Bagaimana gerakan yang ada dalam Tari Golek Kenyo Tinembe?

Dewasa kini, kita tahu bahwasanya sudah banyak tari yang tersebar di Indonesia. Salah satunya adalah Tari Golek Kenyo Tinembe yang berasal dari Yogyakarta. Lalu, gerakan apa saja yang ada pada Tari Golek Kenyo Tinembe tersebut?

Gerak Tari Golek Kenyo Tinembe varian kareografinya sangat sederhana dimana pola lantainya dibuat simetris. Gerak tarian ini disusun dengan irama, sehingga tercipta ekspresi yang jelas apa yang mau disampaikan isi dalamnya. Semua gerak tari gaya Yogyakarta berpedoman pada Joged Mataram, dimana harus selalu sawiji (konsentrasi), greged (penuh semangat), sengguh (percaya diri) dan ora mengkuh (pantang menyerah).

Terbagi menjadi 3 gerakan, dimana awalnya disebut dengan maju beksan yang diawali dengan gerakan menyembah, kemudian inti beksan yang berisi gambaran cara-cara seorang gadis sedang berhias agar terlihat cantik dan menarik seperti gerakan memakai bedak (tarikan), bercermin (ngilo), memakai hiasan sanggul (atrap cundhuk), memakai jamang (atrap jamang), memakai sabuk ( atrap slepe) dan pada bagian akhir atau mundur beksan, seperti gerakan berjalan (kapang-kapang), mohon pamit dan diakhiri gerakan duduk sembahan (sila panggung).