Bagaimana Jadinya Bila Beruang Grizzly Kawin dengan Beruang Kutub?


Peneliti menduga dua spesies ini diduga sudah melakukan perkawinan silang sejak lima juta tahun yang lalu.
Beruang Grizzly berwarna cokelat dan tinggal di hutan. Beruang kutub berwarna putih dan tinggal di dataran es. Bagaimana jadinya bila beruang grizzly kawin dengan beruang kutub?


Anak dari hasil kawin silang antara beruang grizzly dan beruang kutub (polar bear) disebut Grolar Bears atau Pizzlies. Fenomena kawin silang ini bisa terjadi di kebun binatang maupun alam liar. Para ilmuwan mengetahui adanya fenomena perkawinan silang yang unik ini pada tahun 2006.

Meski DNA beruang grolar baru ditemukan tahun 2006, cerita-cerita tentang beruang grizzly yang berwarna aneh sebenarnya sudah ada sejak dulu. Para ilmuwan bahkan sekarang telah mengetahui beberapa fakta unik tentang perkawinan silang dua jenis beruang ini.

Jika ada beruang grizzly dan beruang kutub yang jatuh cinta, mereka akan menhabiskan waktu berhari-hari bersama. Mereka akan berdekat-dekatan dan saling berpelukan.

Beberapa pihak menduga fenomena beruang grolar ini muncul karena pemanasan global. Namun pandangan tersebut diragukan kebenarannya karena dua spesies ini diduga sudah melakukan perkawinan silang sejak lima juta tahun yang lalu.

Beruang grolar memang spesies yang cukup langka. Namun para peneliti menduga sejak jutaan lalu ketika spesies beruang grizzly dan beruang kutub berpisah, fenomena perkawinan silang ini sudah terjadi.