati. Dan bagi anda yang penasaran dengan burung ini silahkan cari tahu lebih banyak