Bagaimana gejala penyakit Pityriasis Rosea?

Pityriasis rosea merupakan penyakit tidak menular yang menyerang kulit. Bagaimana gejala penyakit Pityriasis Rosea?
image

Pityriasis rosea adalah penyakit kulit yang ditandai dengan ruam berwarna merah atau merah muda, bersisik, dan sedikit menonjol. Kondisi ini umumnya tidak serius, namun dapat menimbulkan rasa gatal. Ruam dari pityriasis rosea dapat muncul dan menyebar di bagian dada, punggung, perut, leher, lengan atas, dan paha. Dalam kasus yang jarang, ruam tersebut dapat muncul di wajah.

Penderita pityriasis rosea dapat melalui beberapa tahapan sebelum akhirnya muncul ruam di kulit. Tahapan-tahapan ini umumnya diawali dengan gejala demam, penurunan nafsu makan, nyeri tenggorokan, nyeri sendi, serta sakit kepala selama beberapa hari sebelum timbulnya ruam.

Ruam awal yang muncul dikenal dengan nama Herald patch, yaitu ruam yang berbentuk oval, berwarna merah atau merah muda, dan berukuran 2-10 cm. Ruam tersebut bersisik dan sedikit menonjol, serta dapat muncul di area dada, perut, punggung, atau leher. Herald patch muncul 2 hari sebelum akhirnya ruam menyebar sampai 2 hingga 6 minggu ke depan. Area yang terdampak adalah perut, dada, punggung, paha, dan lengan atas. Ruam yang menyebar tersebut mirip dengan Herald patch, namun dengan ukuran yang lebih kecil, yaitu sekitar 0,5-1,5 cm. Ruam dapat menimbulkan rasa gatal dan jarang muncul pada daerah wajah. Ruam pityriasis rosea dapat bertahan dari 12 minggu hingga 5 bulan. Setelah ruam hilang, kulit yang terkena dapat menjadi lebih gelap dibandingkan area sekitarnya, tetapi akan kembali normal setelah beberapa bulan tanpa menimbulkan bekas.

Sumber : www.alodokter.com