Bagaimana jalur pendakian Gunung Kelud?

rute gunung kelud
Gunung Kelud (1731 Mdpl) merupakan sebuah gunung berapi yang terletak di Kabupaten Kediri dan Blitar.

Pintu Gerbang – Pos 1
Kami tiba dipintu gerbang, pak ojek juga sudah meninggalkan kami. sebelum mengawali pendakian tak lupa kami awali dengan doa bersama agar selamat dalam pendakian kali ini. oke lets rock….
Dari pintu gerbang menuju pos 1 normalnya memerlukan waktu sekitar 1 jam. Pertama kita berjalan agak turun kemudian cukup landai melintasi hutan pinus.
Setelah melewati hutan pinus kita akan memasuki hutan biasa dengan semak-semak dan rumput yang masih agak menutupi jalan. Kita berjalan melintasi lerengan atau punggungan bukit yang masih terdapat banyak pohon bambu.

Pos 1 – Pos 2
Setelah pos 1, treknya masih tetap cenderung biasa-biasa saja dan diselingi dengan bonus jalanan datar. Tetapi disini kami menemui beberapa tanjakan yang cukup menguras tenaga. Vegetasi hutan pun semakin lebat dan cenderung lembab.

Pos 2 – Pos 3
Dari Pos 2 juga tidak memerlukan waktu begitu lama untuk menuju Pos 3. Juga hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menitan saja dengan jalur masih hutan yang rindang dan tidak begitu menanjak. Kami sesekali beristirahat untuk sekedar ambil nafas atau minum serta tak lupa kami ngobrol untuk memecah keheningan serta diiringi alunan ayat ayat suci Al-Qur’an yang tersiar dari speaker Handphone bang ronue.

Setelah itu kita akan naik sedikit dan menemukan banyak ilalang atau rumput-rumput yang cukup tinggi. nah dari situ kita sudah mulai keluar dari hutan dan sampai di tempat yang terbuka. Nah sampailah kita di Pos 3.

Pos 3 ini terletak di punggungan bukit dengan medan terbuka, jika siang & Cuaca cerah kita bisa melihat pemandangan Gunung Butak di sisi Timur, Gunung Arjuno- Welirang disisi Utara dan Puncak Gunung Kelud sendiri di sisi barat.

Pos 3 – Puncak atau Kawah
Dari Pos 3 menuju puncak normalnya membutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 jam.
Dari sini kita berjalan melintasi rerumputan yang cukup tinggi dengan medan yang landai dan menurun sampai akhirnya benar-benar turun melitasi sebuah punggungan. Perjalanan awal dari pos 3 kalian akan disambut dengan turunan yang cukup curam. Setelah melewati turunan kami akan menyusuri (naik-turun) punggungan bukit. Jalur menyusuti punggungan bukit ini seringkali disebut dengan jalur naga. Tak lama setelah itu kami sampai di tempat dimana kita bisa melihat kawah secara jelas. Disini kita bisa mengambil gambar dengan panorama yang sangat menawan.