Bagaimana jalur pendakian Gunung Pundak?

jalur pendakian Gunung Pundak
Gunung Pundak adalah gunung yang terletak di Claket, Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto.

  1. Untuk menuju Gunung Pundak rute yang kita lalui dari Mojosari - Trawas - Claket, dari pertigaan Trawas ambil kanan ke yang rute menutu Pacet, hingga ada gerbang hutan R.soerjo, dari jalan raya memasuki gerbang merupakan jalan cor dan lebar, ada pos yang menandakan memasuki wilayah Pacet, tapi pos ini masih belum difungsikan, dari gerbang Tahura sekitar 1 km lagi akan menemukan tanda sampai di Owa yang berada di kiri jalan, langsung saja masuk ke pos perijinan.

  2. Dari perijinan melakukan tiket pendaftaran dan mengisi biodata ke basecamp, setelah mendaftar di basecamp titipkan motor kalain ke atas karena lebih aman di warung Pak Gun.

  3. Inilah pintu masuk pendakian MT.PUNDAK

  4. sebenar jalan ke Pundak sangat mudah karena di sepanjang jalan setapak pendakian ada pipa sumber air dari atas sampai pos terakhir atau pos 3, (jalan setapak menuju pos 1) Cukup 15 menit kita sudah sampai di pos 1 ada pondok kecil untuk berteduh dan ada sumber mata air.

  5. Perjalanan di lanjut cukup ikuti pipa air sudah sampai di pos 2 cukup 30 menit kita sudah sampai di pos 2, di pos 2 tidak ada gubuk untuk istirahat Prrjalanan di lanjut karena jarak dari pos 2 sampai pos 3 cukup 15 , di pos terakhir ini kita bisa isi air untuk masak dan minum karena di pos 3 ini sumber mata air terakhir sebelum puncak.

  6. Di pos 3 ini ada pertigaan kalau ke kiri menujuk puncak Gunung Pundak, sedangkan kalau ke kanan jalur pendakian Gunung Welirang via Claket , konon kata penjaga base camp jalur pendakian Gunung Welirang via Claket harus mengunakan guide di karenakan jalur pendakian bila Claket jalur pendakian nya masi alami sering para pendaki bila beruntung akan berjumpa kijang jika tidak beruntung malah bertemu macan yang menghuni di Gunung Welirang.