Bagaimana hubungan antara faktor psikologis dengan malnutrisi seseorang?

Bagaimana hubungan antara faktor psikologis dengan malnutrisi seseorang?

beragamnya faktor psikis sedikit banyak pasti memengaruhi pemenuhan nutrisi seseorang. Menurut Anda, bagaimana hubungan antara faktor psikologis dengan malnutrisi seseorang?

1 Like

Hubungan faktor psikologis dengan malnutrisi


Faktor psikologis memiliki peran yang cukup besar bagi pemenuhan nutrisi seseorang. Menurut Setiati, nutrisi merupakan penentu yang sangat penting

terhadap kesehatan, fungsi fisik dan kognitif, vitalitas, kualitas hidup dan panjang usia. Status nutrisi memiliki dampak utama timbulnya penyakit pada usia lanjut.

Kecenderungan pola diet tinggi lemak yang ikut menambah risiko penyakit kronik. Pada saat yang sama, perubahan sosial dan demografi menempatkan usia lanjut pada risiko ketidakamanan makanan dan malnutrisi.

Adanya faktor psikologis seperti depresi, kecemasan, demensia memiliki dampak dalam menentukan asupan makanan dan zat gizi usia lanjut. Malnutrisi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti depresi, gangguan status fungsional, gangguan fungsi kognitif, dan penyakit kronik.

Referensi

Boulus C, Salameh P, Gateau PB. The AMEL study, a cross sectional population-basedsurvey aging and malnutrition in 1200 Libanase living in

rural setting: protocol and sample charetiristic. BMC Public Health. 2013;13:573.

Munawirah et al… 2017. Hubungan Beberapa Faktor Risiko dengan Malnutrisi pada Usia Lanjut di Nagari Sijunjung Kecamatan Sijunjung. Jurnal FK UNAND. Vol.6 (2) : 324-330.

Setiati S, Martini RD. Malnutrisi di rumah sakit. Dalam: Sudoyo AW, Setiyohadi B, Alwi L, Simadibarata MK, Setiati S, editor (penyunting). Ilmu penyakit dalam. Edisi ke-5. Jakarta: Pusat Penerbitan Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI; 2009. hlm. 358.