Bagaimana gejala Rakitis?

Rakitis menyebabkan pertumbuhan tulang menjadi terhambat sehingga memicu kelainan bentuk tulang, terutama pada anak-anak. Bagaimana gejala Rakitis?

image

Rakitis adalah kelainan pertumbuhan tulang pada anak yang umumnya disebabkan oleh kekurangan vitamin D dan kalsium. Vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfat dari makanan yang dilakukan oleh usus. Kekurangan vitamin D akan menyebabkan tubuh kesulitan dalam menjaga kadar kalsium dan fosfat. Kondisi ini memaksa tubuh untuk melepaskan kedua zat tersebut dari tulang, sehingga tulang mengalami pelunakan (osteomalacia) dan kerapuhan.

Rakitis menyebabkan pertumbuhan tulang menjadi terhambat sehingga memicu kelainan bentuk tulang, terutama pada anak-anak. Gejala rakitis pada anak-anak yang umumnya terjadi adalah:

  • Nyeri pada tulang. Tulang yang mengalami rakitis dapat terasa sakit, sehingga anak-anak penderita rakitis lebih segan untuk berjalan atau mudah lelah. Selain itu, pada saat berjalan, gerakan penderita rakitis akan sedikit berbeda.

  • Tulang rapuh. Rakitis akan menyebabkan kerapuhan pada tulang sehingga lebih mudah mengalami patah tulang (fraktur).

  • Permasalahan pada gigi. Rakitis dapat menyebabkan kerapuhan enamel gigi, melambatnya pertumbuhan gigi dan lebih mudah muncul lubang pada gigi.

  • Perubahan bentuk tulang. Rakitis dapat menyebabkan perubahan bentuk pada tulang seperti menebalnya pergelangan kaki, lutut dan pinggang, pembengkokan tungkai, melunaknya tulang tengkorak, serta tulang belakang membungkuk.

  • Keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan. Akibat kurang berkembangnya tulang pada anak-anak, tinggi anak-anak penderita rakitis akan menjadi lebih rendah dibanding anak-anak yang normal.

Sumber : www.alodokter.com