Bagaimana gejala penyakit Polip Pulpa?

Polip pulpa disebabkan oleh iritasi dan infeksi bakteri pada pulpa gigi yang terbuka akibat kerusakan pada mahkota gigi. Bagaimana gejala penyakit Polip Pulpa?
image

Polip pulpa, atau pulpitis kronis hiperplastika, adalah suatu kondisi di mana terdapat peradangan yang berlangsung selama bertahun-tahun pada bagian pulpa. Pulpa itu sendiri merupakan bagian tengah gigi yang berisi jaringan dan sel-sel pembentuk gigi.

Pederita Polip pulpa biasanya akan merasa nyeri dan tidak nyaman ketika mengunyah atau ada makanan yang menyentuh bagian di mana terdapat polip. Pada Polip pulpa, gigi tidak mengalami goyang dan tidak terasa sakit saat mengalami kontak.

Polip pulpa paling banyak terjadi pada gigi geraham bawah, usia dewasa muda. Selain itu Polip pulpa juga banyak terjadi pada gigi geraham susu. Anak-anak umumnya memiliki ambang rasa nyeri rendah, sehingga tidak mudah merasakan sakit gigi.

Gejala lain yang dapat dikenali pada penderita Polip pulpa adalah:

  • Terdapat benjolan lunak yang dapat dilihat dari lubang gigi. Benjolan biasanya berwarna merah muda atau kemerahan.
  • Mudah terjadi perdarahan pada polip saat bagian tersebut tersentuh tangan atau terkena benda asing, misalnya sikat gigi. Hal ini dapat menimbulkan luka terbuka.
  • Area di sekitar tempat polip berada biasanya akan terasa keras, bengkak, dan nyeri. Biasanya pipi dan mulut di dekat tempat polip berada dapat mengalami kondisi ini.

Sumber : www.klikdokter.com

https://www.klikdokter.com/penyakit/polip-pulpa