Bagaimana Gejala Tongue-tie?

Tongue-tie (ankyloglossia) adalah kelainan kongenital di mana lidah tidak leluasa bergerak karena frenulum lidah yang terlalu pendek.Bagaimana Gejala Tongue-tie?

image

Gejala Tongue-tie
Bayi dengan tongue-tie umumnya kesulitan menggerakkan lidah ke atas atau dari sisi ke sisi, dan tidak bisa menjulurkan lidah melewati gigi depan. Tanda lain bahwa bayi menderita tongue-tie adalah adanya lekukan pada ujung lidah, sehingga membuat lidah terlihat seperti berbentuk hati.

Bayi dengan kondisi tongue-tie sulit melakukan gerakan mengisap, sehingga berulang kali memasukkan dan mengeluarkan puting payudara. Proses menyusui menjadi lebih lama dan bayi tidak mendapat asupan ASI yang cukup. Akibatnya, bayi akan selalu merasa lapar dan berat badannya sulit naik.

Pada ibu yang bayi atau anaknya mengalami kondisi tongue-tie, umumnya gejala yang dirasakan adalah sakit pada puting payudara saat menyusui dan peradangan pada payudara. Konsultasikan dengan dokter jika gejala tersebut muncul, karena tongue-tie bukan satu-satunya penyebab masalah menyusui.

Sumber : Tongue-tie