Bagaimana Interaksi Valsartan dengan Obat Lain?

Valsartan bekerja dengan menghambat efek angiotensin II yang menyebabkan pembuluh darah menyempit. Dengan begitu, pembuluh darah dapat melebar dan menjadi rileks, sehingga tekanan darah turun dan jantung akan lebih mudah memompa darah ke seluruh tubuh. Bagaimana Interaksi Valsartan dengan Obat Lain?
image

Interaksi Valsartan dengan Obat Lain
Berikut ini adalah sejumlah interaksi yang dapat terjadi jika mengonsumsi valsartan bersama dengan obat-obatan lainnya:

Meningkatkan risiko hiperkalemia jika dikonsumsi dengan obat diuretik hemat kalium.
Meningkatkan kerusakan ginjal jika dikonsumsi dengan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).
Penggunaan valsartan yang dikombinasikan dengan aliskiren pada pasien diabetes dan penyakit ginjal, berisiko menyebabkan hiperkalemia, hipotensi, dan memperburuk fungsi ginjal.

Sumber : www.alodokter.com

Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi valsartan. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa seizin dokter.

Dosis akan diberikan oleh dokter berdasarkan kondisi dan respons pasien. Pada pasien anak-anak, pemberian valsartan juga didasarkan pada berat badan.

Konsumsi valsartan secara teratur di waktu yang sama setiap harinya. Bagi Anda yang lupa mengonsumsi valsartan, disarankan untuk segera melakukannya begitu teringat, apabila jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya tidak terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Konsultasikan kepada dokter jika tekanan darah masih tinggi setelah mengonsumsi valsartan.

Sumber : www.alodokter.com