Bagaimana gejala klinis penyakit Newcastle Disease (ND) pada unggas?

Kerugian yang ditimbulkan ND berupa kematian yang tinggi, penurunan produksi
telur dan daya tetas, serta hambatan terhadap pertumbuhan. Sehingga perlu diketahui gejala klinis penyakit tersebut.

1 Like

image

Tergantung pada virulensi virus yang menulari, gejala klinis yang ditimbulkan juga bermacam-macam, mulai dari asymptomatis, gejala pernafasan ringan, pernafasan disertai dengan gangguan syaraf, atau kombinasi gangguan respirasi, syaraf dan digesti.

Berdasarkan strain penyebab, ND dapat dibedakan dalam beberapa bentuk penyakit, yakni :

  1. Bentuk Penyakit dari Doyle
    Bentuk penyakit ini pertama kali dilaporkan oleh Doyle tahun 1927, sebagai penyakit yang bersifat akut dan fatal pada semua umur ayam. Bentuk penyakit ini merupakan manifestasi dari strain velogenik viscerotropik ND (VVND). Penyakit ditandai dengan hilangnya nafsu makan, diare yang kadang disertai darah, lesu, sesak nafas, megap-megap, ngorok, bersin, batuk, paralysis partialis atau komplit dan sekali-sekali tortikolis. Produksi telur turun atau terhenti sama sekali. Warna balung dan pial cyanosis. Angka kematian 80 - 100%. Bentuk ini disebabkan oleh strain velogenik type Asia.

  2. Bentuk Penyakit dari Beach
    Bentuk penyakit ini dilaporkan oleh Beach pada tahun 1942 dan 1946, sebagai penyakit akut yang besifat fatal pada ayam semua umur. Gejala respirasi dan syaraf lebih menonjol daripada bentuk velogenik viscerotropik. Gejala pernafasan seperti pada bentuk yang pertama, sedang gejala syaraf seperti kelumpuhan dan torticolis lebih banyak terjadi. Produksi telur turun, sedangkan mortalitas 60 - 80%, Cyanosis pada pial dan balung juga terlihat dengan jelas. Bentuk penyaklit ini merupakan manifestasi dari strain velogenik-neurotropik (VNND), yang disebabkan oleh strain velogenik type Amerika.

  3. Bentuk Penyakit dari Beaudette
    Bentuk penyaklit ini pertama kali ditemukan oleh Beaudette dan Beach pada tahun 1946 sebagai penyaklit pernafasan akut dan kadang menyerang system syaraf pada ayam umur muda. Gejala seperti batuk, sesak nafas, megap-megap dan penurunan produksi telur adalah gejala yang menonjol pada ayam dewasa. Angka kematian mencapai 10% pada anak ayam, sedangkan yang sembuh pertumbuhannya terganggu. Kematian pada ayam dewasa jarang terjadi. Pada ketiga bentuk di atas, telur ayam yang dihasilkan akan mengalami kelainan bentuk dan daya tetasnya sanyat rendah. Bentuk penyakit ini disebabkan oleh strainmesogenik.

  4. Bentuk Penyakit dari Hitchner
    Bentuk ini dilaporkan oleh Hitchner dan Johson tahun 1948 dan 1950, yang merupakan manifestasi dari strain lentogenik. Kelihatan gejala respirasi yang ringan dan penurunan produksi telur. Gejala syaraf biasanya tidak ada. Tidak menimbulkan kematian pada ayam dewasa.

1 Like