Bagaimana Fungsi Perencanaan dalam Manajemen?

perencanaan

Perencanaan merupakan salah satu hal yang penting yang perlu dibuat untuksetiap usaha dalam rangka mencapai suatu tujuan. Karena seringkali pelaksanaansuatu kegiatan akan mengalami suatu kesulitan dalam mencapai tujuan tanpaadanya perencanaan. Kesulitan tersebut dapat berupa penyimpangan arah dari padatujuan, atau ada pemborosan modal yang mengakibatkan gagalnya semua kegiatandalam mencapai suatu tujuan.

Selain itu, adakah peranan lain dari perencanaan dalam manajemen?

Perencanaan adalah penentuan secara matang dan cerdas tentang apa yangakan dikerjakan dimasa yang akan datang dalam rangka mencapai tujuan. Menurut Aderson sebagaimana yang dikutif oleh Marno, mengatakan bahwa perencanaan adalah proses mempersiapkan seperangkat keputusan bagi perbuatan dimasadatang. Definisi ini mengisyaratkan bahwa pembuatan keputusan merupakanbagian dari perencanaan, namun proses perencanaan dapat juga terpikir setelah tujuan dan keputusan diambil. Perencanaan selalu terkait dengan masa depan, dan masa depan selalu tidakpasti, banyak faktor yang berubah dengan cepat. Tanpa perencanaan, sekolah atau lembaga pendidikan akan kehilangan kesempatan dan tidak dapat menjawab pertanyaan tentang apa yang akan dicapai, dan bagaimana mencapainya. Olehkarena itu rencana harus dibuat agar semua tindakan terarah dan terfokus padatujuan yang hendak dicapai. Perencanaan dibuat harus berdasarkan beberapasumber antara lain:

  • Kebijaksanaan pucuk pimpinan ( Policy top management ), bahwa perencanaan itu sering kali berasal dari badan-badan ataupun orang-orangyang berhak dan mempunyai wewenang untuk membuat berbagai kebijakan, sebab merekalah pemegang kebijakan.

  • Hasil pengawasan, yaitu suatu perencanaan akan dibuat atas dasar fakta-fakta maupun data-data dari pada hasil pengawasan suatu kegiatan kerja,sehingga dengan demikian dibuatlah suatu perencanaan perbaikan maupun penyesuaian ataupun perombakan secara menyeluruh dari pada rencana yang telah pernah dilaksanakan.

  • Kebutuhan masa depan, yaitu suatu perencanaan sengaja dibuat untuk mempersiapkan masa depan yang baik ataupun untuk mencegah hambatan-hambatan dari rintangan-rintangan guna mengatasi persoalan-persoalanyang akan timbul.

  • Penemuan-penemuan baru, yaitu suatu perencanaan yang dibuatberdasarkan studi faktual ataupun yang terus menerus maka akanmenemukan ide-ide ataupun pendapat baru, untuk suatu kegiatan kerja.

  • Prakarsa dari dalam, yaitu suatu planning yang dibuat akibat inisiatif atauusul-usul dari bawahan dari suatu kegiatan kerja sama, untuk mencapaisuatu tujuan.

  • Prakarsa dari luar, yaitu suatu rencana yang dibuat akibat dari saran-saranataupun kritik-kritik dari orang-orang di luar organisasi.

Perencanaan merupakan tindakan awal dalam aktivitas manajerial padasetiap organisasi. Karena itu perencanaan akan menentukan adanya perbedaan kinerja suatu organisasi dengan organisasi lain dalam pelaksanaan rencana untuk mencapai tujuan. Mondy & Premeaux seperti yang dikutip Syafaruddin menjelaskan bahwa perencanaan merupakan proses menentukan apa yang seharusnya dicapai dan bagaimana mewujudkannya dalam kenyataan. Berarti dalam perencanaan akan ditentukan apa yang akan dicapai dengan membuat rencana dan cara-cara melakukan rencana untuk mencapai tujuan yang ditetapkan para manajer di setiap level manajemen.

1 Like

Fungsi perencanaan dalam suatu manajemen organisasi adalah untuk proses penentuan tujuan serta sasaran yang akan dicapai organisasi tersebut dengan mengambil metode yang strategis guna mencapai tujuan tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang merupakan bagian dari fungsi perencanaan dalam manajemen (Supriyatna, 2008).

  1. Proses penentuan tujuan dan sasaran
  2. Proses penentuan kebijakan
  3. Proses penentuan produk atau jasa
  4. Proses penentuan alat
  5. Proses penentuan anggaran atau pengeluaran
  6. Proses penentuan waktu
  7. Proses penentuan lokasi
  8. Proses penentuan personalia
  9. Proses penentuan hubungan organisasi
Referensi

Arumsari, Nurul Rizka. PENERAPAN PLANNING, ORGANIZING, ACTUATING, DAN
CONTROLLING DI UPTD DIKPORA KECAMATAN JEPARA. Universitas Muara Kudus.

1 Like