Bagaimana Diagnosis Trakhoma?

Gejala trakhoma membutuhkan proses yang lama sebelum akhirnya berkembang menjadi penyakit. Bagaimana Diagnosis Trakhoma?

image

Trakhoma adalah salah satu infeksi bakteri pada mata. Penyakit ini adalah penyakit menular dan merupakan penyebab kebutaan tertinggi di dunia dengan kasus terbanyak ada di Afrika. Trakhoma aktif biasanya lebih umum menyerang anak-anak usia 3-5 tahun. Sementara pada usia orang dewasa, perempuan dewasa memiliki risiko lebih besar akibat frekuensi kedekatan yang lebih sering dibandingkan pria, misalnya pengasuh anak.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan kunjungan ke dokter terkait dengan gejala yang dialami adalah tetap berada di rumah untuk sementara waktu untuk mengurangi risiko penularan penyakit. Hindari juga beberapa hal berikut:

  • Selalu pastikan kebersihan badan
  • Jangan menyentuh mata dengan tangan yang belum dicuci,
  • Berbagi handuk, saputangan, atau baju dengan orang lain. Disarankan untuk mencuci pakaian tiap hari dan jangan dipinjamkan kepada orang lain.
  • Jangan menggunakan lensa kontak dan kosmetik yang berhubungan dengan mata seperti: maskara.
  • Jika penderita masih berusia anak-anak, cegah anak berdekatan dengan anak lainnya agar tidak terjadi

Penderita biasanya akan langsung dirujuk kepada dokter spesialis mata yang akan melakukan pemeriksaan pada kelopak mata atau mengambil sampel bakteri dari mata untuk uji laboratorium.

Sumber : www.alodokter.com