Bagaimana dampak pembukaan jalan melintasi wilayah hutan yang dilindungi?

dampak pembukaan jalan di utan lindung
Hutan lindung (protection forest) adalah kawasan hutan yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau kelompok masyarakat tertentu untuk dilindungi, agar fungsi-fungsi ekologisnya terutama menyangkut tata air dan kesuburan tanah tetap dapat berjalan dan dinikmati manfaatnya oleh masyarakat di sekitarnya. Menurut anda bagaimana dampak pembukaan jalan melintasi wilayah hutan yang dilindungi?

Dampak kerusakan terhadap ekologi lingkungan. Penebangan hutan secara ilegal ini juga menimbulkan akibat : pertama, masalah pemanasan global, kedua masalah degradasi tanah dan ketiga mempercepat kepunahan keanekaragaman hayati di dalamnya.

Masalah pemanasan global. Para ahli memperkirakan bahwa dampak dari pemanasan global akan sangat meningkat bila kelestarian dan keutuhan hutan tidak dipelihara. Ada beberapa akibat yang akan muncul akibat pemanasan global ini, antara lain terjadinya perubahan iklim. Hal ini akan mempercepat penguapan air sehingga berpengaruh pada curah hujan dan distribusinya. Akibat selanjutnya adalah terjadinya banjir dan erosi di daerah-daerah tertentu.

Masalah degradasi tanah. Penebangan hutan secara tak terkendali pasti juga menyebabkan degradasi tanah dan berkurangnya kesuburan tanah

Masalah kepunahan keranekaragaman hayati. Akibat penebangan hutan yang dilakukan terus menerus, banyak hewan yang menyingkir dan mencari habitat yang baru.