Bagaimana efek perdagangan internasional terhadap faktor produksi?

perdagangan internasional

Apakah perdagangan internasional memberikan efek terhadap faktor produksi? Apa saja efek yang diberikan?

Perdagangan luar negeri atau perdagangan internasional mempunyai pengaruh yang kompleks terhadap sektor produksi di dalam negeri.

Secara umum kita bisa menyebutkan empat macam pengaruh yang bekerja akibat perdagangan internasional, yaitu :

1. Spesialisasi

Kita telah melihat bahwa perdagangan internasional mendorong masing-masing negara ke arah spesialisasi dalam produksi barang di mana negara tersebut memiliki keunggulan komparatif yang penuh , sedangkan dalam kasus increasingcost terjadi spesialisasi yang tidak penuh. Yang perlu diingat adalah bahwa spesialisasi itu sendiri tidak membawa manfaat kepada masyarakat kecuali apabila disertai kemungkinan hasil produksinya dengan barang-barang lain yang dibutuhkan. Spesialisasi plus perdagangan bisa meningkatkan penda[patan real masyarakat, tetapi spesialisasi tanpa perdagangan mungkin justri menurunkan pendapatan real dan kesejahteraan masyarakat.

2. Investasi Surplus

Investasi surplus ialah adanya perdagangan yang meningkatnya pendapatan real masyarakat, dengan pendapatanyanyang real yang lebih tinggi bearti negara tersebut mampu untuk menyisihkan dana sumber-sumber ekonomi yang lebih besar bagi investasi. Dengan adanya investasi yang lebih tinggi berarti laju pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi juga.

3. Vent for Surplus

Konsep ini adalah buah pikir dari Adam Smith, dimana perdagangan luar negeri membuka daerah pasar baru yang lebih luas bagi hasil-hasil dalam negeri. Produksi dalam negeri yang semula terbatas karena terbatasnya pasar di dalam negeri, sekarang bisa diperbesar lagi. Sumber-sumber ekonomi yang semula menganggur (surplus) sekarang memperoleh saluran (event) untuk bisa dimanfaatkan, karena adanya daerah pasar yang baru. Inti dari konsep ‘vent for surplus’ adalah bahwa pertumbuhan ekonomi terangsang oleh terbukanya daerah pasar baru.

4. Kenaikan produktifitas

Kenaikan produktifitas ialah pengaruh yang diraskan sangat penting dari perdagangan luar negeri terhadap sektor produksi berupa peningkatan produktifitas dan efisiensi pada umumnya.