Bagaimana hubungan antara warna ruangan dengan psikologi manusia ?


(Nay Aviila) #1

psikologi warna

Sebuah penelitian membuktikan bahwa psikologi warna dapat membantu memengaruhi suasana hati (mood) manusia. Meskipun demikian, efek warna yang sama dapat menjadi berbeda-beda pada tiap orang. Perbedaan ini juga tergantung kepada usia, jenis kelamin, dan budaya masing-masing.

Bagaimana hubungan antara warna ruangan dengan psikologi manusia ?


(Nathania Hutajulu) #2

Psikologi warna dapat membantu meningkatkan kesejahteraan penghuni rumah. Caranya adalah dengan menerapkan warna yang tepat pada elemen-elemen yang ada di rumah, seperti warna dinding, dekorasi, maupun perabotan.

Berikut adalah hubungan antara warna ruangan dengan psikologi manusia.

Warna hangat untuk ruang keluarga

Berikan sentuhan warna hangat, seperti merah, kuning, oranye, cokelat atau krem pada ruang tamu atau ruang keluarga Anda. Warna-warna ini cenderung mendorong seseorang untuk saling bercakap-cakap sambil duduk bersama. Karenanya, tiap orang akan merasakan kehangatan dan kedekatan terhadap satu sama lain.


Merah atau kuning untuk dapur atau ruang makan

Warna merah cocok digunakan untuk area dapur sebab selain menstimulasi penghuninya untuk saling bercakap-cakap, warna ini juga cenderung membuat seseorang makan lebih banyak lagi. Ruang makan yang berwarna merah juga akan membuat tamu menganggap bahwa Anda pandai memasak. Namun, jika Anda sedang melakukan program diet, hindari warna merah pada dapur atau ruang makan.


Warna dingin untuk kamar tidur

Warna-warna yang dianggap dingin adalah biru, hijau, dan ungu lavender. Warna-warna ini memiliki efek menenangkan, sesuai dengan fungsi kamar tidur yang untuk bersantai dan membangun kedekatan dengan pasangan. Hal ini bisa terjadi karena warna dingin bersifat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.


Putih untuk kamar mandi

Putih sangat pas untuk mewarnai interior kamar mandi karena mencerminkan kebersihan. Warna ini juga mendukung kenyamanan sebagai tempat untuk melakukan hal-hal pribadi. Selain putih, Anda juga bisa memilih warna hijau, biru, atau biru pupus untuk kamar mandi. Ketiga warna ini berefek sama dengan warna putih.


Pilihan warna untuk ruang kerja

Di ruang kerja, Anda dapat menerapkan warna merah atau oranye dalam memberikan efek pendorong untuk lebih semangat bergerak. Namun, warna ini kadang-kadang juga memberikan efek panas sehingga sebagian orang lebih pas menggunakan warna hijau atau biru. Terlebih lagi menurut ilmu psikologi, perpaduan hijau-kuning atau hijau-biru dapat memberikan perasaan bahagia. Selain itu, warna hijau dapat meningkatkan konsentrasi dan kinerja Anda.