Bagaimana Gejala Xerophthalmia?

image

Xeropthalmia adalah penyakit mata progresif yang ditandai dengan mata yang kering. Penyakit ini dapat mengakibatkan kerusakan serius pada kornea mata dalam bentuk bercak putih dan tukak kornea. Jika tidak diobati, kondisi ini bisa mengarah pada kebutaan.Bagaimana Gejala Xerophthalmia?

Xerophthalmia adalah penyakit mata progresif yang disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Kata xerophthalmia berasal dari bahasa Yunani, xeros, yang artinya kering dan ophthalmos yang artinya mata. Jadi xerophthalmia dapat diartikan sebagai kondisi mata yang kering akibat kekeringan pada saluran air mata.

Penyakit mata ini dapat menyebabkan rabun senja atau keadaan yang lebih serius pada lapisan luar mata yaitu kornea. Kelainan ini biasanya menyebabkan bintik putih pada mata dan ulkus pada kornea mata.

Gejala awal dari xerophthalmia biasanya ringan dan menjadi semakin buruk jika penyebabnya tidak diobati. Gejala berupa mata kering sehingga konjungtiva (lapisan tipis luar mata) menjadi kering, menebal dan mengerut.

Hal tersebut yang menyebabkan beberapa gejala lain. Pada awalnya penderita akan rabun senja. Selanjutnya akan terdapat bintik putih pada kornea yang disebut sebagai spot Bitot. Ulkus kornea juga dapat terjadi. Pada tahap akhir, beberapa bagian atau seluruh kornea dapat mencair sehingga menjadi kebutaan permanen.

Sumber : www.klikdokter.com

https://www.klikdokter.com/penyakit/xerophthalmia