© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana jalur pendakian gunung merbabu lewat suwanting ?

Untuk mendaki Gunung Merbabu ini dapat diakses melalui beberapa jalur diantaranya jalur yang populer seperi Jalur Selo dan Wekas. Namun kini ada telah dibuka jalur baru yang menjadi banyak perbincangan karena keindahannya, yakni Jalur Suwanting. Sekitar 1 tahun dibuka, jalur ini kini ramai menjadi pilihan para pendaki yang ingin mendaki gunung Merbabu.

1

Untuk menuju Suwanting, kita melewati jalan Magelang-Boyolali. Setelah itu di pertigaan menuju Ketep dan Boyolali, kita ambil kiri menuju Ketep. Kalau ambil kanan kita akan menuju Selo. Dari Ketep menuju Suwanting tidak terlalu jauh.

Jalur Suwanting ini bisa dibilang jalur paling dekat, tapi juga jalur paling ekstrim karena dari awal sampai puncak medan menanjak terus. Hanya sedikit sekali jalur landai.

Basecamp - Pos 1

Sampai di basecamp kita mengisi daftar barang bawaan dan registrasi. Setelah itu kita akan di brifing atau diberi pengarahan oleh petugas sebelum kita berangkat naik.

Beberapa poin penting yang saya dapatkan bahwa terdapat beberapa kawasan dimana saat kita memasuki kawasan itu kita harus mengucap salam. Kawasan itu diantaranya adalah saat memasuki hutan pinus dan yang kedua saat kita memasuki Pos Lembah Manding. Di Pos Lembah Manding juga kita tidak boleh mengeluh, jika capek kita disarankan segera istirahat.

Dari Basecamp menuju Pos 1 sendiri hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Treak awal cukup landai sampai kita memasuki kawasan hutan pinus dan akhirnya sampai di Pos 1.

Pos 1 - Pos 2

Dari Pos 1 menuju Pos 2 kita akan melewati beberapa pos kecil dengan jarak tempuh tiap pos tidak terlalu jauh.

Untuk menuju Pos 2 sendiri kita membutuhkan waktu sekitar 1,5 - 2 jam perjalanan.

Di lembah Gosong sendiri medan masih berupa hutan pohon pinus dengan trek yang sedikit mulai menanjak. Keluar dari hutan pinus, kita menuju Lembah Cemoro. Sebelum Lembah Cemoro ini kita akan menemukan Pos Air di kanan jalan ada 2 tong warna biru.
Jalur yang kita lalui akan terus menanjak. Selepas Lembah Ngrijan trek yang kita lalui terus menanjak lagi dan juga cukup licin. Dari lembah Ngrijan kita menuju Lembah Singo dengan medan masih menanjak dan disamping kanan kiri kita jurang dengan semak-semak.

Setelah Lembah Singo kita tidak begitu lama kita akan sampai di Pos 2. Saya tidak sempat mengambil gambar di pos 2 karena waktu itu banyak pendaki.

Tidak jauh dari Pos 2 sedikit naik lagi kita akan menemui Pos air lagi. Masih dengan 2 tong berwarna biru. Tapi kemarin waktu saya kesana Pos air ini mati dan belum diperbaiki.

Pos 2 - Pos 3

Dari Pos 2 menuju Pos 3 membutuhkan waktu yang cukup lama serta tenaga lebih mengingat dari sini adalah trek paling terjal dan menanjak. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 2,5 - 3 jam.

Selepas Pos 2 kita akan sampai di Lembah Manding. Ingat disini kita harus mengucap salam dan tidak boleh mengeluh.

Dari Lembah Manding inilah jalur yang berat akan kita lalui dan itulah yang biasanya membuat manusia sering mengeluh. Dari sini kita bisa menikmati pemandangan sore hari ketika Sindoro-Sumbing terlihat jelas.

Berjalan cukup lama dan menguras tenaga karena medan yang menanjak dan licin, kita akan sampai di Pos Air lagi. Tapi sayangnya pos air disini kemarin juga masih mati dan belum diperbaiki.

Seleas Pos Air ini kita akan mulai memasuki sabana yang menanjak. Dan tak begitu lama kita akan sampai di Pos 3.

Di Pos 3 inilah kebanyakan pendaki mendirikan tenda untuk bermalam sebelum summit.

Pos 3 - Puncak

Dari Pos 3 menuju Puncak membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan medan berupa hamparan sabana. Kita juga akan melewati bukit-bukit sabana dengan trek cukup menanjak.
Dibawah inilah gambaran menuju puncak dengan pemandangan yang indah dan keren.