Bagaimana Gejala Bipolar Syndrome Saat Mengalami Fase Turun?

bipolar

Bipolar terjadi pada seseorang karena kejiwaan yang terganggu. Seseorang bisa dikatakan terkena gangguan bipolar jika dia mengalami fase yang eksrtim / perasaan yang fluktuatif dalam keadaan yang lama, yaitu berhari-hari sampai berminggu-minggu, paling sedikit satu atau dua minggu.

Gejala saat fase turun (periode depresi)

Perubahan suasana hati

Terjadi penurunan suasana hati secara signifikan. Suasana hati menjadi khawatir, sangat sedih, cemas, sulit tidur, merasa bersalah, pesimis dan kosong serta kehilangan minat pada aktivitas yang terbiasa dilakukan. Gejala lain seperti sering menangis atau ingin menangis tanpa alasan yang jelas, tidak mampu merasakan kegembiraan, merasa tidak berguna dan mudah putus asa, merasa dirinya bersalah dan berdosa, kurang percaya diri dan rendah. Hingga beranggapan masa depannya akan suram dan selalu merasa pesimis.

Perubahan-perubahan kelakuan

Saat periode depresi seseorang akan merasa lelah, perasaannya menjadi gelisah, merubah kebiasaan yang dilakukan, seperti makan, tidur bahkan sampai berpikir untuk bunuh diri. Fase ini juga membuat penderita menjadi sulit berkonsentrasi. Penderita juga mengalami penurunan daya ingat sehingga menurunkan prestasi atau produktifitasnya.

Penderita ini juga sering menarik diri dari kehidupan sosialnya sehingga dapat menjadikan hubungan dengan orang-orang terdekat menjadi rusak. Gejala lain seperti penderita kehilangan gairah seksual, penurunan berat badan atau penambahan berat badan, hilang nafsu makan atau justru nafsu makan meningkat serta menghindari berkomunikasi dengan orang lain dan lebih suka menyendiri.