Bagaimana hubungan kurap pada hewan dengan manusia?

Kurap adalah penyakit yang tidak hanya terjadi pada manusia, tetapi juga pada hewan. Tetapi, adakah hubungan kurap pada hewan dengan manusia?

Kurap Ring dapat menyerang siapa saja. Dalam seumur hidup, orang memiliki risiko 20-30% mengembangkan infeksi.

Kurap sangat menular dan dapat dikontrak dari orang lain atau hewan yang terinfeksi. Kontak langsung tidak diperlukan karena jamur dapat tetap hidup selama berbulan-bulan di tempat tidur, peralatan perawatan dan perumahan hewan. Adalah hal umum untuk menemukan lesi di daerah yang hangat dan lembab di tubuh (misalnya kaki, ketiak, selangkangan); meskipun lesi memiliki potensi untuk terbentuk di mana saja di tubuh

Lesi membutuhkan waktu sekitar satu sampai tiga minggu untuk berkembang setelah kontak dengan agen jamur. Lesi pada manusia biasanya berwarna merah dan kering dan bersisik atau lembap dan berkerak.

Orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh berisiko lebih besar mengembangkan infeksi (misalnya HIV / AIDS, diabetes atau leukemia). Orang muda biasanya memiliki risiko yang lebih besar karena kerentanan mereka yang lebih besar dan peningkatan kesempatan untuk menghubungi anak-anak lain yang terkena dampak. Mereka yang menangani anak anjing atau anak kucing berada pada peningkatan risiko infeksi. Iklim yang lebih hangat dan lebih lembab mendorong pertumbuhan jamur.

Perawatan pada manusia
Krim antijamur topikal adalah pilihan pengobatan yang sangat efektif. Infeksi berat mungkin memerlukan perawatan antijamur oral tambahan (misalnya griseofulvan atau itraconazole).

Pencegahan pada manusia
Hindari kontak dekat dengan binatang
Berhati-hatilah saat menangani hewan dengan kondisi kulit
Jangan berbagi pakaian, handuk, atau penutup kepala dengan orang lain
Jadilah jeli dan segera berobat dengan cepat meskipun lesi kecil muncul

Ref: https://www.daf.qld.gov.au/business-priorities/animal-industries/animal-health-and-diseases/list/ringworm