Bagaimana dengan penularan penyakit Goham pada hewan burung Merpati?

Trichomonas columbae tak menyerang manusia, bahkan tidak juga menginfeksi semua jenis burung, kecuali burung-burung yang merupakan anggota keluarga merpati-merpatian (Columbidae) seperti merpati, derkuku, puter, perkutut dan sejenisnya. Lalu bagaimana unutk penularannya?

Penularan parasit dari merpati yang sakit ke merpati sehat bisa terjadi melalui beberapa cara berikut ini:

  • Induk yang meloloh anaknya
    Ketika induk merpati yang terinfeksi memuntahkan makanan atau susu tembolok (crop milk) ke mulut anaknya, saat itulah terjadi perpindahan parasit. Ini merupakan sumber utama penularan goham pada merpati.
    Susu tembolok adalah cairan berwarna krem menyerupai susu yang dikeluarkan dari tembolok induk jantan maupun betina yang akan dilolohkan kepada anak merpati sejak menetas hingga umur 10 hari. Cairan ini sangat bergizi, serta mengandung zat antibodi.
  • Penularan melalui air minum
    Trophozoit bisa bertahan dalam waktu singkat di dalam air, dimana burung yang awalnya sehat bisa terinfeksi ketika mereka minum air tersebut. Penularan bisa terjadi karena air minum dikonsumsi bareng oleh sejumlah merpati, dan salah satu atau beberapa ekor terinfeksi penyakit goham.
    Burung-burung liar yang masuk kandang dan ikut minum juga menjadi sumber penularan penyakit ini. Karena itu, wadah air minum perlu diletakkan di lokasi yang aman sehingga burung-burung liar tidak bisa mengkonsumsinya.