© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana Caranya Meningkatkan Rasa Percaya Diri?

percaya diri

Percaya Diri (Self Confidence) – kemampuan untuk mengembangkan dan mengatur kekuatan diri sendiri berdasarkan hasrat untuk sukses; kepercayaan seseorang bahwa dirinya memiliki kecakapan untuk meraih sukses.

Bagaimana caranya meningkatkan rasa percaya diri?

3 Likes

Percaya diri

Cara meningkat kepercaya diri :

1. Lihat apa Yang anda sudah capai.
Sangat mudah kehilangan kepercayaan diri jika kita merasa belum mencapai apa – apa dalam hidup kita. Fokus lah kepada apa yag telah anda lakuan, besar ataun kecil itu dapat mmbantu anda mendapat pandangan tentang kemampuan yang anda miliki.

2. Pikirkan hal-hal yang anda mahir dalam melakukannya.
Mengetahui apa Yang anda Dapat lakukan dengan baik Dan mencoba untuk membangun atau meningkatkannya akan menjadi cara yang sangat berguna untuk membagun rasa percaya diri dalam kemampuan anda sendiri.

3. Tetapkan tujuan.
Menetapkan beberapa tujuan dan bertujuan untuk mencapainya. Dengan membuktikan kepada diri sendiri bahwa Anda bisa mencapaii tujuan tersebut, Anda akan membuktikan sendiri apa yang Anda mampu mencapai. Tidak harus tujuan besar; bias memulai dengan hal-hal kecil seperti membuat kue atau merencanakan malam dengan teman-teman. Degan hal-hal yang sederhana itu anda dapat memenuhi list tujuan anda dn otomatis dapat membangun rasa percaya diri anda.

4. Bicara dengan diri sendri
Jika anda sering mendapatkan komentar negative yang mempegaruhi diri anda, bicaralah pada diri sendiri untuk mempengaruhi kepercayaan diri anda dengan mencari hal-hal baik yang ada Dalam diri anda.

5. Cari hobi.
Cobalah untuk mebemukan sesuatu yang membuat anda bergairah dalam melakukannya. Seperti bermain sepak bola? Mendaki gunung?. Pikirkanlah tentang beberpa hal yang anda tertarik dalam melakukannya. Melakukan hal yang anda sukai dapat membantu anda untuk menemukan sesuatu yang anda kuasai, dengan begitu akan dapat menimbulakan hal yang baik dan meningkatkan kepercayaan diri anda.

5 Likes

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri anda dalam jangka panjang, namun terkadang kita juga memerlukan langkah-langkah meningkatkan rasa percaya diri dalam waktu singkat. Anda rasanya tak bisa berjalan menuju sebuah pertemuan penting sambil membaca buku panduan mengenai kepercayaan diri, atau menelepon mentor anda pada menit-menit terakhir.

Jadi dibawah ini saya mencoba mensharingkan kepada anda beberapa tips yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dengan cepat dalam hitungan detik.

10 Cara Instan Meningkatkan Rasa Percaya Diri

1. Tersenyum

Tersenyum merupakan tips 1 detik jika anda merasa gugup dan tidak percaya diri. Anda tidak hanya tersenyum jika anda merasa senang dan percaya diri, sebaliknya anda bisa tersenyum untuk membuat diri anda merasa lebih baik. Tersenyum berhubungan erat dengan perasaan positif sehingga hampir tidak mungkin anda merasa tidak enak ketika anda tersenyum.

Tersenyum lebih dari sekedar menunjukkan ekspresi pada wajah anda. Tersenyum melepaskan hormon endorphin yang membuat anda merasa lebih baik, meningkatkan sirkulasi darah di wajah anda, membuat anda merasa nyaman dengan diri anda sendiri dan tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri anda. Anda juga akan tampak lebih percaya diri di hadapan orang lain ketika anda tersenyum.

2. Tatap Mata Lawan Bicara Anda

Sama halnya dengan tersenyum, tataplah mata semua orang di dalam ruangan. Berikan senyum anda dan dapat dipastikan mereka akan membalas senyuman anda; dan senyum yang diberikan orang lain dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dengan cepat. Sama halnya dengan tersenyum, kontak mata menunjukkan bahwa anda percaya diri. Menatap sepatu anda atau meja mendorong perasaan anda menjadi ragu-ragu dan malu. Tips ini sangat berguna untuk situasi kerja; buatlah kontak mata dengan orang yang mewawancarai anda, atau orang-orang yang menghadiri presentasi anda.

“Kontak mata membantu anda untuk menghilangkan rasa takut jika anda sedang berbicara di depan umum dan semakin mendekatkan anda dengan lawan bicara anda. Stress merupakan perasaan yang datang dari sesuatu yang asing dan tidak dapat dikendalikan. Kontak mata memberikan pembicara gambaran dari kenyataan yang tidak lain adalah lawan bicara itu sendiri. Kontak mata juga membantu menarik minat lawan bicara anda.” (Confident Eye Contact, Unlimited Confidence)

3. Ubahlah Suara Dalam Diri Anda

Kebanyakan dari kita memiliki suara dalam diri yang mengatakan bahwa kita bodoh, tidak cukup mampu, terlalu gendut, kurus, berisik, pendiam, dll. Kemampuan merubah suara di dalam diri anda merupakan kunci untuk memperoleh kepercayaan diri dari dalam. Buat suara dalam diri anda menjadi teman pendukung yang paling mengenal anda dan mengetahui bakat anda, serta menginginkan anda untuk mencapai yang terbaik.

4. Lupakan Standar Yang Ditetapkan Orang Lain

Terlepas dari situasi yang membuat anda mengalami krisis percaya diri, anda bisa membantu diri anda sendiri dengan berpegang pada standar yang anda miliki. Orang lain memiliki nilai yang berbeda dengan anda, dan sekeras apa pun anda mencoba, anda tidak pernah bisa memuaskan semua orang setiap saat. Jangan khawatir jika orang-orang menyebut anda gendut, kurus, pemalas, membosankan, pelit, konyol, dll… Bertahanlah pada standar yang anda miliki, bukan pada standar yang dimiliki orang lain. Ingatlah nilai-nilai dan standar-standar yang dimiliki umumnya berbeda dalam masyarakat; anda tidak harus menerima nilai dan standar tersebut hanya karena orang-orang di sekitar anda menerimanya.

5. Tampillah Serapih Mungkin

Meskipun anda hanya memiliki sedikit waktu, pergilah ke kamar mandi untuk memastikan anda tampil rapih. Sisirlah rambut anda, cucilah muka anda, perbaiki riasan wajah anda, luruskan kerah anda, pastikan tidak ada sisa makanan pada gigi anda. Semua hal ini dapat membuat perbedaan antara rasa percaya diri terhadap penampilan anda dan rasa takut anda terhadap penampilan anda.

”Sempurnakan penampilan fisik anda; sudah merupakan fakta bahwa penampilan seseorang memainkan peranan penting dalam membangun rasa percaya diri. Meskipun kita tahu apa yang kita miliki dalam diri kitalah yang penting, penampilan fisik anda menentukan impresi orang terhadap diri anda.” (Building Blocks to Self-Confidence, Complete Wellbeing)

6. Berdoalah Atau Bermeditasi Sejenak

Jika anda percaya pada Yang Maha Kuasa, mengucapkan doa bisa meningkatkan rasa percaya diri anda (anda juga bisa melakukan meditasi selain berdoa). Langkah ini membantu anda untuk mundur sesaat dari situasi yang serba cepat dan mencari bantuan dari Yang Maha Kuasa. Berikut adalah sebuah contoh doa, namun anda bisa menulis hal serupa yang sesuai dengan agama atau kepercayaan anda:

“Ya Tuhan, terima kasih karena Kau telah mencintai dan menerimaku apa adanya… bantulah aku untuk melakukan hal yang sama… dan bantulah aku untuk tumbuh menjadi sesuai dengan kehendakMu sehingga rasa percaya diriku akan bertambah; semuanya demi keagungan namaMu dan bukan namaku. Terima kasih karena Engkau telah mendengarkan dan menjawab doaku. Amin.” (Daily Encounter, Strengthen Your Self-Confidence, Acts International)

7. Reka Ulang

Jika sesuatu terjadi diluar dugaan anda, hal ini cukup mudah menggoyahkan rasa percaya diri anda. Mungkin anda menumpahkan minuman anda, terlambat hadir di sebuah pertemuan penting karena macet, atau seseorang yang ingin anda ajak bicara memberikan tanggapan dingin. Cobalah untuk “mereka ulang” situasi tersebut dan tempatkan pada situasi yang lebih positif. Seringkali suatu kejadian menjadi negatif karena persepsi kita sendiri.

8. Tentukan Langkah Anda Selanjutnya

Jika anda tidak yakin dengan apa yang harus anda lakukan, temukan satu langkah sederhana yang bisa membantu anda untuk terus maju. Hal ini mungkin saja bisa dilakukan dengan melakukan kontak mata pada sebuah pesta, memperkenalkan diri anda pada orang asing, memecahkan kebekuan dalam sebuah rapat, atau menanyakan orang yang mewawancarai anda untuk menunjukkan pengetahuan anda terhadap industri dan perusahaan mereka.

Mulailah bertindak meskipun anda tidak memiliki gambaran yang jelas mengenai apa yang seharusnya anda lakukan. Bergeraklah menuju sasaran anda. Koreksi diri anda di lain kesempatan.

9. Bicaralah Perlahan

Sebuah tips sederhana agar anda terlihat atau menjadi lebih percaya diri adalah dengan bicara perlahan. Jika anda bicara terlalu cepat, anda akan merasa tidak enak karena anda sadar anda bicara terlalu cepat. Bicara perlahan memberi anda kesempatan untuk memikirkan apa yang anda akan katakan selanjutnya. Jika anda sedang berbicara atau melakukan presentasi, berhentilah sesaat pada akhir sebuah frase atau kalimat untuk membantu orang lain mencerna apa yang anda katakan.

Berbicara perlahan menunjukkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang yang merasa tidak layak didengarkan akan berbicara dengan cepat, karena ia tidak mau membuat orang lain menunggu hal-hal yang tidak layak didengarkan.

10. Ikut Ambil Bagian

Pernahkah anda duduk seharian di dalam kelas atau di sebuah rapat tanpa mengucapkan satu patah kata pun? Pernahkah anda pergi bersama teman-teman anda di malam hari dimana teman-teman anda berbincang dengan gembira sementara anda hanya duduk dan menatap minuman anda? Kemungkinan yang terjadi adalah anda merasa tidak terlalu percaya diri pada saat itu – dan mungkin saja anda akan merasa lebih tidak enak sesudah malam tersebut. Apapun situasi anda, berusahalah untuk ikut ambil bagian. Meskipun anda merasa tidak banyak yang bisa anda katakan, pikiran dan perspektif anda sangat berharga bagi orang-orang di sekitar anda.

Dengan mencoba untuk berbicara setidaknya satu kali dalam setiap diskusi kelompok, anda akan menjadi pembicara yang lebih baik, lebih percaya diri mengutarakan pikiran anda, dan dikenal sebagai seorang pemimpin oleh rekan-rekan anda.

3 Likes

12 Cara Ampuh Meningkatkan Percaya Diri Anda. Saat sekolah dan kuliah, saya seorang pemalu, pendiam, dan tidak percaya diri. Tak heran, saya sering diam dalam diskusi kelompok. Sekalipun terpaksa harus melakukan presentasi, badan saya gemetar, keringat bercucuran padahal ruangan ber-AC, suara saya terbata-bata, wajah saya tegang, dan pikiran saya sering blank.

Hal yang sama tejadi pada aspek lain. Saya malu bertemu wanita yang saya taksir. Saya grogi berada di orang-orang yang baru saya kenal. Saya minder di antara orang-orang kaya dan terhormat. Saya merasa rendah diri dengan pendidikan, pengalaman, dan prestasi orang lain.

Untunglah saya tidak menyerah. Saya terus menumbuhkan kepercayaan diri saya meskipun harus jatuh bangun. Alhasil, saya pernah bekerja di sebuah perusahaan asing dan dalam 3 tahun terakhir saya juga telah melakukan 6 kali presentasi terkait bisnis online di hadapan mahasiswa dan wirausahawan. Selain itu, sekarang saya lebih baik dalam menjalani hidup, menatap masa depan, dan menghadapi masalah yang menghadang.

Di postingan ini, saya berbagi 12 cara yang saya lakukan untuk membuat saya percaya diri dalam kehidupan pribadi dan karier saya. Anda bisa mencoba cara-cara tersebut guna meningkatkan percaya diri Anda. Berikut penjelasan kedua belas cara tersebut, lengkap dengan contohnya.

1. Ingat Tuhan Yang Maha Esa

Tak bisa dipungkiri, masalah demi masalah datang bertubi-tubi di kehidupan kita. Masalah-masalah tersebut sering membuat kita kehilangan percaya diri dalam menjalani hidup. Untuk mengembalikan rasa percaya diri tersebut, cara mudahnya adalah mengingat Tuhan Yang Maha Esa (YME).

Dengan mengigat Tuhan YME, Anda akan yakin dan optimistis bisa menjalani kerasnya hidup. Selain itu, Anda memiliki backing maha kuat yang akan membantu Anda dalam setiap kesulitan sehingga hati Anda akan tentram.

Jadi, jika Anda merasa tidak percaya diri dalam menghadapi sesuatu, ingatlah Tuhan YME. Yakinlah akan kebesaran-Nya.

2. Perbaiki penampilan

Terkadang, rasa kurang diri disebabkan oleh penampilan. Oleh karena itu, untuk membangun rasa percaya diri Anda, perbaiki penampilan Anda.

Sebagai contoh, jika Anda seorang laki-laki yang hendak bertemu wanita, tata rambut Anda dengan rapi, misalnya dengan menggunakan jelly. Jika diperlukan, pergi ke salon untuk mencukur atau merapikan rambut Anda.

Tidak hanya berhenti di rambut. Anda bisa juga mewangikan tubuh Anda dengan menggunakan deodoran atau parfum. Selain itu, gunakan juga baju yang rapi dan pakai ikat pinggang agar celana Anda tidak kedodoran.

3. Hentikan pikiran negatif

Kurang percaya diri bisa disebabkan oleh pikiran negatif. Beberapa di antaranya yang mungkin Anda miliki adalah adalah:

  • Merasa diri sendiri tidak berharga
  • Takut ditolak
  • Takut salah dengan apa yang akan dilakukan
  • Takut direndahkan atau diremehkan orang lain
  • Merasa diri lebih rendah dari orang lain
  • Merasa akan ditertawakan orang lain

Anda harus menghentikan pikiran negatif karena akan memenjarakan Anda dalam krisis kepercayaan diri. Cara mudahnya adalah dengan mengafirmasi, yaitu mengubahnya menjadi pikiran positif atau sesuatu yang Anda maui. Contoh afirmasi untuk pikiran-pikiran negatif di atas adalah:

  • Saya adalah orang berharga karena sama-sama ciptaan Tuhan YME
  • Penolakan adalah hal lumrah sehingga saya harus mencobanya
  • Kesalahan adalah tanda orang sedang belajar
  • Orang lain akan menghargai saya karena saya menghargai mereka juga
  • Membuat orang lain tertawa itu lebih baik daripada membuat orang lain sedih

4. Identifikasi SATU kelebihan kunci Anda

Persaingan adalah hal penting untuk meningkatkan kualitas Anda. Agar Anda percaya diri menghadapi persaingan tersebut, Anda seyogianya mengetahui apa kelebihan Anda dibanding pesaing Anda. Oleh karena itu, mulai sekarang identifkasi SATU kelebihan kunci Anda sehingga Anda fokus dan menjadi ahli di bidangnya. Dengan menjadi ahli di bidangnya, Anda akan percaya diri dan tidak takut lagi dengan pesaing Anda.

Sebagai contoh, jika Anda sekarang bergelut di dunia social media marketing, tentukan satu kelebihan Anda. Cukup satu. Itu bisa Facebook marketing, Twitter marketing, atau Instagram marketing.

5. Baca buku

Buku adalah gudang ilmu. Meskipun sekarang ini banyak informasi gratis bertebaran di internet, buku memiliki sejumlah manfaat yang tidak ada di informasi gratis tersebut. Dengan membaca buku, wawasan dan pengetahuan Anda akan meningkat sehingga meningkat pula kepercayaan diri Anda.

Sebagai contoh, saya ingin menguasai copywriting yaitu teknik menulis naskah untuk mempromosikan produk, jasa, atau ide. Saya membeli sejumlah buku tentang copywriting di Amazon. Saya membaca prinsip-prinsip copywriting dan menerapkannya pada postingan blog saya, halaman penjualan ebook saya, dan ebook yang sedang saya tulis.

Bukan takabur atau sombong. Dengan membaca buku copywriting tersebut, saya berani bersaing dengan jago-jago copywriting Indonesia.

6. Sapa orang yang baru dikenal

Berada di orang-orang yang baru dikenal sangat tidak nyaman. Triknya adalah menyapa mereka duluan sehingga mencairkan suasana.

Sebagai contoh, Anda menghadiri rapat orang tua siswa di sekolah anak Anda. Anda bisa menyapa beberapa orang tua siswa atau guru dengan mengucapkan asalamualaikum, hai, atau halo apa kabar.

Dengan menyapa duluan, Anda mencairkan suasana dan berusaha memberi kesan pertama yang positif. Anda pun tidak akan merasa sendirian atau dikucilkan. Yang penting lagi, Anda memiliki teman baru.

7. Lakukan persiapan sebaik mungkin

Anda sering gugup saat presentasi? Stres menghadapi wawancara kerja? Percaya atau tidak, kuncinya terletak di persiapan.

Saya tidak bohong kepada Anda. Seperti yang saya tulis di pendahuluan, saya bukanlah jago presentasi. Namun, saya mengetahui bahwa salah satu penyebab ketidakpercayadirian saya saat melakukan presentasi adalah kurangnya persiapan. Saya sering membuat presentasi satu malam sebelum presentasi dilakukan.

Namun, saya telah berubah dengan mempersiapkan diri dan materi sebaik mungkin. Hasilnya, saya membawakan materi presentasi lebih baik dari waktu ke waktu.

Seperti apa persiapannya? Katakanlah saya akan mempresentasikan materi tentang content marketing minggu depan. Persiapan yang akan saya lakukan adalah:

  • Meriset referensi online tentang content marketing. Ini meliputi statistik, prinsip, teknik, dan studi kasus content marketing
  • Melakukan curah ide (brainstorming) untuk materi yang akan saya bawakan dengan menggunakan teknik Mind Map
  • Membuat slide presentasi dan menyelesaikannya dua hari sebelum pelaksanaan
  • Latihan presentasi minimal 3 kali
  • Menonton video Youtube dari beberapa pembicara favorit saya, misalnya video Amit Singhal tentang Google berusia 15 tahun
  • Memvisualisasikan ketika saya melakukan presentasi tersebut. Saya juga membayangkan bagaimana saya menyampaikan presentasi dan respons peserta

8. Terapkan teknik “Jika-Maka”

Teknik “Jika-Maka” ini sederhana, namun hasilnya sangat efektif. Mengapa? Karena Anda mempersiapkan sesuatu bila situasi dan kondisi tidak sesuai yang Anda harapkan, sebaik apa pun Anda melakukan persiapan.

Sebagai contoh, jika Anda akan bertemu teman kencan Anda untuk kali pertama, penerapan teknik “Jika-Maka” antara lain:

  • Jika saya gugup saat bertemu si dia, maka saya akan ke toilet sebentar untuk menenangkan diri
  • Jika si dia sibuk dengan telepon genggamnya, maka saya akan memancingnya dengan pembicaraan ringan
  • Jika si dia berbicara tentang topik yang saya tidak ketahui, maka saya akan menjadi pendengar yang baik.

Dengan menerapkan teknik “Jika-Maka”, Anda akan tahu tindakan yang mesti dilakukan jika sesuatu terjadi tidak sesuai harapan Anda. Dengan kata lain, Anda tidak akan blank.

9. Tetapkan sasaran kecil untuk meraih sasaran besar

Anda menetapkan sasaran besar? Itu tidak salah. Namun, saya lebih suka menetapkan sasaran kecil terlebih dahulu sebelum meraih sasaran besar. Setelah saya meraih sasaran kecil, saya percaya diri meraih sasaran besar.

Sebagai contoh, saya jarang berolahraga. Jika saya menetapkan sasaran berlari 30 menit sebanyak 3x dalam seminggu, saya akan “lumpuh” sebelum bertindak. Banyak alasan yang akan menghindarkan saya dari meraih sasaran tersebut.

Solusinya adalah saya menetapkan sasaran push up satu kali setiap hari dan meraihnya. Setelah saya berhasil melakukan push up setiap hari, saya meningkatkannya dengan jalan kaki 5.000 langkah dalam seminggu. Kesuksesan-kesuksesan kecil tersebut memberikan motivasi dan menaikkan rasa percaya diri saya dalam meraih sasaran berlari 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu.

10. Bandingkan Anda dengan diri sendiri

Cara lain untuk membangkitkan rasa percaya diri adalah tidak membandingkan diri Anda dengan orang lain. Mengapa? Karena orang lain akan terus memiliki kelebihan dibanding Anda sehingga bisa menghilangkan percaya diri Anda.

Solusinya? Bandingkan Anda dengan diri sendiri apa adanya. Sebagai contoh, jika tahun sebelumnya Anda tidak berolahraga dan sekarang melakukan satu kali push up setiap hari, maka Anda sedang menuju kesuksesan. Ingat, kesuksesan akan menggulirkan kesuksesan lain sehingga Anda lebih percaya diri menjalani hidup yang Anda rasa keras ini.

11. Bersyukur

Mensyukuri apa yang Anda miliki dan bagaimana kondisi Anda sekarang akan membangun rasa percaya diri Anda. Mengapa? Karena dengan bersyukur, Anda akan terhindar dari stres dan perasaan negatif lain.

Sebagai contoh, Anda bersyukur masih bisa makan hari ini, menghirup udara, memiliki pekerjaan, dan sebagainya.

12. Berdoa sebelum memulai sesuatu

Berdoa sebelum memulai sesuatu bisa juga membantu Anda melejitkan rasa percaya diri Anda. Hal ini karena doa akan membuat Anda mengingat Tuhan YME dan berharap lindungan-Nya dalam setiap langkah Anda.

Sebagai contoh, jika Anda seorang muslim, ucapkan doa keluar rumah sebelum bepergian. Bagaimana jika Anda tidak tahu doa-doa? Pelajari doa-doa sehari-hari, dan kalau masih belum bisa, ucapkan bismillah saja.

Kepercayaan diri bukanlah genetik, melainkan keterampilan yang bisa dipelajari dan ditingkatkan. Jika Anda sekarang kurang percaya diri, triknya adalah mencari akar penyebab mengapa Anda tidak percaya diri dan berusaha sekuat tenaga mengatasi penyebab tersebut. Cobalah satu atau beberapa cara yang saya jelaskan di atas untuk menghilangkan penyebab tersebut sehingga Anda bisa percaya diri.

3 Likes

Percaya diri memang hal yang penting dalam hidup manusia. Tanpa adanya percaya diri manusia tidak akan mampu untuk meraih kesuksesa. Sedangkan kesuksesan tidak akan datang tanpa rasa percaya diri. Rasa tak percaya diri terkadang muncul ketika diri kita membanding-bandingkan kondisi dengan orang lain. Yang perlu kita ingat, diri kita dan orang lain adalah orang yang berbeda. Pasti setiap individu memiliki tantangan dan kemampuannya masing-masing. memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

untuk meningkatkan rasa percaya diri kita, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan antara lain:

Mengingat Allah
Untuk membangkitkan rasa percaya diri, kita harus sadar bahwa Allah menciptakan manusia dalam kondisi yang sempurna. Manusia dikaruniai kelebihannya masing-masing. Lakukan kebaikan-kebaikan untuk bersyukur dan menggali segala potensi yang ada dalam diri. Yakinlah bahwa Anda pasti memiliki potensi.

Terkadang manusia jatuh dalam masalah dan merasa terpuruk. Disitulah ada celah bagi manusia untuk berputus asa, Yakinlah bahwa Anda pasti bisa bangkit dari keterpurukan. Selalu ingat Allah, renungi apa yang terjadi secara positif. Maka optimisme perlahan-lahan akan mucul.

Membangkitkan Motivasi
Pada dasarnya Anda akan membuka peluang lebih banyak dengan percaya diri. Setelah percaya diri, Anda akan lebih banyak melakukan dan mencoba dibandingkan saat rendah diri. Saat Anda memiliki keberanian bertindak, maka peluang sukses akan semakin besar. Dengan adanya motivasi yang kuat manusia akan terus berupaya untuk meraih apa yang yang diinginkan. Secara sadar atau tak sadar rasa percaya diri itu tumbuh di dalam diri Anda.

maka bangkitkanlah motivasi yang kuat untuk meraih target-target yang Anda ingin capai dalam hidup. Maka rasa percaya diri akan muncul.

Memiliki fondasi yang kuat
Untuk dapat menjadi percaya diri salah satunya memiliki fondasi yang kuat untuk melangkah. Cari alasan agar Anda bisa menjadi percaya diri.

Perbaiki Penampilan
Terkadang ketidak percayaan diri muncul karena penampilan kita. Tampilan fisik, atau pakaian yang kurang rapi. Maka, perbaiki penampilan kita.

Belajar dari kesalahan
Cara meningkatkan percaya diri dalam pergaulan yang selanjutnya adalah belajar dari kesalahan yang sudah diperbuat. Kesalahan yang dibuat bukan merupakan aib ataupun hal yang mengerikan. Jadikan kesalahan ini sebagai media pembelajaran untuk Anda. Jangan sampai Anda mengulangi kesalahan yang sama.

Sadari Kelebihan Anda
Menyadari kelebihan yang Anda miliki juga bisa menjadi pemicu rasa percaya diri. Setiap orang pasti mempunyai kelebihannya, jadi Anda harus terus mengeksplor kelebihan dalam diri Anda sendiri.

Bersyukur
Tips cara meningkatkan percaya diri yang selanjutnya yaitu dengan cara bersyukur. Mensyukuri apa yang terjadi pada diri Anda saat ini dan untuk masa yang akan datang bisa membuat Anda semakin percaya diri. Percaya jika dihari esok akan jauh lebih baik dari pada yang sekarang ini.

Berpikir Positif
Berpikir positif adalah cara meningkatkan percaya diri dalam pergaulan selalu memikirkan hal positif bisa membuat rasa percaya diri Anda timbul. Sebaliknya jika selalu berfikiran negatif Anda tidak akan merasa percaya diri, Anda akan berfikiran buruk setiap saat bahkan terhadap diri sendiri akibatnya Anda tidak merasa percaya diri.

Bantu Orang Lain
Cara meningkatkan percaya diri dalam bergaul juga bisa dilakukan dengan cara membantu orang lain. Bantulah orang terdekat Anda untuk melakukan sesuatu yang Anda bisa membantunya. Dengan membantu orang lain, rasa percaya diri Anda akan terpupuk dengan sendirinya.

Tidak Ada Hal Yang Bisa Sempurna
Untuk cara meningkatkan percaya diri dalam pergaulan yang terakhir Anda harus menanamkan konsep tidak ada hal yang bisa sempurna. Di dunia ini memang tidak ada yang sempurna Anda harus menyadari itu. Setiap kesalahan yang dibuat adalah bagian dari ketidak sempurna diri Anda dan merupakan hal yang lumrah terjadi pada setiap orang.

Referensi

http://www.setetes.info/cara-meningkatkan-percaya-diri/
http://www.tipspengembangandiri.com/cara-meningkatkan-percaya-diri/

2 Likes

Berikut ini adalah beberapa hal-hal kecil yang dapat dilakukan di kehidupan sehari-hari agar bisa meningkatkan rasa percaya diri.

  • Kamu pasti punya bakat yang mengagumkan. Jadi, mulailah harimu dengan melakukan 1-2 hal yang kamu kuasai dengan baik

Jika pandai memasak, bukalah hari dengan membuat sarapan atau bekal via onsugar.com

Bagaimana cara harimu dimulai, pastinya akan memberikan pengaruh besar bagimu untuk menjalani aktivitas sampai malam nanti, termasuk untuk meningkatkan rasa percaya dirimu. Memulai hari dengan penuh energi positif akan lebih memudahkanmu untuk mendapatkan rasa percaya diri dan hari yang baik.

Sebelum beraktivitas setiap harinya, isilah pagimu dengan melakukan 1 atau 2 hal yang kamu kuasai dengan baik. Kalau kamu pandai memasak, mulailah hari dengan membuat sarapan. Atau kalau kamu suka berolahraga, sempatkan waktumu untuk jogging keliling kompleks setiap paginya. Lakukan secara rutin setiap paginya. Dengan begitu, rasa percaya dirimu sepanjang hari akan naik karena dimulai dengan kemampuan untuk melakukan dan menyelesaikan sesuatu.

  • Pikiran negatif hanya akan membuatmu cemas. Untuk itu, letakkanlah fokus pikiranmu pada hal-hal yang positif saja

Berpikirlah dengan positif via humansofseoul.com

Sadar atau tidak, rasa tidak percaya diri itu hadir karena kamu terlalu takut dan cemas akan hasil yang kelak didapat. Padahal, sebenarnya takut dan cemas itu tidak perlu untuk kamu rasakan. Toh, selama ini kamu telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Supaya rasa percaya dirimu itu kembali dan lebih tinggi lagi, letakkanlah fokus pikiranmu hanya pada hal-hal positif saja. Misalnya, besok lusa kamu akan ada presentasi besar. Daripada fokus memikirkan apa saja yang akan ditanyakan dan bagaimana killer-nya dosen yang menguji, lebih baik fokuskan pikiranmu pada pengayaan dan penguasaan materi yang akan dipresentasikan. Kalau kamu sudah belajar dengan baik, hasil yang memuaskan juga tentu akan kamu dapatkan, kok.

  • Begitu kamu merasa grogi, dengungkanlah “mantra-mantra” yang bisa menambah semangat dan keyakinan dalam diri

Berkacalah dan dengungkan mantra-mantra penyemangat via ninfabi.blogspot.hk

Saat akan menjalani presentasi atau pertama kali menjadi MC, wajar saja kalau kamu merasa grogi dan tidak percaya diri. Mungkin kamu takut jika nanti ada kata yang salah diucapkan atau materi yang lupa untuk disampaikan. Tapi rasa ini tidak boleh dibiarkan berlama-lama. Kamu harus segera mengatasinya.

Salah satu cara untuk meningkatkan lagi rasa percaya dirimu yang mulai turun ini adalah dengan mengucapkan “mantra-mantra”. Mantra yang dimaksudkan di sini adalah kalimat-kalimat penyemangat yang bisa membuatmu lebih yakin dan percaya diri.

  • Cari tahu hal-hal apa saja yang bisa membuatmu merasa awesome, dan lakukanlah setiap hari

Jika musik membuatmu merasa awesome, dengarkanlah setiap hari via huffingtonpost.com

Mendapatkan rasa percaya diri setiap hari sebenarnya tidaklah sulit. Kamu hanya perlu menanamkan energi positif tanpa henti yang akan membuatmu merasa lebih berharga dan berarti. Dengan memahami bahwa dirimu itu berharga, keyakinanmu pada diri sendiri akan bertambah dan dari situlah rasa percaya diri perlahan akan muncul.

Salah satu cara termudah untuk mewujudkan rasa ini adalah dengan mencari tahu hal-hal apa saja yang membuat dirimu merasa awesome dan melakukannya setiap hari. Bisa dengan berolahraga, mendengarkan musik, bernyanyi, atau bahkan menari. Apapun itu, lakukanlah sesering mungkin supaya kamu semakin merasa awesome, berharga, dan percaya diri.

  • Buatlah 1 pencapaian kecil setiap hari supaya kamu tahu bahwa dirimu memiliki kemampuan yang luar biasa

Buat pencapaian kecil via two-forty-six.blogspot.com

Untuk bisa merasa percaya diri, tentu kamu harus yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Jelas, keyakinan ini tidak bisa datang begitu saja. Kamu harus rutin menguji diri supaya tahu sampai mana batas kemampuan yang dimiliki.

Setiap harinya, buatlah 1 pencapaian yang harus bisa kamu wujudkan. Tidak perlu pencapaian besar, cukup yang kecil saja namun layak untuk dibanggakan.

Saat kamu berhasil mewujudkan pencapaian tersebut, kamu pasti akan merasa senang dan akhirnya menyadari bahwa kamu mampu menghadapi tantangan. Kesadaran itulah yang akhirnya membuat rasa percaya dirimu bertambah secara bertahap.

  • Untuk bisa percaya diri, kamu tidak perlu jadi sosok sempurna. Dirimu berharga dengan segala kelebihan dan kekurangannya

Buka topengmu, jadilah diri sendiri via galleryhip.com

Supaya bisa terlihat berwibawa dan penuh percaya diri bukan berarti harus menjadi sosok yang sempurna. Memang, untuk yang berwajah rupawan dan memiliki kemampuan luar biasa, rasa percaya diri itu akan muncul dengan sendirinya. Namun, sebenarnya bukan kelebihan itulah yang menjadi kunci percaya diri mereka.

Kepercayaan diri yang muncul di dalam diri mereka hadir karena adanya rasa menerima dengan apa yang dimiliki, baik itu kelebihannya maupun kekurangannya. Mereka tidak membandingkan diri dengan orang lain karena tahu itu akan menurunkan rasa percaya diri mereka. Dan prinsip inilah yang perlu untuk kamu amini dan lakoni untuk menaikkan rasa percaya dirimu.

  • Duduk dan berdiri dengan tegak, berjalanlah dengan tegap. Bahasa tubuh bisa “berbicara” banyak mengenai rasa percaya dirimu

Berdiri dengan tegak, pandangan lurus ke depan via www.uc.ac.id

Sudah tahu ‘kan kalau dari bahasa tubuh saja, orang lain bisa “membaca” diri kita? Nah, begitu juga dengan rasa percaya dirimu. Kepercayaan diri hadir tidak hanya dari rasa yakin pada kemampuan dan kelebihan diri sendiri saja, tetapi juga bisa terlihat dari bahasa tubuh yang kamu miliki. Lalu, bagaimana supaya bisa terlihat lebih percaya diri?

Pertama, duduk atau berdirilah dengan tegak dan memandang lurus ke arah depan. Posisi seperti ini akan membuatmu lebih “terlihat” oleh orang lain. Saat berbicara, gunakanlah artikulasi yang jelas dan pandanglah mata lawan bicaramu, supaya bicaramu lebih didengar dan diperhatikan. Kemudian, berjalanlah dengan tegap untuk memperlihatkan wibawa. Jangan membungkuk ataupun melihat ke arah bawah karena bisa memberikan kesan rendah diri dan memberi aura negatif untuk sekelilingmu.

  • Perkaya dirimu dengan banyak pengetahuan. Kamupun akan lebih percaya diri saat harus berbicara di hadapan banyak orang

Perbanyak pengetahuanmu via bullesetbottillons.com

Secara umum, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan memperbanyak pengetahuan yang kamu miliki. Misalnya, saat akan presentasi materi kuliah, jangan hanya terpaku pada 1 diktat saja. Perkaya pengetahuanmu mengenai materi tersebut dengan membaca buku, diktat, dan jurnal penunjang lainnya. Bukan hanya kamu akan semakin pintar, kamu pun akan merasa lebih percaya diri dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan kelak. Maklum, sudah banyak referensi yang dibaca, sih.

  • Supaya tidak mendapatkan kegagalan di akhir dan membuat rasa percaya dirimu turun, selalu persiapkan dirimu dengan baik

Persiapkan dirimu dengan baik

Susah rasanya untuk mendapatkan rasa percaya diri kalau kamu tidak mempersiapkan diri dengan baik. Seakan, kamu menyerahkan dirimu begitu saja untuk mengalami kegagalan dan akibatnya, rasa percaya dirimu malah semakin menurun. Maka dari itu, demi mendapatkan kepercayaan diri, penting bagimu untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Ingat, keberuntungan tidak akan datang sembarangan. Ia hanya mau menghampirimu ketika kamu sepenuh hati melakukan persiapan.

Misalnya, 2 hari lagi kamu akan menghadapi Ujian Tengah Semester. Kalau kamu tidak belajar, kamu akan merasa grogi saat mengerjakan dan cemas berkepanjangan saat menunggu hasilnya. Tapi kalau kamu belajar secara tekun, kamu akan memiliki rasa percaya diri lebih untuk menyelesaikan seluruh soal dengan lancar. Materi ujiannya sudah dipahami dan dikuasai, sih. Tidak perlu grogi lagi melihat soal, apapun bentuk dan pertanyaannya. Bukan begitu?

  • Penampilan sangat berpengaruh pada rasa percaya diri. Kamu akan kaget menyadari bahwa pujian satu orang bisa membuatmu PD seharian.

Tampilan terbaikmu via lookbook.nu

Kalau ditanya kapan saat kamu paling percaya diri, mungkin hampir seluruh orang menjawab saat sedang tampil cantik atau tampan. Ya, penampilan yang baik memang berpengaruh sekali dalam meningkatkan rasa percaya diri.

Untuk itu, biasakanlah dirimu untuk selalu tampil dengan baik setiap harinya. Mulai dari mandi dengan bersih, menata rambut, memulas wajah dengan riasan sederhana, sampai mengenakan pakaian yang rapi dan modis. Setelah itu, patutlah dirimu lewat cermin dan yakini bahwa tampilan hari ini adalah yang terbaik.

  • Terakhir, jangan pernah luput untuk mengukir senyum. Energi positif yang ditimbulkan bisa membuatmu merasa lebih bahagia

Apapun yang kamu lakukan, tersenyumlah via huffingtonpost.com

Cara terakhir ini memang terdengar klise, tapi cukup berhasil untuk menaikkan rasa percaya dirimu. Senyum ini memiliki energi positif yang dapat memberikan perasaan bahagia, baik untuk dirimu maupun orang lain di sekitarmu. Untuk itu, ukirkanlah selalu senyum di wajahmu, mulai dari bangun tidur, beraktivitas, sampai tidur kembali. Karena hanya dengan senyum yang kecil, harimu bisa berjalan dan berubah menjadi lebih baik.

Sumber

1 Like

10 Cara Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

  • Berpakaian Dengan Baik
    Ketika Anda ingin untuk lebh percaya diri, perhatikan bagaimana cara Anda berpakaian. Ketika Anda telah terlihat baik, Anda akan cenderung lebih percaya diri. Hal ini akan memudahkan untuk berinteraksi dengan sesama dan tidak terganggu atau merasa canggung dengan penampilan Anda. Tidak harus menghabiskan banyak uang untuk membeli beberapa peralatan baru, tapi Anda bisa melakukan perubahan kecil yang akan menyebabkan terlihat berbeda. Memiliki modern haircut, memastikan bahwa baju telah cocok, memakai beberapa aksesoris yang baik dan pastikan Anda telah sedikit di poles.

  • Step Up the Pace
    Ketika Anda di tempat kerja, luangkan waktu untuk melihat orang-orang dan bagaimana mereka berjalan. Apakah cara mereka berjalan menggambarkan tentang mereka? Apakah mereka berjalan pelan dengan menundukkan kepala mereka? Atau mereka berjalan cepat dengan mendongakkan kepala mereka dengan senyuman di wajah? Anda dalam misi, untuk mengunjungi banyak tempat dan melihat orang-orang! Berjalan 25% lebih cepat dari biasanya dengan mendongakkan kepala dan menyebarkan energi Anda. Anda akan merasa lebih penting dan lebih percaya diri.

  • Melihat Postur Anda
    Dengan diskusi tentang cara berjalan di atas, cara membawa tubuh Anda menggambarkan ke orang lain bagaimana Anda merasakan diri sendiri. Anda bungkuk, bahu Anda merosot, dan terlihat lesu? Hal tesebut membuat Anda menujukkan ke orang lain bahwa Anda tidak memiliki kepercayaan diri yang baik. Untuk menanggulangi masalah itu, practice good posture. Duduk atau berdiri dengan mendongakkan kepala dan bahu tegak. Membuat eye contact dengan orang lain dengan friendly. Anda akan merasa lebih percaya diri dan lebih powerful.

  • Personal Advertisement
    Anggap Anda telah mengalami hari-hari yang buruk. Anda melakukan kesalahan pada presentasi besar, bos Anda tidak senang, dan Anda merasa seperti merangkak di bawah batu hingga akhir minggu. Apa yang Anda butuhkan adalah cara untuk meningkatkan rasa percaya diri jadi Anda dapat mengambil responbility untuk kesalahan dan membuat aksi untuk merubah kesalahan yang telah dibuat. Ini dimana Anda memerlukan sesorang untuk meningkatkan motivasi, Tetapi jika Anda tidak dapat mengandalkan orang lain untuk mengatakan apa yang Anda ingin dengar, Anda dapat melakukan itu sendiri.
    Anda harus memiliki personal advertising atau commercial yang ditulis tentang diri Anda. Ini dapat dilakukan dengan pidato singkat, yang menjelaskan dengan baik tentang diri Anda (diusahakan menjelaskan hal-hal yang baik tentang diri Anda). Ini dapat membantu Anda untuk mengingat walaupun Anda telah melakukan kesalahan, Anda tetap baik.

  • Practice Gratitute
    Fokus pada apa yang belum Anda miliki dan apa yang belum tercapai. Jika Anda fokus terhadap apa yang belum tercapai dapat melakukan list tentang kelemahan Anda sebagai alasan mengapa Anda belum bisa mencapai goals tersebut.
    Paling tidak menulis 5 hal setiap hari bahwa Anda merasa beruntung dan akan melakukan training diri Anda untuk tetap fokus pada hal positif dalam hidup Anda dan tentang diri Anda.

  • Pay People Compliments
    Ketika kita merasa buruk tentang diri kita, terkadang kita mencari cara untuk menyembuhkan cara itu dengan cara melakukan gossip dan menghina orang lain di belakang mereka. Cobalah untuk mengurangi melakukan gossip. Setiap orang mempunyai sesuatu yang baik tentang mereka, jadi fokus pada hal tersebut. Menolak untuk gossip tentang orang lain, dan lakukan penghormatan terhadap orang lain. Semakin banyak Anda melakukan penghormatan ke orang lain daripada melihat hal buruk dari mereka, akan lebih fokus untuk mengetahui hal-hal positif tentang diri Anda. Dengan melihat hal baik pada orang lain hal itu akan menunjukkan hal baik pada diri Anda.

  • Sit Up Front
    Jika di dalam dunia pekerjaan, duduk di bangku paling belakang menandakan rasa ketidaktertarikan dan memiliki kepercayaan diri yang rendah. Maka, duduklah di depan. Anda akan merasa lebih percaya diri dengan melakukan hal ini dan akan menyadari bahwa tidak ada yang harus dikhawatirkan. Dan ini akan menjadikan Anda terlihat di depan important people di dalam organisasi.

  • Speak Up
    Banyak orang yang nervous untuk berbicara di group dicussions. Mereka akan cenderung takut bila orang lain berkomentar tentang apa yang mereka katakan dan takut untuk telihat buruk atau bodoh.
    Buat ini sebagai tantangan untuk Anda. Putuskan bahwa Anda akan berbicara paling tidak satu kali setiap group discussion. Pada akhirnya akan merasakan hal ini semakin mudah. Anda akan meningkatkan public speaking dan akan merasa lebih percaya diri untuk membagikan opini dan ide-ide di depan orang lain.

  • Exercise
    Exercise tidak hanya menghilangkan stres, tapi dengan melakukan fitness adalah cara yang baik untuk merasakan hal baik tentang kemampuan Anda. Anda akan merasa lebih berenergi dan kemungkinan akan merasa lebih attractive. Hal-hal tersebut akan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

  • Fokus Pada Kontribusi
    Fokus pada kontribusi yang dapat Anda lakukan untuk organisasi atau orang lain. Ketika Anda dapat membantu orang lain, itu akan menyebabkan Anda sendiri merasa baik. Dari alasan di atas, fokus pada kontribusi akan membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Sumber Dari MTD Training & Ventus Publishing ApS

1 Like

Self confidence dalam bahasa indonesia diartikan sebagai kepercayaan diri . Untuk menjadi sesorang yang percaya diri dengan percaya pada dirinya sendiri dan kemampuan dalam dirinya sendiri . Seseorang yang percaya diri terbiasa siap untuk tantangan baru dan siap menghadapi situasi yang sulit.

Kepercayaan diri memberikan kontribusi terhadapat pengalaman sukses karena memberikan sebuah keyakinan kepada diri sendiri sehingga memacu diri untuk meraihnya , terkadang karena kurang adanya kepercayaan diri maka tidak ada keberanian untuk mengambil alih sesuatu.

Berikut adalah cara untuk meningkatkan kepercayaan dalam diri anda :

  1. Act the part
    Bahasa tubuh yang anda tunjukan dapat menunjukan keyakinan dalam diri anda dan mmenampilkan diri anda bahwa anda siap untuk menguasai atau mengambil alih situasi apapun. Bukan hanya itu orang disekitar anda pun akan terpengaruh dan orang lain akan memiliki kepercayaan terhadap anda.

  2. Dress the part
    Cara berpakaian yang anda tampilkan dan anda merasa lebih baik dan menjadi perhatian orang lain tentu akan membuat kepercayaan diri dan harga diri dalam diri anda meningkat.

  3. Speak Assertively
    Berbicara dengan tegas dan tigak agresif , mengatur pola nada yang baik dalam setiap ucapan entah dalam berbicara ataupun pidato bisa memberikan kesan kepercayaan diri yang ada dalam diri anda dan orang akan secara sendirinya akan mendengarkan dengan penuh perhatian terhadap ucapan anda . Dan anda pun akan merasa dianggap ada keberadaannya sehingga tanpa disadari rasa kepercayaan diri akan meningkat dengan sendirinya

  4. Think and act positively
    Menghindari diri dari pemikiran dan tindakan negatif menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan kepercayaan diri. Dengan pemikiran dan tindakan yang positive dapat menghasilkan energi positif pulang yang nantinya mengarah pada sebuah hasil yang psotif juga . Akan banyak senyuman dan tawa yang mengelilingi dan membuat diri anda merasa lebih baik .

  5. Take Action
    Mengambil sebuah tindakan atas apa yang anda ucapkan membuat anda lebih dipercaya orang - orang disekitar anda . akan merubah pemikiran bahwa anda hanya sekedar ucapan saja akan tetapi tidak ada tindakan nyatanya . Tindakan akan melahirkan keyakinan dan keberanian . Setelah banyak energi positif dalam diri anda makan kepercayaan diri anda akan bersinar sebagai sebuah kharisma diri.

  6. Be prepared
    Ketika berbicara persiapan berarti mengarah pada sebuah perencanaan. Semakin anda mempersiapkan dan merencakan sesuatu hal maka semakin percaya diri anda akan sesuatu hal yang anda hadapi entah menghadapi sebuah tantangan ataupun sebuah masalah yang akan dihadapi. Menurut Creighton - Williams Abrams Jr seorang US Army General " When eating an elephant take one bita at a time " . Dengan ketekunan dan kesabaran maka anda semakin dekat dengan kepercayaan dalam diri anda.

SUMBER :

5 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Percaya Diri

Percaya diri memberikan anda kekuatan untuk menaklukkan dunia. Dibawah ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan percaya diri anda.

Stay Away from Negativity and Bring on Positivity

Sekarang adalah waktu untuk menar-benar mengevaluasi inner circle anda, termasuk dengan teman-teman dan keluarga. Ini salah satu yang sulit, tapi ini adalah waktu yang serius untuk meninggalkan orang-orang yang membuat kepercayaan diri anda turun. Jadilah positif, bahkan jika kamu merasa itu belumlah cukup. Tempatkanlah semangat positif kedalam interaksi anda dengan orang lain, bersemangat untuk memulai project baru. Berhenti berfokus ke masalah yang ada dalam hidup anda, dan sebaliknya, mulailah focus pada solusi dan membuat perubahan positif.

Change your Body Language and Image

Ini saat dimana postur, senyum, kontak mata, dan cara bicara mulai bermain. Hanya perlu tindakan sederhana untuk memberikan kesan pada orang lain bahwa anda adalah orang yang percaya diri. Tersenyum tidak hanya membuat anda meraasa lebih baik, tetapi juga membuat orang lain merasa lebih nyaman berada didekat anda. Lihat kea rah orang yang anda ajak bicara, bukan ke sepatunya. Tetap lakukan kontak mata, karena itu menunjukkan kenyamanan. Terakhit berbicaralah dengan perlahan. Penelitian membuktikan bahwa mereka yang berbicara dengan lambat dan jelas lebih terasa percaya diri dan tampil lebih percaya diri di depan orang lain. Bonus yang didapat adalah orang lain mudah memahami apa yang anda bicarakan.
Pergilah ke suatu tempat yang berbeda danganti gaya rambut anda, bercukur dan berpakaian yang baik.ini tidak hanya akan membuat anda merasa nyaman dengan diri anda tetapi orang lain juga akan cenderung memandang anda sukses dan percaya diri dengan baik.

Don’t Accept Failure and Get Rid of the Negative Voices in Your Head
Jangan pernah menyerah. Jangan menerima kegagalan. Ini adalah solusi dari segala hal, jadi mengapa anda ingin menyerah? Buatlah ini sebagai mantra baru. Berhasil melalui kesulitan besar adalah salah satu peningkat kepercayaan diri yang besar.
Kepercayaan diri yang rendah sering disebabkan oleh pikiran negatif yang masuk ke pikiran. Jika anda terus menerus mengatakan bahwa anda tidaklah cukup baik, tidak menarik dan terus dan terus, maka anda malah menjadi seperti berkhotbah di dalam pikiran anda, dan itu tidak baik. Selanjutnya jika anda mendengar sesuatu yang negative di kepala anda, maka beralihlah segera ke pikiran positif dan tetap positif agar kepercayaan diri anda meningkat.

Be Prepared
Pelajari segala hal untuk mengetahui segala tentang bidang anda. Jika anda siap dan memiliki pengetahuan untuk kembali keatas, rasa percaya diri anda akan melambung tinggi.

For Tough Times, When All Else Fails: Create a great list
Hidup ini penuh dengan tantangan, dan ada saat dimana akan sulit untuk tetap mempertahankan percaya diri. Duduklah dan buat daftar apa saja hal yang membuat hidupmu berwarna dan daftar lain yang telah anda capai dengan bangga. Saat daftarmu sudah selesai, tempelkan mereka di pintu kulkas, tembok meja belajar, dan dimana saja yang bisa anda lihat dengan jelas dan sering. Ini akan membuat anda merasa bahwa anda adalah orang yang luar biasa. Jika kamu merasa rasa percaya diri anda berkurang, lihatlah daftar yang telah anda buat dan biarkan anda merasakan apa yang terinspirasi apa saja oleh anda.

Referensi: http://www.inc.com/peter-economy/5-powerful-ways-to-boost-your-confidence.html

Percaya diri merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan.Banyak orang yang sukses Karena ia memiliki rasa percaya diri. Akan tetapi masih banyak orang yang masih memiliki masalah pada rasa percaya diri.Berikut 8 tips untuk meningkatkan rasa percaya diri menurut Stan Popovich:

1.Know Your Weaknesses and Strenghts
Mengetahui Strenght dan weakness anda menjadi hal yang penting,untuk mengetahui hal apa saja yang anda kuasai. Setelah anda mengetahui kelemahan dan kekurangan pada diri anda,fokuslah pada hal-hal yang baik bagi anda,Karena itu akan meningkatkan rasa percaya diri pada anda.

2.Accept Your Self
Jangalah banyak mengeluh terhadap kekurangan anda.cobalah untuk menerimanya dan temukan cara untuk meningktatkan kehidupan anda.

3.Remember Your Successes
Selalu ingatkan anda pada prestasi yang sudah pernah anda dapatkan sebelumnnua.Sekecil apapun prestasi anda yang sudah pernah diraih itu akan berpengaruh terhadap rasa percaya diri anda,dari pada pada anda selalu terfokus pada bagian negative dari kehidupan anda.

4.Read Positive Affirmations
Pentingnaya membaca afirmasi positif dalam mengembangun rasa percaya diri anda. Bacalah afirmasi posti setiap hari dan renungkanlah apa yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki situasi anda.

5.Think About Future
Luangkan wakut anda untuk berfikir mengenai target yang akan diraih di masa yang akan datang.Tulislah target-target tersebut dan jadikanlah itu sebuah motivasi anda.

6.Create Goals
Tentukanlah tujuan yang ingin dicapai dan kemudian mengambil langkah-langkah kecil untuk mencapai tujuan tersebut. Pastikan tujuan yang anda tetapkan terkukur dan memonitor progress anda.Jangan pernah marah atau menyerah apabilah tujuan anda tidak tercapai.

7.Talk to Others
Berbicaralah dengan orang-orang sukses untuk mendapatkan perspektif yang lebih baik.Selain itu juga anda dapat belajar bagaimana menemukan cara untuk mengatasi hambatan dalam hidup anda.

8.Be Persistent
Jangan mudah menyerah dalam mencapai tujuan anda.Belajarlah dari kesalahan untuk memperbaiki situasi anda dan janganlah membuat alasan kenapa anda harus menyerah.

Sumber: http://www.huffingtonpost.com/stan-popovich/8-tips-on-how-to-improve-your-self-confidence_b_8021946.html

Bangkit dan Percayalah Pada Dirimu!

“Optimism is the faith that leads to achievement. Nothing can be done without hope and confidence.” -Helen Keller

Read more at: https://www.skillsyouneed.com/ps/confidence.html

Percaya diri sangatlah penting untukk dimiliki setiap diri orang. Percaya diri adalah rasa akan kemampuan dalam dirinya untuk melakukan sesuatu dengan baik dan positif. Dengan adanya rasa percaya diri yang baik pada diri seseorang maka hal itu akan berdampak kepada sesorang tersebut untuk lmelakukan sesuatu dengan baik. Orang yang tidak memiliki rasa percaya diri yang baik cenderung untuk tidak mempertunjukan apa yang dimilik oleh dia. Maka dari itu untuk meningkatkan rasa percaya diri berikut berupa langkah-langkah nya :

1. Planning and Preparation
Selalu bersiap dengan apa yang akan dikerjakan juga mampu meningkatkan rasa percaya dirimu. Ketika persiapanmu sudah baik maka apapun yang kemu kerjakan sudah kamu rencanakan dan membuat hasilnya akan jauh lebih baik. Hasil yang baik akan meningkatkan rasa percaya dirimu.

2. Learning, Knowledge, and Training
Beraksi akan lebih baik dibanding dengan hanya melihat saja dan mengatakan bahwa saya percaya pada diri sendiri. Ambilah tantangan-tantangan baru pada setiap harimu. Jangan terlalu banyak menghindar pada segala aktifitas yang menurutmu susah. Keluarlah dari zona nyamanmu!

3. Positive Tough and Act
Positif energi akan memancarkan tujuan positif terhadap apa yang sedang kita lakukan. Tunjukan lah kepada dunia sekitarmu bahwa senang dengan apa yang sedang kamu lakukan dengan menebar senyum kepada mereka. Hilangkan rasa sedihmu dan tingkatkan jiwa optimisme pada dirimu untuk menunujukan bahwa kamu adalah pribadi yang percaya diri. Nikmati setiap proses yang sedang kamu lakukan.

4. Be Assertively
Orang yang percaya diri maka dia akan berbicara dengan tegas dan memilik ritme tempo yang baik. Maka berusahalah untuk berbicara sebaik mungkin tanpa ada kesalahan atau bahkan terlalu banyak menggunakan ‘ummmmm’ disela pembicaraanmu. Tundalah sebentar bicaramu untuk berpikir dengan baik. Tegas dalam berbicara bukan berarti agresif! Ketegasan akan menunjukan juga bahwa kalian adalah pembicara yang baik dan sosok pemimpin yang dipandang. Berbicara lah dengan keyakinan yang kamu miliki.

Pemikiran akan diri sendiri adalah sesuatu yang sering dilupakan oleh banyak orang. Padahal pemikiran terhadap diri sendiri jauh lebih penting dibandingkan dengan memikirkan orang lain. Kenapa membangun sebuah kepercayaan terhadap diri sendiri itu sangat penting? berikut adalah beberapa alasan yang dikutip dari positivityblog

Life becomes simpler and lighter
Ketika kamu mencintai dirimu sendiri lebih dari sesuatu maka segala sesuatu yang sulit akan terasa mudah. Kamu akan lebih mempercayai diri sendiri

You’ll have more inner stability
Ketika kamu lebih mencintai dirimu sendiri, pemikiran mu akan terus meningkat dibandingkan dengan usahamu untuk berhenti melakukan sesuatu untuk mendapatkan hal yang lebih besar

Less self sabotage
Kebanyakan orang takut akan dirinya sendiri. Dengan meningkatkan dan menjaga diri harga diri maka kamu akan mereasa lebih layak untuk melakukan sesuatu dala kehidupan. Dan juga kamu akan sering mendapatkan motivasi sehingga mengurangi akan adanya sabotase terhadap diri sendiri

You’ll be more attractive in relation
Kamu akan merasa lebih stabil dalam menghadapi masalah masalah dan masa masa sulit yang kamu alami. Kamu akan menjadi orang yang sederhana dan akan punya lebih banyak pengalaman. Dengan begitu juga orang lain akan merasa tertarik dengan kehidupanmu

You’ll be happier
Ketika kamu merasa percaya dengan dirimu sendiri maka kamu pasti akan merasa jauh lebih bahagia

Berikut ada beberapa cara untuk meningkatkan rasa kepercayaan, diantaranya adalah :

1. Say Stop To Your Inner Critic
Setiap orang pasti memiliki kritik dalam batinnya masing masing. Hal ini yang akan memicu kamu untuk mengharapkan imbalan dari orang lain. Pada saat yang sama hal inilah yang akan menyeret dirimu jatuh ke bawah. Salah satu cara yang baik untuk melawannya adalah ketika pemikiran buruk datang pada diri kamu usahakan lah untuk selalu berkata tidak. Kemudian kembali fokus kepada pekerjaan mu

2. Use Healthier Motivation Habbit
Memotivasi diri sendiri dan berani untuk mengambil tindakan akan menciptakan motivasi yang sehat dalam diri kita. Selalu mencari sesuatu yang sederhana akan tetapi ampuh untuk memecahkan suatu masalah dalam kehidupanmu. Simpanlah hal hal sederhana tersebut di tempat yang selalu kamu bisa lihat. Dengan begitu kamu akan selalu ingat apa solusi solusi yang akan kamu kerjakan. Jangan lupa untuk selalu fokus terhadap segala sesuatu yang benar benar ingin kamu lakukan

3. Take 2 Minute Self Apreciation Break
Ini adalah suatu kebiasaan sederhana akan tetapi menyenangkan. Jika kamu menghabiskan 2 menit setiap hari selama satu bulan untuk beristirahat maka ini akan menciptakan perubahan yang besar di dalam dirimu sendiri. Dengan beristirahat seperti ini bukan hanya dapat merubah hdup kamu dalam jangka waktu panjang, akan tetapi juga dapat merubah suasana hati negatif di sekitar kembali lagi menjadi aura yang positif

4. Write Down 3 Things In The Evening That You an Appreciate Yourself
Menuliskan 3 hal kecil di setiap malam akan mampu membuat mu lebih mempunyai motivasi terhadap dirimu sendiri. Keuntungan yang akan kamu peroleh dari menulis kan 3 hal tersebut adalah ketika kamu membacanya setelah beberapa hari atau satu minggu maka kamu dapat melakukan perubahan sesuai dengan apa yang ada dalam pikiranmu. Hal tersebut juga bisa menjadi acuan bagi diri kamu untuk berubah ke arah yang lebih baik

5. Do The Right Thing
Ketika kamu melakukan sesuatu yang kamu anggap benar maka kepercayaan dala diri kamu akan meningkat. Hal ini memang tidak mudah untuk dilakukan, namun apabila kamu yakin dan fokus pada sesuatu yang kamu anggap benar maka hal ini akan terasa ringan untuk dilaksanakan. Salah satu tips untuk membuatnya jauh lebih mudah adalah melakukan hal kecil dengan konsisten di setiap paginya

6. Replace The Perfectionism
Perfectionist mampu melumpuhkan kamu dalam melakukan suatu tindakan, karena perfectionist akan membuatmu lebih takut untuk mengambil keputusan. Bisa juga ketika kamu sudah mengambil suatu tindakan akan tetapi kamu selalu merasa apa yang kamu kerjakan jauh dari ekspektasimu. Hal inilah yang harus dikurangi agar kepercayaan diri kamu jauh lebih meningkat

7. Handle Mistake And Failure In Positive Way
Jika kamu mencoba keluar dari zona zaman kamu dan melakukan sesuatu yang benar benar ingin kamu lakukan maka kamu akan menjumpai banyak halangan dan rintangan. Setiap orang sukses itu pasti banyak kesalahan kesalahan dan rintangan yang mereka temui sebelum sampai di titik kesuksesan tersebut. Langkah yang harus kamu lakukan adalah mengatasi setiap kesalahan ataupun rintangan yang kamu hadapi dengan cara yang postif. Selalu analisa apa yang harus dan akan kamu lakukan untuk mengahadapi permasalahan tersebut

8. Be Kinder Towards Other People
Ketika kamu ramah terhadap orang lain maka kamu akan cenderung untuk merawat dan memikirkan diri anda dengan cara yang ramah pula. Jadi kamu harus tetap selalu berbuat baik terhadap orang lain. Apapun yang kamu lakukan terhadap orang lain pasti akan memberikan efek yang sama terhadap diri kamu sendiri

9. Try Something New
Keitka kamu keluar dari zona nyaman kamu dan mau untuk melakukan sesuatu yang baru maka pemikiran dan kepercayaan yang ada di dala diri kamu sendiri akan meningkat. Tidak perlu melakukan hal besar dalam perubahan, meskipun kecil pasti akan memberikan dampak yang besar terhadap diri kamu sendiri. Ketika kamu mencoba keluar dari zona nyaman mu jangan berpikir untuk mendapatkan sesuatu, tapi berpikir bahwa kamu akan mencoba sesuatu. Dengan begitu hasil akan mengikuti dengan sendirinya sesuai dengan progress yang kamu lakukan

10. Stop Falling Into Comparison Trap
Ketika kamu sering membanding bandingkan kehidupan kamu dengan kehidupan orang lain maka hal tersebut yang akan membuat kehidupan mu jauh lebih menurun. Jadi bandingkan dirimu dengan dirimu sendiri, hal itu akan jauh lebih baik jika selalu melihat kepada kehidupan orang lain. Fokus pada apa yang akan lakukan, dengan begitu kamu akan termotivasi untuk meningkatkan kehidupanmu jauh lebih baik lagi

11. Spend More Time With Supportive People (and Less Time With Destructive People)
Perbanyak lah mengahabiskan waktu kamu dengan orang orang yang selalu berpikiran postif, dan kurangi untuk menghabiskan waktu dengan orang orang yang selalu berpikiran negatif, ataupun orang orang yang terlalu perfectionist dengan kehidupannya. Dengan begitu kamu akan selalu ingat dengan tujuan mu dan akan mendapatkan hal hal yang baru dari sharing pengalaman dengan orang yang selalu berpikiran positif

12. Remember The Whys Of High Self Esteem
Cara terbaik untuk memotivasi diri anda sendiri adalah dengan selalu mengingat apa alasan anda untuk melakukan suatu tindakan. Dengan begitu kamu akan termotivasi dan menjadikannya sebagai prioritas penting yang harus kamu capai. Lakukan hal hal yang sederhana namun tetap jaga bahwa hal yang sederhana ini memiliki alasan yang sangat kuat untuk kamu lakukan.

Kepercayaan diri sangat penting dalam kehidupan kita, begitu banyak orang yang berjuang untuk menemukan itu. orang-orang yang kurang percaya diri kesulitan untuk menjadi sukses.

Orang yang percaya diri dapat menginspirasi dan menjadi kepercayaan orang lain, rekan-rekan mereka, atasan mereka, pelanggan mereka, dan teman-teman mereka. Dan mendapatkan kepercayaan dari orang lain adalah salah satu cara utama di mana seseorang percaya diri lalu menemukan kesuksesan.

Kepercayaan diri benar-benar dapat dipelajari dan dibangun , Dan apakah Anda mengusahakan untuk membangun kepercayaan diri Anda sendiri atau membangun kepercayaan diri dari orang di sekitar Anda itu harus diusahakan.

Bagaimana agar percaya diri anda tampak?

Tingkat kepercayaan diri dapat ditampilkan dalam banyak cara mulai dari perilaku Anda, bahasa tubuh Anda, bagaimana Anda berbicara, apa yang Anda katakan, dan sebagainya.

Membangun Kepercayaan Diri
.
Langkah 1: Mempersiapkan Perjalanan Anda

  • Pikirkan tentang hidup Anda sejauh ini, dan daftarkan hal” terbaik yang pernah dicapai dalam prestasi kita." Mungkin Anda datang ketika tes penting atau ujian, memainkan peran tim penting, menghasilkan angka penjualan terbaik dalam periode, melakukan sesuatu yang membuat perbedaan penting dalam kehidupan orang lain, atau menyampaikan proyek penting. Masukan ini ke dalam dokumen penting, yang dapat Anda sering lihat.

  • Pikirkan Tentang Kekuatan Anda

Selanjutnya, menggunakan teknik seperti Analisis SWOT Tambahkan ke Rencana saya Belajar pribadi untuk melihat siapa dan di mana Anda berada. Melihat Prestasi Anda, dan merefleksikan kehidupan baru Anda, berpikir tentang apa yang teman-teman Anda akan mempertimbangkan untuk menjadi kekuatan dan kelemahan. Dari ini, berpikir tentang peluang dan ancaman yang Anda hadapi.

Pastikan bahwa Anda menikmati beberapa menit merefleksikan kekuatan Anda!

  • Mulai Mengelola Pikiran Anda

Pada tahap ini, Anda harus mulai mengelola pikiran Anda. Belajarlah untuk mengambil dan mengalahkan sisi negatif self-talk yang dapat merusak rasa percaya diri Anda. Tambahkan ke Rencana saya Belajar pribadi untuk mengetahui bagaimana melakukan ini

Langkah 2: Mengatur rencana

Ini adalah di mana Anda mulai bergerak ke arah tujuan Anda. Dengan melakukan hal yang benar, dan dimulai dengan hal kecil, dan mudah, Anda akan menempatkan diri pada jalan menuju sukses - dan mulai membangun rasa percaya diri yang akan datang.

  • Membangun pengetahuan Anda Harus Berhasil

Melihat tujuan Anda, mengidentifikasi keterampilan yang Anda akan perlu untuk mencapai mereka. Dan kemudian melihat bagaimana Anda dapat memperoleh keterampilan ini dengan penuh percaya diri dan baik. Jangan hanya menerima solusi samar, hanya baik-cukup-- mencari solusi, program atau kursus yang sepenuhnya melengkapi Anda untuk mencapai apa yang ingin Anda capai dan, idealnya, memberikan sertifikat atau kualifikasi Anda dapat dibanggakan dari.

  • Fokus pada Dasar

Ketika Anda mulai, jangan mencoba untuk melakukan apa pun pandai atau rumit. Dan tidak mencapai kesempurnaan - hanya menikmati melakukan hal-hal sederhana berhasil dan baik.

  • Tetapkan Tujuan Kecil, dan Raih hasilnya

Dimulai dengan gol yang sangat kecil Anda identifikasi pada langkah 1, dapatkan di kebiasaan pengaturan mereka, mencapai mereka, dan merayakan prestasi itu. Jangan membuat tujuan yang sangat menantang pada tahap ini, hanya biasakan mencapai mereka dan merayakan mereka. Dan, sedikit demi sedikit, mulai menumpuk keberhasilan!

  • Perlu Mengelola Pikiran Anda

Tetap pada berpikir positif, menjaga merayakan dan menikmati kesuksesan, dan menjaga mereka citra mental yang kuat. Anda juga dapat menggunakan teknik seperti harta Pemetaan Tambahkan ke Rencana saya Belajar pribadi untuk membuat visualisasi Anda lebih kuat!

Dan di sisi lain, belajar untuk menangani kegagalan. Menerima bahwa kesalahan terjadi ketika Anda mencoba sesuatu yang baru. Bahkan, jika Anda masuk ke dalam kebiasaan memperlakukan kesalahan sebagai pengalaman belajar, Anda dapat (hampir) mulai melihat mereka dalam cahaya yang positif. Setelah semua, ada banyak yang bisa dikatakan untuk mengatakan “jika tidak membunuh Anda, itu membuat Anda lebih kuat!”

Langkah 3: Mempercepat Menuju Sukses

Pada tahap ini, Anda akan merasa membangun kepercayaan diri Anda. Anda akan telah menyelesaikan beberapa kursus Anda mulai pada langkah 2, dan Anda akan memiliki banyak keberhasilan untuk merayakan!

Ini adalah waktu untuk memulai usaha sendiri. Membuat tujuan sedikit lebih besar, dan tantangan sedikit lebih keras. Meningkatkan ukuran komitmen Anda.

BAGAIMANA MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI

Jika anda ingin membangun sebuah kepercayaan diri, mulailah dengan 4 hal ini, yaitu tanamkan sikap yang baik, belajar menangani emosi, rawat dan cintai diri sendiri lalu yang terakhir adalah belajar untuk menentukan tujuan dan berani mengambil resiko. Dibawah ini terdapat uraian detail dari 4 hal tadi.


Bagian 1 : Menanamkan Sifat yang Baik

  1. Identifikasi pikiran-pikiran negatif. Pikiran negatif seperti : “Saya tidak bisa melakukan itu,” “Saya pasti akan gagal”, “tidak ada yang mau mendengar apa yang saya katakan”. suara hati pesimis seperti itu tidak akan membantu dan akan terus membuat anda sulit untuk mencapai kepercayaan diri.

  2. Mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif. Ketika Anda sudah bisa mengidentifakasi pikiran negatif, ubah menjadi pikiran positif dengan cara seperti “Saya akan mencobanya,” “Saya bisa sukses jika saya bekerja di situ,” atau “orang-orang akan mendengarkan saya.” Mulailah dengan berpikiran positif tiap hari sekecil apapun.

  3. Jangan biarkan pikiran negatif lebih sering terjadi daripada pikiran positif. Luangkan lebih banyak pikiran positif di otak anda. Semakin anda berpikiran positif, secara natural pikiran negatif akan hilang.

  4. Pertahankan hubungan yang positif dengan orang-orang yang dekat dengan Anda, apakah mereka keluarga atau teman.

  5. Menghilangkan hal-hal yang membuat anda ingat tentang hal-hal negatif. Menghindari menghabiskan waktu dengan hal-hal yang dapat membuat anda merasa buruk tentang diri Anda.

  6. Identifikasi bakat anda. Setiap orang mempunyai kelebihan pada sesuatu, sehingga temukan hal-hal anda kuasai dengan baik dan kemudian fokus pada bakat anda. Hal tersebut penting adanya. Berikan diri Anda rasa bangga akan bakat yang anda miliki. Ekspresikan diri Anda, apakah itu melalui seni, musik, menulis, atau menari.

  7. Bangga pada diri sendiri. Tidak hanya harus merasa bangga dengan bakat atau keterampilan anda, tetapi Anda juga harus berpikir tentang hal-hal yang membuat kepribadian Anda hebat. Seperti rasa humor, rasa kasih sayang, kemampuan anda mendengarkan, atau kemampuan Anda untuk mengatasi stres. Anda mungkin tidak berpikir bahwa ada sesuatu tentang kepribadian Anda layak mengagumi, tetapi jika Anda menggali lebih dalam, Anda akan menyadari bahwa Anda memiliki banyak kualitas yang mengagumkan.

  8. Terima pujian dengan bersahaja. Banyak orang dengan harga diri yang rendah mengalami kesulitan menanggapi pujian; anggapan bahwa orang memuji dirinya itu hanyalah kekeliruan atau omong kosong belaka. Bercermin lah, katakan di dalam hati, bahwa anda bisa, anda cocok dengan pujian tersebut dan layak mendapatkan nya. Balas pujian dengan sikap yang bersahaja.

  9. Lihatlah cermin dan tersenyum. Dengan melihat di cermin dan tersenyum setiap hari, Anda mungkin merasa bahagia dengan diri sendiri dan lebih percaya diri dalam jangka panjang. Ini juga akan membantu Anda merasa lebih bahagia tentang penampilan Anda, dan merubah pandangan mu terhadap diri anda sendiri.


Bagian 2 : Mengatasi Rasa Emosi

  1. Jadikanlah rasa takut sebagai teman. Mungkin banyak orang berpikir, orang yang percaya diri tidak punya rasa takut sama sekali. Hal itu tidak sepenuhnya benar. Rasa takut adalah bawaan dari lahir tiap-tiap individu. Mereka hanya membuat rasa takut itu bukan sebuah halangan, namun nilai tambahan.

  2. Sabarlah dengan diri sendiri. Terkadang anda berjalan mundur untuk bergerak maju. Mendapatkan kepercayaan diri tidak bisa dilakukan semudah membalikkan tangan. Mungkin anda akan mencoba hal-hal baru dan gagal. Lihat dan pelajari apa kesalahan anda. Gagal adalah sebuah keuntungan untuk melihat diri anda sendiri. Belajar tentang diri anda sendiri. Kepercayaan diri perlu ditumbuhkan perlahan-lahan, seiring berjalan nya waktu.

  3. Jadilah seimbang. Seperti kebanyakan hal di kehidupan, membangun kepercayaan diri termasuk juga menjaga keseimbangan antar satu dengan yang lain. Jangan terlalu percaya diri, yang akan menuntun anda menjadi orang angkuh. Penting juga untuk berpikir realistis, yang menghindarkan anda dari hal-hal yang tidak efisien.

  4. Berhenti membanding-bandingkan anda dengan yang lain. Jika ingin membangun sebuah kepercayaan diri, anda perlu fokus kepada bagaimana mengembangkan diri anda sendiri. Untuk menjadi hebat. Jangan membuat hidup anda seperti orang lain, yang anda bandingkan.

  5. Bangkit dari kesalahan dan kegagalan.

  6. Hindari menjadi perfeksionis. Sifat perfeksionis melumpuhkan dan menjauhkan anda dari apa yang ingin anda capai. Jika anda beranggapan bahwa semua harus di kerjakan secara sempurna, maka anda tidak akan pernah benar-benar bahagia

  7. Bersyukur. Duduk dan berpikirlah sejenak mengenai semua hal yang telah terjadi, semua hal yang telah anda lalui patut disyukuri. Sehingga anda akan merasa nyaman dan tenang.


Bagian 3 : Rawat dan Cintai Diri Sendiri

  1. Rawatlah diri anda sendiri. Banyak cara untuk merawat diri sendiri. Baik jasmani maupun rohani. Dengan melakukan hal ini, pikiran anda akan fresh, dan berdampak pada kepercayaan diri anda.

  2. Mandi secara teratur. Sehingga menjadikan anda lebih percaya diri. Pikiran anda akan terbiasa akan betapa penting nya setiap hal yang ada di tubuh anda.

  3. Olahraga secara teratur. Lakukan olahraga kecil-kecil an. Tidak perlu yang menguras energi.

  4. Tidur yang cukup. Hal ini dapat membantu anda dalam mendapatkan sikap positif dan energi yang lebih. Menekan stress dan menjaga emosi.


Bagian 4 : Belajar Menentukan Tujuan dan Berani Mengambil Resiko

  1. Tentukan arah dan tujuan. Mulailah dari hal yang kecil terlebih dahulu. Yang penting di dalam hal ini adalah tindakan pertama. Jangan terlalu ambisius, yang mengakibatkan kegagalan dan berujung pada runtuh nya kepercayaan diri.

  2. Rangkul hal-hal yang tidak terduga. Orang-orang yang kurang percaya diri khawatir bahwa mereka tidak akan pernah berhasil dalam situasi tak terduga. Nah, saatnya untuk berhenti meragukan diri sendiri dan mencoba sesuatu yang benar-benar baru, tidak diketahui, dan berbeda. Apakah Anda sedang bepergian ke negara baru dengan teman-teman, dsb. Jika Anda menemukan bahwa Anda dapat berhasil bahkan dalam situasi Anda yang tidak terduga, maka rasa percaya diri Anda akan bertambah.

  3. Address your perceived areas for improvement. There may be some things that you don’t like about yourself that you simply cannot change, such as your height or the texture of your hair. However, there are likely many things that you view as weaknesses that you can address with a bit of dedication and hard work.

  4. Tutupi kekurangan dengan kelebihan.

  5. Bantulah orang lain yang membutuhkan. Tindakan membantu tidak hanya akan menguntungkan orang lain, tapi itu akan membangun kepercayaan diri karena Anda akan melihat bahwa anda sangatlah berguna.

10 cara untuk lebih percaya diri

salah satu hambatan ketika kita bertemu orang lain adalah rasa percaya diri. mengembangkan rasa percaya diri memang sulit berikut tips untuk lebih percaya diri ketika kita berhadapan dengan orang banyak.


  1. memiliki keyakinan diri
    sebagai seorang muslim, jika kamu percaya bahkan pada sesuatu yang kecil, maka akan berdampak besar pada rasa percaya diri yang kamu miliki. langkah pertama adalah mengambangkan pola pikir yang positif dan keyakinan bahwa anda dapat melakukan itu dengan bantuan Allah SWT.

  2. menggunakan bahasa yang positif
    jika kamu cenderung menggunakan kalimat ‘tidak bisa’ atau ‘tidak yakin’ maka anda membatasi diri anda. sebaiknya ubah kalimat anda menjadi ‘saya bisa melakukan ini’, ‘saya mampu …’ sebagai kalimat positif yang dapat memberikan keyakinan.

  3. buang pemikiran negatif
    jangan sampai pikiran anda dipenuhi oleh kata-kata negatif, karena itu dapat menyebabkan rasa percaya diri anda berkurang.

  4. tulis kekuatan anda
    ini adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk meningkatkan rasa percaya diri. gunakan daftar kekuatan ini untuk memotivasi anda pada tugas atau pekerjaan anda.

  5. read up your confidence
    beberapa orang mungkin tidak dilahirkan dengan perasaan percaya diri. ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar dapat menumbuhkan rasa percaya diri misalnya dengan banyak membaca artikel tentang bagaimana menumbuhkan rasa percaya diri

  6. menerima pujian
    pujian yang baik dapat menjadi dorongan terutama ketika pujian itu berasal dari orang-orang yang kita hormati dapat meningkatkan rasa percaya diri.

  7. Pursue something you are good at

  8. berinteraksi dengan sesama muslim
    bertemu dengan orang lain selalu menjadi tes kepercayaan diri, karena akan membawa kita keluar dari zona nyaman. tetapi cara seperti ini juga bagus untuk menambah rasa percaya diri.

  9. Be independent
    mampu melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain adalah dorongan semangat dan rasa percaya diri.

  10. membuat doa yang spesial
    doa dapat memberikan kekuatan untuk menjadi seorang muslim yang percaya diri dan produktif


sumber http://productivemuslim.com/sisters-self-confidence/

6 Hal Esensial dalam Cara Membentuk Kepercayaan Diri

by Hendrik Edberg


Kepercayaan diri adalah hal yang paling umum yang sering di rasakan di berbagai situasi kehidupan ini. Namun pertanyaannya adalah bagaimana. Sering kali kita mudah dalam mengucapkan “PD lah, pd aja” tapi terkadang untuk beberapa orang itu tidak akan manjur.

Hal berikut ini dapat membantu untuk meningkatkan dan menyeimbangkan level kepercayaan diri kita.

1. Ambil langkah nyata dan sudahi.
Jangan ragu dalam melangkah untuk setiap keputusannya yang akan di ambil, cobalah untuk mengerjakan sesuatu dan selesaikanlah. Tekankan kepada diri sendiri bahwa kita benar-benar menginginkannya. Setelah itu jangan bersedih atau murung, cerialah itu akan membantu. Yang terakhir be present, sadar dimana diri sendiri berada sehingga tidak terhalang dengan hambatan yang di depan akan bertahap menyelesaikan masalah yang ada sekarang dan seterusnya.

2. Hadapi ketakutanmu
Jangan takut dengan apa yang kau takutin, Cobalah untuk lebih ingin tahu tentang hal-hal yang baru, sehingga kita akan terus mencari hal-hal disekitar kita. Mulai sadarlah jika ketakutan itu adalah penghambat bagi kita sendiri. Terkadang takut itu baik sehingga kita terpacu namun jika kita terlalu takut menjadikan kita takut untuk mengambil langkah tersebut.

3. Memahami secara urut hal-hal yang akan terjadi
Dengan situasi yang berbeda di tiap waktunya kita harus dapat memprediksi hal-hal yang akan terjadi sehingga kita dapat mempersiapkan segala hal yang dapat membantu kita ketika hal tersebut terjadi.

4. Bersiaplah
Jangan lupa untuk menyiapkan diri anda. Dengan anda bersiap anda dapat nyaman dan percaya tentang apa yang akan di hadapi.

5. Sadarlah jika anda gagal atau salah itu tidak akan membunuhmu
Dengan salah atau gagal maka bersenanglah dengan itu kita bisa belajar, mendapatkan pengalaman untuk mendapatkannya dengan cara lain dan kesempatan sukses kita lebih besar lagi.

6. Cari tahu dirimu sendiri
Cari tahu apa yang kamu inginkan di hidup ini dan pahami dirimu lebih dalam lagi. Sehingga kamu bisa tau lebih tentang dirimu yang membantumu untuk tau bagaimana treatment yang akan kamu berikan kepada dirimu sendiri.

1. Jauhi Negatif Dan Membawa Pada Hal Yang Positif
Ini adalah waktu untuk benar-benar mengevaluasi diri kita, termasuk teman-teman dan keluarga. Ini adalah salah satu yang sulit, tapi saatnya untuk serius mempertimbangkan pergi dari orang-orang yang menempatkan kita merusak rasa percaya diri kita. Jadilah positif, bahkan jika kita belum merasa cukup. Taruhlah beberapa keyakinan yang positif ke dalam interaksi antara kita dengan orang lain dan bersemangat untuk memulai proyek berikutnya. Berhenti berfokus pada masalah dalam hidup kita dan sebaliknya mulai fokus pada solusi dan membuat perubahan positif.

2. Mengubah Bahasa Tubuh Kita
Di sinilah postur, tersenyum, kontak mata, dan pidato perlahan ikut bermain. Hanya tindakan sederhana menaikan bahu untuk kembali memberikan orang lain kesan bahwa Anda adalah orang yang percaya diri. Tersenyum tidak hanya akan membuat kita merasa lebih baik, tetapi akan membuat orang lain merasa lebih nyaman di sekitar kita. Bayangkan seseorang dengan postur yang baik dan senyum dan kita akan membayangkan seseorang yang percaya diri.

3. Jangan Menerima Kegagalan Dan Menyingkirkan Suara-Suara Negatif Di Pikiran Kita
Jangan menyerah. Tidak pernah menerima kegagalan. Ada solusi untuk segala sesuatu, jadi mengapa kita ingin menyerah? Jadikan ini mantra baru kita. Berhasil melewati kesulitan besar adalah booster percaya diri besar. Rendah kepercayaan diri sering disebabkan oleh pikiran negatif berjalan melalui pikiran kita pada jalur yang tak ada habisnya.

4. Bersiaplah
Mempelajari segala sesuatu yang perlu dipahami tentang bidang kita, pekerjaan, presentasi hingga apa pun yang berikutnya pada daftar “untuk menaklukkan”. Jika kita siap, dan memiliki pengetahuan untuk kembali ke atas, rasa percaya diri kita akan melambung.

5. Untuk Masa-Masa Sulit, Ketika Semuanya Gagal: Buat Daftar Besar
Hidup ini penuh tantangan dan ada saat-saat sulit untuk menjaga kepercayaan diri kita up. Duduklah sekarang dan membuat daftar semua hal dalam hidup kita yang patut di syukuri, dan daftar lain dari semua hal yang kita banggakan akan tercapai. Setelah daftar besar selesai kita buat, taruhlah di pintu kulkas, di dinding, di meja, di cermin kamar mandi, bahkan suatu tempat di mana kita dapat dengan mudah melihat dan diingatkan tentang apa kehidupan yang menakjubkan yang kita tulis di daftar besar. Jika kita merasa percaya diri Anda berkurang, lihatlah daftar tersebut dan biarkan diri kita merasa dan terinspirasi lagi oleh daftar besar yang telah kita buat.

Sumber : http://www.inc.com/peter-economy/5-powerful-ways-to-boost-your-confidence.html

Berikut adalah 10 Alasan yang Percaya Diri Menghasilkan kesuksesan:

  1. Memulai hal baru
    Orang yang percaya diri mulai hal. Mereka tidak malu mencolok pada ide baru bahkan ketika orang di sekitar mereka masih memikirkan hal itu.

  2. Kemampuan untuk berdiri Sendiri
    Keyakinan memungkinkan Anda untuk berdiri sendiri secara adil dan konsisten. Jika tidak, Anda mungkin menemukan diri Anda terdengar atau diperlakukan tidak adil.

  3. Kemampuan untuk Say No
    Orang yang percaya diri memiliki kemampuan untuk mengatakan “Tidak” jika memang tidak sesuai. Mereka tidak mengambil pekerjaan yang tidak perlu atau tidak pantas atau kewajiban.

  4. Kemampuan untuk Say Yes
    Dan pada saat yang sama, orang percaya diri mengatakan “Ya” untuk kesempatan. Mereka tidak melewatkan pilihan baru karena mereka malu.

  5. Keyakinan Mengatasi Takut
    Kurang percaya diri dapat menyebabkan kelumpuhan dari rasa takut. Takut gagal. Takut apa yang dipikirkan orang lain. Takut yang tidak diketahui. Untuk berhasil, Anda perlu kepercayaan diri untuk menghadapi dan mengatasi ketakutan Anda.

  6. Mengatur semangat yang tinggi
    Orang yang percaya diri mengatur semangat dan tujuan yang tinggi. Kurangnya kepercayaan mengarah ke tujuan yang lemah dan hasil yang biasa-biasa saja.

  7. Hilangkan batasan anda
    Keyakinan memungkinkan Anda tau batasan yang anda punya. Dengan menghilangkan batasan atau kekurangan anda, anda bisa menjadikan diri anda memberikan hasil positif untuk orang lain.

  8. Keyakinan Minta Pertanyaan
    Keyakinan memungkinkan Anda untuk mengajukan pertanyaan, bahkan ketika orang lain diam.

  9. Percaya untuk menang
    Orang yang percaya diri percaya pada kesuksesan. Dan yang lebih penting, mereka percaya pada kemampuan mereka untuk berhasil.

  10. Percaya Sendiri
    Percaya diri berarti percaya pada diri sendiri. Henry Ford mengatakan, “Apakah Anda pikir Anda bisa, atau Anda pikir Anda tidak bisa -. Anda benar”.

Referensi : https://timemanagementninja.com/2012/07/10-reasons-why-confidence-leads-to-success/

Cara Jadi Lebih Percaya Diri
Beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk menumbuhkan atau meningkatkan kepercayaan diri dapat kalian baca melalui pembahasan dibawah ini :

  1. Yang pertama RILEKS, TENANG dan FOKUS
    cara mudah untuk meningkatkan kepercayaan diri juga dapat dilakukan dengan membuat diri kalian merasa rileks, tenang serta fokus. Perasaan rileks dapat memberikan ketenangan tersendiri pada diri kalian. Ketenangan yang muncul tersebut akan berfungsi menghilangkan rasa takut atau gugup yang kalian rasakan.

  2. SENYUM
    Ketika kalian merasa gugup atau minder, maka cara pertama yang dapat kalian lakukan adalah tersenyum. Dengan tersenyum setidaknya kalian sudah berusaha untuk menutupi kegugupan yang nampak melalui raut wajah.
    Dimana tersenyum sangat berkaitan erat dengan perasaan yang positif, bukan hanya sekedar ketika sedang merasa bahagia saja kalian harus tersenyum. Tersenyum tidak hanya sekedar untuk menunjukkan ekspresi yang ada di wajah kalian.

  3. KONTAK MATA
    Sama halnya seperti tersenyum, kontak mata juga sangat berhuna untuk menungkatkan kepercayaan diri. Kontak mata dapat membantu kalian untuk menghilangkan perasaan minder atau takut ketika kalian sedang berbicara di hadapan umum maupun lawan bicara kalian sendiri.
    Rasa gugup dan takut biasanya muncul akibat dari stress ataupun sesuatu yang dianggap asing. bahkan kondisi ini memang sulit dikendalikan. Dengan kontak mata dapat membantu kalian untuk menarik minat dari lawan bicara.

Itulah beberapa cara mudah dan efektif yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Pada dasarnya memang bagi sebagian orang, untuk meningkatkan kepercayaan diri membutuhkan waktu cukup lama.
Akan tetapi, jika kalian bersedia untuk terus mencoba dan mempraktekannya maka kalian juga akan lebih cepat memperoleh hasilnya. Membaur dengan teman-teman baru atau sekedar nongkrong dengan rekan kalian.

sumber https://www.charismaoncommand.com/how-to-be-more-confident/

Untuk mendapatkan dan atau meningkatkan rasa percaya diri dalam diri Anda, Anda bisa mencoba beberapa cara meningkatkan rasa percaya diri berikut :

  1. Sadari bakat
    Cara meningkatkan rasa percaya diri yang pertama adalah sadari bakat. Semua orang memilikinya. Telaah apa bakat Anda, bisa jadi hal itu terselip pada hobi yang Anda jalani sekarang. Salah satu kesalahan orang, hampir semua orang, adalah tidak mengenali bakat mereka. Kita tahu bahwa semua orang punya kelemahan, tetapi semua orang juga punya kelebihan. Jalan hidup masing-masing orang berbeda dan hal itulah yang membuat setiap orang tidak sama.
    Cara pertama mengumpulkan rasa percaya diri adalah dengan mengenali diri sendiri. Apa kelebihan dan kelemahanku? Apa yang aku suka? Apa yang aku cepat pelajari? Pertanyaan-pertanyaan semacam ini akan membuat orang bisa menilai diri, mengidentifikasi nilai plus dan minus, dan mengembangkan hal positif dalam dirinya.

  2. Kembangkan bakat yang Anda sudah sadari
    Tidak merasa punya bakat? Kalau begitu cobalah fokus mengembangkan hobi yang sekarang Anda lakukan!. Mengidentifikasi apa yang menjadi kelebihan atau bakat adalah masalah bagi sebagian orang. Sulit untuk menilai mana yang menjadi bakat atau kelebihan yang bisa dioptimalkan. Padahal, hal ini bisa tercermin secara mudah, misalnya lewat keseharian.
    Perhatikan apa yang Anda sukai dan Anda lakukan secara intens. Perlahan identifikasi dan sadari apa saja yang Anda lakukan dengan senang hati meskipun harus menyita waktu atau tenaga Anda. Satu atau dua hal tersebut bisa jadi bakat atau minat Anda. Dua-duanya merupakan poin penting yang bisa Anda kembangkan. Sebagai contoh, Anda mungkin tidak keberatan untuk menulis sebuah cerita panjang atau hobi membaca berita dan mengikuti sebuah kasus sembari menelaahnya. Ini bisa jadi sebuah contoh bakat (menulis, atau sebagai detektif). Hal-hal sederhana seperti ini pun bisa menjadi suatu hal positif yang wajib dikembangkan. Untuk apa? Tentunya untuk menumbuhkan rasa percaya diri tersebut.

  3. Belajar berpikir positif
    Tidak ada keuntungan dari berpikir negatif. Memikirkan hal yang buruk hanya akan membuang waktu. Berpikir negatif atau pesimis sama sekali tidak membantu masalah yang kita hadapi, malah justru memperkeruhnya. Akibatnya, bukannya mendapatkan pencerahan atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi, kita justru menghadapi fase di mana kita dipenuhi pikiran tentang khayalan buruk yang mungkin terjadi — padahal belum tentu, bahkan mustahil untuk terjadi!

  4. Menilai diri sendiri memang bukan hal yang mudah, tetapi juga bukan berarti tidak mungkin
    Pekerjaan menilai diri sendiri secara real dan apa adanya bukan hal yang mudah. Bahkan untuk menilai orang lain pun kita masih dipengaruhi oleh persepsi. Persepsi membuat kita melahirkan penilaian yang bias, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Meski kelihatannya sulit, tak berarti ini hal yang mustahil. Bahkan, semua orang perlu memiliki kemampuan ini: mampu menilai diri sendiri, sehingga tidak mudah mencap dan menilai orang lain tanpa mengenali posisi dirinya sendiri. Buat daftar pencapaian kecil-kecilan yang nantinya akan digunakan sebagai tolok ukur perubahan diri.

  5. Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain
    Kekurangan yang dimiliki oleh hampir semua orang adalah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Melihat dan menilai orang lain tentu merupakan pekerjaan yang jauh lebih mudah dibandingkan harus menilai diri sendiri. Sayangnya, penilaian tersebut kerap kali tidak melihat keseluruhan perjalanan hidup orang lain tersebut dan kerap kali yang terlihat adalah bagian terbaiknya saja. Akibatnya, kita seringkali memberikan nilai yang sangat bagus bagi orang lain, namun tidak bagi diri kita sendiri. Semua orang memiliki jalan hidupnya masing-masing.

  6. Jangan mau hidup bagai katak dalam tempurung
    Rasa percaya diri bisa muncul ketika kita memiliki pengetahuan yang luas. Kita menjadi pribadi yang tidak mudah terpengaruh karena pemikiran kita realistis. Maka dari itu, untuk mendukung pertumbuhan rasa percaya diri dalam diri kita, jangan malas untuk memperluas wawasan. Perluas wawasan dengan membaca buku, berita, atau berkenalan dengan orang-orang baru.

  7. Percaya atau tidak, penampilan juga memengaruhi kadar rasa percaya diri seseorang
    Cara meningkatkan rasa percaya diri lainnya adalah memperbaiki penampilan. Selain mempersiapkan diri dari dalam untuk memupuk rasa percaya diri itu, penting bagi kita untuk menata diri dari luar agar tetap mampu percaya diri. Berpenampilan menarik dan tepat adalah kuncinya. Ketahui momen-momen tertentu di mana Anda harus berpenampilan seperti apa. Jangan sampai salah kostum. Misalkan Anda sedang mempersiapkan presentasi, maka usahakan Anda berpenampilan se-sesuai mungkin: setelan rapi dengan warna netral dan riasan yang tidak berlebihan.

  8. Belajar untuk mensyukuri apa yang Anda punya sekarang
    Rasa percaya diri juga bisa muncul dari kebiasaan bersyukur. Hal ini bisa jadi salah satu kunci untuk memiliki pribadi yang penuh percaya diri. Mengapa? Jika kita tidak bersyukur, kita akan selalu menganggap orang lain jauh lebih baik, lebih memiliki apa yang kita inginkan, dan cenderung kita pandang sempurna. Padahal hal itu bisa jadi pandangan yang salah. Imbasnya, kita melihat diri kita sebagai pribadi yang serba kekurangan, kita melupakan apa yang menjadi kelebihan kita. Lantas, kita menjadi tidak percaya dengan diri kita sendiri. Jika sudah begitu, bagaimana kita bisa meningkatkan rasa percaya diri?

  9. Praktikkan! Jangan jadikan segala tips adalah teori belaka
    Dari semua panduan mendapatkan rasa percaya diri tersebut, tidak akan ada hasilnya ketika kita tidak mempraktikkannya. Lakukan! Mulai dari hal yang termudah. Semuanya percuma kalau tidak ada eksekusi. Jangan merasa selalu tidak bisa, cobalah! Perubahan apapun selalu terasa sulit di bagian awal karena pada fase ini kita mencoba untuk meninggalkan zona nyaman kita. Maka, jangan ragu untuk meminta dukungan dari orang-orang yang kita percaya. Bulatkan tekad untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik tidak hanya bisa dilakukan sendiri, memang, tetapi juga berkat support dari orang lain dan motivasi untuk tidak terjebak pada pribadi yang selalu kita nilai kurang ini.

  10. Jangan tinggalkan Tuhan
    Terakhir, jangan lupakan Tuhan. Bagaimana pun, segala usaha Anda harus pasrah kepada Tuhan. Semua keberhasilan kita adalah hasil campur tangan Tuhan bagaimana pun Tuhan berproses dalam hidup kita. Sesedikit apapun hasil yang sudah kita capai akan lebih berarti ketika kita bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas bimbingan Tuhan, termasuk ketika berhasil meningkatkan rasa percaya diri itu.