Bagaimana hijab di berbagai belahan dunia?

image

Bagaimana tampilan hijab di berbagai negara dunia? Apakah terdapat perbedaan yang cukup signifikan atau sebenarnya sama saja?

1 Like
  1. Abaya
    image
    Abaya Umum dipakai wanita di seluruh Semenanjung Arab dan juga sebagian Afrika Utara. Biasanya abaya berwarna hitam, berbentuk jubah yang longgar atau kaftan dan juga menutup seluruh tubuh kecuali wajah, tangan, serta kaki.

  2. Burqa
    image
    Burqa Umumnya digunakan oleh kaum wanita di Afghanistan terutama pada saat Taliban berkuasa. Burqa adalah pakaian yang menutup seluruh badan termasuk juga wajah dan hanya bisa menyisakan lubang kecil di bagian mata.

  3. Chador
    image
    Selama berabad-abad, perempuan di Iran selalu mengenakan penutup kepala setengah lingkaran yang menutupi kepala seperti sedang mengenakan selendang.

  4. Hijab
    image
    Hijab Istilah yang kebanyakan digunakan oleh media Barat untuk menyebut kain penutup kepala wanita muslimah. Banyak varian dan mengikuti perkembangan zaman. Digunakan tidak hanya Barat tetapi Asia.

  5. Niqab Cadar
    image
    Niqab Cadar yang menutupi wajah wanita kecuali mata. Di Arab Saudi, niqab dipakai bersama abaya. Di banyak negara, termasuk juga di Asia Selatan dan Afrika Utara, Muslimah memakai kain persegi menutupi sebagian wajah kecuali mata dan diikat dengan tali di belakang kepala.

Sumber: