Bagaimana Caranya Meningkatkan Rasa Percaya Diri?

percaya diri

Percaya Diri (Self Confidence) – kemampuan untuk mengembangkan dan mengatur kekuatan diri sendiri berdasarkan hasrat untuk sukses; kepercayaan seseorang bahwa dirinya memiliki kecakapan untuk meraih sukses.

Bagaimana caranya meningkatkan rasa percaya diri?

3 Likes

Beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatan rasa percaya diri kita antara lain :

1. Lihat apa Yang anda sudah capai.
Sangat mudah kehilangan kepercayaan diri jika kita merasa belum mencapai apa-apa dalam hidup kita. Fokus lah pada apa yag telah anda lakuan, besar ataun kecil itu dapat membantu anda mendapat pandangan tentang kemampuan yang anda miliki.

2. Pikirkan hal-hal yang anda mahir dalam melakukannya.
Mengetahui apa yang anda dapat lakukan dengan baik dan mencoba untuk membangun atau meningkatkannya akan menjadi cara yang sangat berguna untuk membagun rasa percaya diri dalam kemampuan anda sendiri.

3. Tetapkan tujuan.
Menetapkan beberapa tujuan dan berusaha untuk mencapainya. Dengan membuktikan kepada diri sendiri bahwa Anda bisa mencapai tujuan tersebut, kepercayaan diri Anda akan meningkat. Tidak harus tujuan besar; Anda dapat memulai dengan hal-hal kecil seperti membuat kue atau hal-hal lainnya.

4. Bicara dengan diri sendri
Jika anda sering mendapatkan komentar negative yang mempengaruhi diri anda, bicaralah pada diri sendiri untuk mempengaruhi kepercayaan diri anda dengan mencari hal-hal baik yang ada dalam diri anda.

5. Cari hobi.
Cobalah untuk mebemukan sesuatu yang membuat anda bergairah dalam melakukannya. Seperti bermain sepak bola atau mendaki gunung. Pikirkanlah tentang beberapa hal yang anda tertarik dalam melakukannya. Melakukan hal yang anda sukai dapat membantu anda untuk menemukan sesuatu yang anda kuasai, dengan begitu akan dapat menimbulkan hal yang baik dan meningkatkan kepercayaan diri anda.

5 Likes

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri anda dalam jangka panjang, namun terkadang kita juga memerlukan langkah-langkah meningkatkan rasa percaya diri dalam waktu singkat. Anda rasanya tak bisa berjalan menuju sebuah pertemuan penting sambil membaca buku panduan mengenai kepercayaan diri, atau menelepon mentor anda pada menit-menit terakhir.

Jadi dibawah ini saya mencoba mensharingkan kepada anda beberapa tips yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dengan cepat dalam hitungan detik.

10 Cara Instan Meningkatkan Rasa Percaya Diri

1. Tersenyum

Tersenyum merupakan tips 1 detik jika anda merasa gugup dan tidak percaya diri. Anda tidak hanya tersenyum jika anda merasa senang dan percaya diri, sebaliknya anda bisa tersenyum untuk membuat diri anda merasa lebih baik. Tersenyum berhubungan erat dengan perasaan positif sehingga hampir tidak mungkin anda merasa tidak enak ketika anda tersenyum.

Tersenyum lebih dari sekedar menunjukkan ekspresi pada wajah anda. Tersenyum melepaskan hormon endorphin yang membuat anda merasa lebih baik, meningkatkan sirkulasi darah di wajah anda, membuat anda merasa nyaman dengan diri anda sendiri dan tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri anda. Anda juga akan tampak lebih percaya diri di hadapan orang lain ketika anda tersenyum.

2. Tatap Mata Lawan Bicara Anda

Sama halnya dengan tersenyum, tataplah mata semua orang di dalam ruangan. Berikan senyum anda dan dapat dipastikan mereka akan membalas senyuman anda; dan senyum yang diberikan orang lain dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dengan cepat. Sama halnya dengan tersenyum, kontak mata menunjukkan bahwa anda percaya diri. Menatap sepatu anda atau meja mendorong perasaan anda menjadi ragu-ragu dan malu. Tips ini sangat berguna untuk situasi kerja; buatlah kontak mata dengan orang yang mewawancarai anda, atau orang-orang yang menghadiri presentasi anda.

“Kontak mata membantu anda untuk menghilangkan rasa takut jika anda sedang berbicara di depan umum dan semakin mendekatkan anda dengan lawan bicara anda. Stress merupakan perasaan yang datang dari sesuatu yang asing dan tidak dapat dikendalikan. Kontak mata memberikan pembicara gambaran dari kenyataan yang tidak lain adalah lawan bicara itu sendiri. Kontak mata juga membantu menarik minat lawan bicara anda.” (Confident Eye Contact, Unlimited Confidence)

3. Ubahlah Suara Dalam Diri Anda

Kebanyakan dari kita memiliki suara dalam diri yang mengatakan bahwa kita bodoh, tidak cukup mampu, terlalu gendut, kurus, berisik, pendiam, dll. Kemampuan merubah suara di dalam diri anda merupakan kunci untuk memperoleh kepercayaan diri dari dalam. Buat suara dalam diri anda menjadi teman pendukung yang paling mengenal anda dan mengetahui bakat anda, serta menginginkan anda untuk mencapai yang terbaik.

4. Lupakan Standar Yang Ditetapkan Orang Lain

Terlepas dari situasi yang membuat anda mengalami krisis percaya diri, anda bisa membantu diri anda sendiri dengan berpegang pada standar yang anda miliki. Orang lain memiliki nilai yang berbeda dengan anda, dan sekeras apa pun anda mencoba, anda tidak pernah bisa memuaskan semua orang setiap saat. Jangan khawatir jika orang-orang menyebut anda gendut, kurus, pemalas, membosankan, pelit, konyol, dll… Bertahanlah pada standar yang anda miliki, bukan pada standar yang dimiliki orang lain. Ingatlah nilai-nilai dan standar-standar yang dimiliki umumnya berbeda dalam masyarakat; anda tidak harus menerima nilai dan standar tersebut hanya karena orang-orang di sekitar anda menerimanya.

5. Tampillah Serapih Mungkin

Meskipun anda hanya memiliki sedikit waktu, pergilah ke kamar mandi untuk memastikan anda tampil rapih. Sisirlah rambut anda, cucilah muka anda, perbaiki riasan wajah anda, luruskan kerah anda, pastikan tidak ada sisa makanan pada gigi anda. Semua hal ini dapat membuat perbedaan antara rasa percaya diri terhadap penampilan anda dan rasa takut anda terhadap penampilan anda.

”Sempurnakan penampilan fisik anda; sudah merupakan fakta bahwa penampilan seseorang memainkan peranan penting dalam membangun rasa percaya diri. Meskipun kita tahu apa yang kita miliki dalam diri kitalah yang penting, penampilan fisik anda menentukan impresi orang terhadap diri anda.” (Building Blocks to Self-Confidence, Complete Wellbeing)

6. Berdoalah Atau Bermeditasi Sejenak

Jika anda percaya pada Yang Maha Kuasa, mengucapkan doa bisa meningkatkan rasa percaya diri anda (anda juga bisa melakukan meditasi selain berdoa). Langkah ini membantu anda untuk mundur sesaat dari situasi yang serba cepat dan mencari bantuan dari Yang Maha Kuasa. Berikut adalah sebuah contoh doa, namun anda bisa menulis hal serupa yang sesuai dengan agama atau kepercayaan anda:

“Ya Tuhan, terima kasih karena Kau telah mencintai dan menerimaku apa adanya… bantulah aku untuk melakukan hal yang sama… dan bantulah aku untuk tumbuh menjadi sesuai dengan kehendakMu sehingga rasa percaya diriku akan bertambah; semuanya demi keagungan namaMu dan bukan namaku. Terima kasih karena Engkau telah mendengarkan dan menjawab doaku. Amin.” (Daily Encounter, Strengthen Your Self-Confidence, Acts International)

7. Reka Ulang

Jika sesuatu terjadi diluar dugaan anda, hal ini cukup mudah menggoyahkan rasa percaya diri anda. Mungkin anda menumpahkan minuman anda, terlambat hadir di sebuah pertemuan penting karena macet, atau seseorang yang ingin anda ajak bicara memberikan tanggapan dingin. Cobalah untuk “mereka ulang” situasi tersebut dan tempatkan pada situasi yang lebih positif. Seringkali suatu kejadian menjadi negatif karena persepsi kita sendiri.

8. Tentukan Langkah Anda Selanjutnya

Jika anda tidak yakin dengan apa yang harus anda lakukan, temukan satu langkah sederhana yang bisa membantu anda untuk terus maju. Hal ini mungkin saja bisa dilakukan dengan melakukan kontak mata pada sebuah pesta, memperkenalkan diri anda pada orang asing, memecahkan kebekuan dalam sebuah rapat, atau menanyakan orang yang mewawancarai anda untuk menunjukkan pengetahuan anda terhadap industri dan perusahaan mereka.

Mulailah bertindak meskipun anda tidak memiliki gambaran yang jelas mengenai apa yang seharusnya anda lakukan. Bergeraklah menuju sasaran anda. Koreksi diri anda di lain kesempatan.

9. Bicaralah Perlahan

Sebuah tips sederhana agar anda terlihat atau menjadi lebih percaya diri adalah dengan bicara perlahan. Jika anda bicara terlalu cepat, anda akan merasa tidak enak karena anda sadar anda bicara terlalu cepat. Bicara perlahan memberi anda kesempatan untuk memikirkan apa yang anda akan katakan selanjutnya. Jika anda sedang berbicara atau melakukan presentasi, berhentilah sesaat pada akhir sebuah frase atau kalimat untuk membantu orang lain mencerna apa yang anda katakan.

Berbicara perlahan menunjukkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang yang merasa tidak layak didengarkan akan berbicara dengan cepat, karena ia tidak mau membuat orang lain menunggu hal-hal yang tidak layak didengarkan.

10. Ikut Ambil Bagian

Pernahkah anda duduk seharian di dalam kelas atau di sebuah rapat tanpa mengucapkan satu patah kata pun? Pernahkah anda pergi bersama teman-teman anda di malam hari dimana teman-teman anda berbincang dengan gembira sementara anda hanya duduk dan menatap minuman anda? Kemungkinan yang terjadi adalah anda merasa tidak terlalu percaya diri pada saat itu – dan mungkin saja anda akan merasa lebih tidak enak sesudah malam tersebut. Apapun situasi anda, berusahalah untuk ikut ambil bagian. Meskipun anda merasa tidak banyak yang bisa anda katakan, pikiran dan perspektif anda sangat berharga bagi orang-orang di sekitar anda.

Dengan mencoba untuk berbicara setidaknya satu kali dalam setiap diskusi kelompok, anda akan menjadi pembicara yang lebih baik, lebih percaya diri mengutarakan pikiran anda, dan dikenal sebagai seorang pemimpin oleh rekan-rekan anda.

3 Likes

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri kita antara lain :

  • Berpakaian Dengan Baik
    Ketika Anda ingin untuk lebh percaya diri, perhatikan bagaimana cara Anda berpakaian. Ketika Anda telah terlihat baik, Anda akan cenderung lebih percaya diri. Hal ini akan memudahkan untuk berinteraksi dengan sesama dan tidak terganggu atau merasa canggung dengan penampilan Anda. Tidak harus menghabiskan banyak uang untuk membeli beberapa peralatan baru, tapi Anda bisa melakukan perubahan kecil yang akan menyebabkan terlihat berbeda. Memiliki modern haircut, memastikan bahwa baju telah cocok, memakai beberapa aksesoris yang baik dan pastikan Anda telah sedikit di poles.

  • Step Up the Pace
    Ketika Anda di tempat kerja, luangkan waktu untuk melihat orang-orang dan bagaimana mereka berjalan. Apakah cara mereka berjalan menggambarkan tentang mereka? Apakah mereka berjalan pelan dengan menundukkan kepala mereka? Atau mereka berjalan cepat dengan mendongakkan kepala mereka dengan senyuman di wajah? Anda dalam misi, untuk mengunjungi banyak tempat dan melihat orang-orang! Berjalan 25% lebih cepat dari biasanya dengan mendongakkan kepala dan menyebarkan energi Anda. Anda akan merasa lebih penting dan lebih percaya diri.

  • Melihat Postur Anda
    Dengan diskusi tentang cara berjalan di atas, cara membawa tubuh Anda menggambarkan ke orang lain bagaimana Anda merasakan diri sendiri. Anda bungkuk, bahu Anda merosot, dan terlihat lesu? Hal tesebut membuat Anda menujukkan ke orang lain bahwa Anda tidak memiliki kepercayaan diri yang baik. Untuk menanggulangi masalah itu, practice good posture. Duduk atau berdiri dengan mendongakkan kepala dan bahu tegak. Membuat eye contact dengan orang lain dengan friendly. Anda akan merasa lebih percaya diri dan lebih powerful.

  • Personal Advertisement
    Anggap Anda telah mengalami hari-hari yang buruk. Anda melakukan kesalahan pada presentasi besar, bos Anda tidak senang, dan Anda merasa seperti merangkak di bawah batu hingga akhir minggu. Apa yang Anda butuhkan adalah cara untuk meningkatkan rasa percaya diri jadi Anda dapat mengambil responbility untuk kesalahan dan membuat aksi untuk merubah kesalahan yang telah dibuat. Ini dimana Anda memerlukan sesorang untuk meningkatkan motivasi, Tetapi jika Anda tidak dapat mengandalkan orang lain untuk mengatakan apa yang Anda ingin dengar, Anda dapat melakukan itu sendiri.

    Anda harus memiliki personal advertising yang ditulis tentang diri Anda. Ini dapat dilakukan dengan pidato singkat, yang menjelaskan dengan baik tentang diri Anda (diusahakan menjelaskan hal-hal yang baik tentang diri Anda). Ini dapat membantu Anda untuk mengingat walaupun Anda telah melakukan kesalahan, Anda tetap baik.

  • Practice Gratitute
    Fokus pada apa yang belum Anda miliki dan apa yang belum tercapai. Jika Anda fokus terhadap apa yang belum tercapai dapat melakukan list tentang kelemahan Anda sebagai alasan mengapa Anda belum bisa mencapai goals tersebut.
    Paling tidak menulis 5 hal setiap hari bahwa Anda merasa beruntung dan akan melakukan training diri Anda untuk tetap fokus pada hal positif dalam hidup Anda dan tentang diri Anda.

  • Pay People Compliments
    Ketika kita merasa buruk tentang diri kita, terkadang kita mencari cara untuk menyembuhkan cara itu dengan cara melakukan gossip dan menghina orang lain di belakang mereka. Cobalah untuk mengurangi melakukan gossip. Setiap orang mempunyai sesuatu yang baik tentang mereka, jadi fokus pada hal tersebut. Menolak untuk gossip tentang orang lain, dan lakukan penghormatan terhadap orang lain. Semakin banyak Anda melakukan penghormatan ke orang lain daripada melihat hal buruk dari mereka, akan lebih fokus untuk mengetahui hal-hal positif tentang diri Anda. Dengan melihat hal baik pada orang lain hal itu akan menunjukkan hal baik pada diri Anda.

  • Sit Up Front
    Jika di dalam dunia pekerjaan, duduk di bangku paling belakang menandakan rasa ketidaktertarikan dan memiliki kepercayaan diri yang rendah. Maka, duduklah di depan. Anda akan merasa lebih percaya diri dengan melakukan hal ini dan akan menyadari bahwa tidak ada yang harus dikhawatirkan. Dan ini akan menjadikan Anda terlihat di depan important people di dalam organisasi.

  • Speak Up
    Banyak orang yang nervous untuk berbicara di group dicussions. Mereka akan cenderung takut bila orang lain berkomentar tentang apa yang mereka katakan dan takut untuk telihat buruk atau bodoh. Buat ini sebagai tantangan untuk Anda. Putuskan bahwa Anda akan berbicara paling tidak satu kali setiap group discussion. Pada akhirnya akan merasakan hal ini semakin mudah. Anda akan meningkatkan public speaking dan akan merasa lebih percaya diri untuk membagikan opini dan ide-ide di depan orang lain.

  • Exercise
    Exercise tidak hanya menghilangkan stres, tapi dengan melakukan fitness adalah cara yang baik untuk merasakan hal baik tentang kemampuan Anda. Anda akan merasa lebih berenergi dan kemungkinan akan merasa lebih attractive. Hal-hal tersebut akan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

  • Fokus Pada Kontribusi
    Fokus pada kontribusi yang dapat Anda lakukan untuk organisasi atau orang lain. Ketika Anda dapat membantu orang lain, itu akan menyebabkan Anda sendiri merasa baik. Dari alasan di atas, fokus pada kontribusi akan membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Referensi : MTD Training & Ventus Publishing ApS

1 Like

Self confidence dalam bahasa indonesia diartikan sebagai kepercayaan diri . Untuk menjadi sesorang yang percaya diri dengan percaya pada dirinya sendiri dan kemampuan dalam dirinya sendiri . Seseorang yang percaya diri terbiasa siap untuk tantangan baru dan siap menghadapi situasi yang sulit.

Kepercayaan diri memberikan kontribusi terhadapat pengalaman sukses karena memberikan sebuah keyakinan kepada diri sendiri sehingga memacu diri untuk meraihnya , terkadang karena kurang adanya kepercayaan diri maka tidak ada keberanian untuk mengambil alih sesuatu.

Berikut adalah cara untuk meningkatkan kepercayaan dalam diri anda :

  1. Act the part
    Bahasa tubuh yang anda tunjukan dapat menunjukan keyakinan dalam diri anda dan mmenampilkan diri anda bahwa anda siap untuk menguasai atau mengambil alih situasi apapun. Bukan hanya itu orang disekitar anda pun akan terpengaruh dan orang lain akan memiliki kepercayaan terhadap anda.

  2. Dress the part
    Cara berpakaian yang anda tampilkan dan anda merasa lebih baik dan menjadi perhatian orang lain tentu akan membuat kepercayaan diri dan harga diri dalam diri anda meningkat.

  3. Speak Assertively
    Berbicara dengan tegas dan tigak agresif , mengatur pola nada yang baik dalam setiap ucapan entah dalam berbicara ataupun pidato bisa memberikan kesan kepercayaan diri yang ada dalam diri anda dan orang akan secara sendirinya akan mendengarkan dengan penuh perhatian terhadap ucapan anda . Dan anda pun akan merasa dianggap ada keberadaannya sehingga tanpa disadari rasa kepercayaan diri akan meningkat dengan sendirinya

  4. Think and act positively
    Menghindari diri dari pemikiran dan tindakan negatif menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan kepercayaan diri. Dengan pemikiran dan tindakan yang positive dapat menghasilkan energi positif pulang yang nantinya mengarah pada sebuah hasil yang psotif juga . Akan banyak senyuman dan tawa yang mengelilingi dan membuat diri anda merasa lebih baik .

  5. Take Action
    Mengambil sebuah tindakan atas apa yang anda ucapkan membuat anda lebih dipercaya orang - orang disekitar anda . akan merubah pemikiran bahwa anda hanya sekedar ucapan saja akan tetapi tidak ada tindakan nyatanya . Tindakan akan melahirkan keyakinan dan keberanian . Setelah banyak energi positif dalam diri anda makan kepercayaan diri anda akan bersinar sebagai sebuah kharisma diri.

  6. Be prepared
    Ketika berbicara persiapan berarti mengarah pada sebuah perencanaan. Semakin anda mempersiapkan dan merencakan sesuatu hal maka semakin percaya diri anda akan sesuatu hal yang anda hadapi entah menghadapi sebuah tantangan ataupun sebuah masalah yang akan dihadapi. Menurut Creighton - Williams Abrams Jr seorang US Army General " When eating an elephant take one bita at a time " . Dengan ketekunan dan kesabaran maka anda semakin dekat dengan kepercayaan dalam diri anda.

SUMBER :

5 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Percaya Diri

Percaya diri memberikan anda kekuatan untuk menaklukkan dunia. Dibawah ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan percaya diri anda.

Stay Away from Negativity and Bring on Positivity

Sekarang adalah waktu untuk menar-benar mengevaluasi inner circle anda, termasuk dengan teman-teman dan keluarga. Ini salah satu yang sulit, tapi ini adalah waktu yang serius untuk meninggalkan orang-orang yang membuat kepercayaan diri anda turun. Jadilah positif, bahkan jika kamu merasa itu belumlah cukup. Tempatkanlah semangat positif kedalam interaksi anda dengan orang lain, bersemangat untuk memulai project baru. Berhenti berfokus ke masalah yang ada dalam hidup anda, dan sebaliknya, mulailah focus pada solusi dan membuat perubahan positif.

Change your Body Language and Image

Ini saat dimana postur, senyum, kontak mata, dan cara bicara mulai bermain. Hanya perlu tindakan sederhana untuk memberikan kesan pada orang lain bahwa anda adalah orang yang percaya diri. Tersenyum tidak hanya membuat anda meraasa lebih baik, tetapi juga membuat orang lain merasa lebih nyaman berada didekat anda. Lihat kea rah orang yang anda ajak bicara, bukan ke sepatunya. Tetap lakukan kontak mata, karena itu menunjukkan kenyamanan. Terakhit berbicaralah dengan perlahan. Penelitian membuktikan bahwa mereka yang berbicara dengan lambat dan jelas lebih terasa percaya diri dan tampil lebih percaya diri di depan orang lain. Bonus yang didapat adalah orang lain mudah memahami apa yang anda bicarakan.
Pergilah ke suatu tempat yang berbeda danganti gaya rambut anda, bercukur dan berpakaian yang baik.ini tidak hanya akan membuat anda merasa nyaman dengan diri anda tetapi orang lain juga akan cenderung memandang anda sukses dan percaya diri dengan baik.

Don’t Accept Failure and Get Rid of the Negative Voices in Your Head
Jangan pernah menyerah. Jangan menerima kegagalan. Ini adalah solusi dari segala hal, jadi mengapa anda ingin menyerah? Buatlah ini sebagai mantra baru. Berhasil melalui kesulitan besar adalah salah satu peningkat kepercayaan diri yang besar.
Kepercayaan diri yang rendah sering disebabkan oleh pikiran negatif yang masuk ke pikiran. Jika anda terus menerus mengatakan bahwa anda tidaklah cukup baik, tidak menarik dan terus dan terus, maka anda malah menjadi seperti berkhotbah di dalam pikiran anda, dan itu tidak baik. Selanjutnya jika anda mendengar sesuatu yang negative di kepala anda, maka beralihlah segera ke pikiran positif dan tetap positif agar kepercayaan diri anda meningkat.

Be Prepared
Pelajari segala hal untuk mengetahui segala tentang bidang anda. Jika anda siap dan memiliki pengetahuan untuk kembali keatas, rasa percaya diri anda akan melambung tinggi.

For Tough Times, When All Else Fails: Create a great list
Hidup ini penuh dengan tantangan, dan ada saat dimana akan sulit untuk tetap mempertahankan percaya diri. Duduklah dan buat daftar apa saja hal yang membuat hidupmu berwarna dan daftar lain yang telah anda capai dengan bangga. Saat daftarmu sudah selesai, tempelkan mereka di pintu kulkas, tembok meja belajar, dan dimana saja yang bisa anda lihat dengan jelas dan sering. Ini akan membuat anda merasa bahwa anda adalah orang yang luar biasa. Jika kamu merasa rasa percaya diri anda berkurang, lihatlah daftar yang telah anda buat dan biarkan anda merasakan apa yang terinspirasi apa saja oleh anda.

Referensi: http://www.inc.com/peter-economy/5-powerful-ways-to-boost-your-confidence.html

Percaya diri merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan.Banyak orang yang sukses Karena ia memiliki rasa percaya diri. Akan tetapi masih banyak orang yang masih memiliki masalah pada rasa percaya diri.Berikut 8 tips untuk meningkatkan rasa percaya diri menurut Stan Popovich:

1.Know Your Weaknesses and Strenghts
Mengetahui Strenght dan weakness anda menjadi hal yang penting,untuk mengetahui hal apa saja yang anda kuasai. Setelah anda mengetahui kelemahan dan kekurangan pada diri anda,fokuslah pada hal-hal yang baik bagi anda,Karena itu akan meningkatkan rasa percaya diri pada anda.

2.Accept Your Self
Jangalah banyak mengeluh terhadap kekurangan anda.cobalah untuk menerimanya dan temukan cara untuk meningktatkan kehidupan anda.

3.Remember Your Successes
Selalu ingatkan anda pada prestasi yang sudah pernah anda dapatkan sebelumnnua.Sekecil apapun prestasi anda yang sudah pernah diraih itu akan berpengaruh terhadap rasa percaya diri anda,dari pada pada anda selalu terfokus pada bagian negative dari kehidupan anda.

4.Read Positive Affirmations
Pentingnaya membaca afirmasi positif dalam mengembangun rasa percaya diri anda. Bacalah afirmasi posti setiap hari dan renungkanlah apa yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki situasi anda.

5.Think About Future
Luangkan wakut anda untuk berfikir mengenai target yang akan diraih di masa yang akan datang.Tulislah target-target tersebut dan jadikanlah itu sebuah motivasi anda.

6.Create Goals
Tentukanlah tujuan yang ingin dicapai dan kemudian mengambil langkah-langkah kecil untuk mencapai tujuan tersebut. Pastikan tujuan yang anda tetapkan terkukur dan memonitor progress anda.Jangan pernah marah atau menyerah apabilah tujuan anda tidak tercapai.

7.Talk to Others
Berbicaralah dengan orang-orang sukses untuk mendapatkan perspektif yang lebih baik.Selain itu juga anda dapat belajar bagaimana menemukan cara untuk mengatasi hambatan dalam hidup anda.

8.Be Persistent
Jangan mudah menyerah dalam mencapai tujuan anda.Belajarlah dari kesalahan untuk memperbaiki situasi anda dan janganlah membuat alasan kenapa anda harus menyerah.

Sumber: http://www.huffingtonpost.com/stan-popovich/8-tips-on-how-to-improve-your-self-confidence_b_8021946.html

Kepercayaan diri adalah hal yang paling umum yang sering di rasakan di berbagai situasi kehidupan ini. Namun pertanyaannya adalah bagaimana. Sering kali kita mudah dalam mengucapkan “PD lah, pd aja” tapi terkadang untuk beberapa orang itu tidak akan manjur.

Hal berikut ini dapat membantu untuk meningkatkan dan menyeimbangkan level kepercayaan diri kita.

1. Ambil langkah nyata dan sudahi.
Jangan ragu dalam melangkah untuk setiap keputusannya yang akan di ambil, cobalah untuk mengerjakan sesuatu dan selesaikanlah. Tekankan kepada diri sendiri bahwa kita benar-benar menginginkannya. Setelah itu jangan bersedih atau murung, cerialah itu akan membantu. Yang terakhir be present, sadar dimana diri sendiri berada sehingga tidak terhalang dengan hambatan yang di depan akan bertahap menyelesaikan masalah yang ada sekarang dan seterusnya.

2. Hadapi ketakutanmu
Jangan takut dengan apa yang kau takutin, Cobalah untuk lebih ingin tahu tentang hal-hal yang baru, sehingga kita akan terus mencari hal-hal disekitar kita. Mulai sadarlah jika ketakutan itu adalah penghambat bagi kita sendiri. Terkadang takut itu baik sehingga kita terpacu namun jika kita terlalu takut menjadikan kita takut untuk mengambil langkah tersebut.

3. Memahami secara urut hal-hal yang akan terjadi
Dengan situasi yang berbeda di tiap waktunya kita harus dapat memprediksi hal-hal yang akan terjadi sehingga kita dapat mempersiapkan segala hal yang dapat membantu kita ketika hal tersebut terjadi.

4. Bersiaplah
Jangan lupa untuk menyiapkan diri anda. Dengan anda bersiap anda dapat nyaman dan percaya tentang apa yang akan di hadapi.

5. Sadarlah jika anda gagal atau salah itu tidak akan membunuhmu
Dengan salah atau gagal maka bersenanglah dengan itu kita bisa belajar, mendapatkan pengalaman untuk mendapatkannya dengan cara lain dan kesempatan sukses kita lebih besar lagi.

6. Cari tahu dirimu sendiri
Cari tahu apa yang kamu inginkan di hidup ini dan pahami dirimu lebih dalam lagi. Sehingga kamu bisa tau lebih tentang dirimu yang membantumu untuk tau bagaimana treatment yang akan kamu berikan kepada dirimu sendiri.

Referensi : Hal Esensial dalam Cara Membentuk Kepercayaan Diri

Beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk menumbuhkan atau meningkatkan kepercayaan diri dapat kalian baca melalui pembahasan dibawah ini :

  1. Yang pertama RILEKS, TENANG dan FOKUS
    Cara mudah untuk meningkatkan kepercayaan diri juga dapat dilakukan dengan membuat diri kalian merasa rileks, tenang serta fokus. Perasaan rileks dapat memberikan ketenangan tersendiri pada diri kalian. Ketenangan yang muncul tersebut akan berfungsi menghilangkan rasa takut atau gugup yang kalian rasakan.

  2. SENYUM
    Ketika kalian merasa gugup atau minder, maka cara pertama yang dapat kalian lakukan adalah tersenyum. Dengan tersenyum setidaknya kalian sudah berusaha untuk menutupi kegugupan yang nampak melalui raut wajah.
    Dimana tersenyum sangat berkaitan erat dengan perasaan yang positif, bukan hanya sekedar ketika sedang merasa bahagia saja kalian harus tersenyum. Tersenyum tidak hanya sekedar untuk menunjukkan ekspresi yang ada di wajah kalian.

  3. KONTAK MATA
    Sama halnya seperti tersenyum, kontak mata juga sangat berhuna untuk menungkatkan kepercayaan diri. Kontak mata dapat membantu kalian untuk menghilangkan perasaan minder atau takut ketika kalian sedang berbicara di hadapan umum maupun lawan bicara kalian sendiri.
    Rasa gugup dan takut biasanya muncul akibat dari stress ataupun sesuatu yang dianggap asing. bahkan kondisi ini memang sulit dikendalikan. Dengan kontak mata dapat membantu kalian untuk menarik minat dari lawan bicara.

Itulah beberapa cara mudah dan efektif yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Pada dasarnya memang bagi sebagian orang, untuk meningkatkan kepercayaan diri membutuhkan waktu cukup lama. Akan tetapi, jika kalian bersedia untuk terus mencoba dan mempraktekannya maka kalian juga akan lebih cepat memperoleh hasilnya.

Sumber https://www.charismaoncommand.com/how-to-be-more-confident/

Role confidence adalah kemampuan yang harus ada dalam diri masing masing pemimpin guna mengembangkan dan mempertahankan kekuatan pribadi berdasarkan keyakinan bahwa suatu saat akan mencapai puncak keberhasilan.

Kepercayaan atas kemampuan yang dimilikinya untuk menghadapi lingkungan menantang (lingkungan dalam masa menantang) dan kepercayaan atas keputusan ataupun pendapat dalm dirimya. Peran role confidence ini termasuk kedalam sikap yang positif, dimana seorang individu memaksimalkan kemampuan dalam dirinya untuk mengembangkan penilaian positif terhadap dirinya sendiri maupun lingkungan (situasi) yang sedang dihadapinya. Bukan berarti individu tersebut kompeten dalam melakukan segala sesuatu seorang diri, maksudnya dia tetap membutuhkan individu lain untuk menyelesaikan segala sesuatu dalah hidupnya.

Sikap peran percaya diri yang tinggi dalam dirinya hanya merujuk pada beberapa aspek kehidupan individu tersebut, dimana dirinya memiliki kompetensi, keyakinan, kemampuan, dan kepercayaan bahwa dia bisa karena di dorong oleh adanya pengalaman, ptensi yang teraktualisasi, prestasi yang dimiliki, serta harapan yang realistis dalam dirinya.

Dapat disimpulkan bahwa kepercayaan dalam diri adalah efek bagaimana kita merasa, meyakini, dan mengetahui.

Dimana, individu yang mempunyai sikap kepercayaan diri yang rendah (kehilangan rasa percaya diri) cenderung memiliki perasaan negatif terhadap dirinya sendiri bisa dibilang cenderung pesimis sebelum melakukan tujuan yang ingin di realisasikan, individu tersebut selalu merasa bahwa kemampuan yang dimilikinya kurang akurat terhadap kapasitas dirinya.

Ketika pernyataan ini dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari sikap yang rendah diri ini cenderung memiliki sikap sebagai berikut :

  1. Tidak pernah memiliki target dan tujuan yang di perjuangkan secara sungggh-sungguh
  2. Mudah merasakan frustasi atau menyerah dalam menghadapi masalah
  3. Tidak adanya motivasi untuk maju
  4. Tidak optimal dalam menyempurnakan tanggung jawabnya
  5. Takut untuk menghadapi orang lain
  6. Tidak bisa mempublikasikan kemampuannya
  7. Selalu mendengarkan dan takut untuk bertindak
  8. Harapan yang di inginkannya tidak terealisasikan
  9. Sensitif terhadap lingkungan sekitar
  10. Perfeksionis pada dirinya sendiri

Untuk menghadapi dan menghindari sikap tersebut, perlu diterapkan serta di tanamkan sikap
role confidence dalam dirinya, diantaranya :

  1. Self Concept, sikap ini adalah sikap yang menunjukkan bagaimana diri seseorang menyimpulkan kepribadian secara keseluruhan, tentang bagaimana melihat potret kepribadian secara menyeluruh dan mengkopsep kepribadian secara menyeluruh.

  2. Self Esteem, sikap ini menunjukkan sejauh mana individu berprasangka positif terhadap dirinya sendiri, sejauh mana merasakan sesuatu yang dirasakan bernilai berharga pada diri sendiri, dan sejauh mana meyakini sesuatu dalam dirinya sendiri.

  3. Self Efficiacy, adalah sikap yang ada dalam individu sejauh mana memiliki keyakinan atas kemampuan yang dimiliki untuk bisa menjalankan tugas dan menghadapi persoalan dengan hasil yang sempurna (succeed) atau meyakini kemampuan diri dalam bidang masing ,asing dalam menangani persoalan tertentu. Pernyataan ini yang disebut general Self Efficiacy.

  4. Self Confidance, sikap ini menunjukkan sejauh mana individu mempunyai keyakinan terhadap penilaian diri atas kemampuan yang dimiliki dan sejauh mana individu bisa merasakan adanya “kepantasan” untuk berhasil. Self confidence merupakan kombinasi dari self esteem dan self Efficiacy. Pernyataan dituliskan menurut James Neill, 2005.

  5. Self Ideal, yaitu merupakan sikap yang terdiri dari semua harapan, impian, dan visi yang dimiliki oleh individu. Individu yang dimiliki Self Ideal yang baik akakn membentuk kepercayaan diri yang baik pula. Individu yang tahu siapa diri mereka dan apa yang di yakini serta konsisten dengan nilai ideal yang dpercayai.

  6. Self Image, adalah bagian sikap yang menunjukkan bagaimana individu melihat diri sendiri dan pendapat tentang diri sendiri. Pada pernyataan ini merujuk ke dalam diri masing-masing dan menentukan bagaimana sebaiknya bertingkah laku terhadap lingkungan sekitar. Self Image akan mempengaruhi berbagai emosi, perilaku, sikap dan bagaimana tentang berinteraksi individu dengan orang lain. Untuk memiliki kepercayaan diri yang baik, harus menciptakan Self Image yang baik.

Role Confidence merupakan penting untuk seorang pemimpin dalam mendistribusikan kemampuan dalam bidangnya karena sikap percaya diri merupakan inti dari opini yang di tanamkan dalam dirinya, dimana opini ini berguna untuk mengetahui individu tersebut, atau mengetahui dirinya sendiri.

Rasa percaya diri yang tertanam dalam diri seseorang bersifat berubah ubah sesuai dengan kondisi, persoalan, dan lingkungan yang sedang di hadapinya. Jika seseorang merasa kurang percaya diri, maka individu tersebuta cenderung merasakan hal negatif yang terjadi dalam dirinya.

Dan sebaliknya, jika seseorang memiliki kepercayaan yang sangat tinggi, individu tersebut selalu merasakan hal positif akan terjadi pada dirinnya, dengan cara menumbuhkan keinginan atau tujuan untuk di realisasikan secara sempurna dimasa mendatang. Sikap percaya diri yang dimiliki oleh seorang pemimpin sangat dibutuhkan, karena setiap persoalan yang di hadapi akan membuat dirinya terguncang untuk mencapai tujuan, harapan, dan visi yang telah ia impikan sebelumnya.

Pernyataan ini menunjukkan bahwa semua kepercayaan yang ada dalam dirinya tidak lebih dari sekedar opini, fakta bisa jadi tidak akurat. Role confidence juga merupakan bagian dari psikis dari masing masing individu. Karena dengan tidak memiliki role confidence dapat mengalami gangguan social maupun terhadap dirinya sendiri, contohnya adanya penekanan dalam batin dirinya sendiri.

Seorang Nick Vujicic adalah seorang tokoh motivator menganut soft skill Role Confidence, dimana beliau mempunyai prinsip bahwa kehidupan adalah tidak mengenal batasan, yang berarti dia tetap bisa berkreasi, dan mewujudkan segala sesuatu yang dia impikan. Serta membuktikan kepada seluruh dunia bahwa dia tetap bisa merealisasikan impian dan tujuan hidupnya walaupun terlahir dengan keurangan yaitu tidak mempunyai lengan dan kaki. dia mempunyai kekuatan softskill Role Confidence dalam dirinya sehingga selalu memiliki rasa positif yamg akan terjadi pada dirinya.

Dia mampu me manage dirinya sendiri dalam menghadapi lingkungan sekitar yang selalu berprasangka bahwa Nick Vujicic tidak mampu melakukan apapun dengan kekrangannya, serta dia memiliki rasa percaya diri yang tinngi untuk membuktikan bahwa kekurangan dalam diri seseorang tidak mempengaruhi kesuksesannya.

Referensi:

3 Likes

Percaya diri sangat diperlukan terlebih ketika berada dalam tekanan. Tekanan bisa muncul dari mana saja, dari teman, atasan, atau dari klien yang membuat kita mudah merasa kurang percaya diri. Mulailah mencari rasa nyaman dan meningkatkan kepercayaan akan diri sendiri, karena semua pekerjaan pasti menuntut kita untuk memiliki rasa percaya diri dalam melakukan peran dalam pekerjaan tersebut.

Ada tiga hal yang bisa dilakukan dalam rangka meningkatkan kepercayaan diri

1. Berpikir positif
Kepercayaan diri adalah suatu bentuk emosi. Emosi adalah produk atau hasil dari apa yang ada dalam pikiran kita. Dan kepercayaan diri didasarkan pada pemikiran yang positif.

  • Jika Anda berpikir Anda akan menang, Anda akan merasa percaya diri

  • Jika Anda berpikir Anda akan kalah, Anda tidak akan merasa percaya diri

  • Jika Anda berpikir sesuatu yang baik akan terjadi besok, maka Anda akan merasa percaya diri. Dan sebaliknya

Ingatlah bahwa rasa percaya diri tidak bisa didapat dari orang lain. Kita harus menciptakannya sendiri dengan membuang pemikiran-pemikiran tentang sesuatu yang ditakutkan, segala hal yang mungkin saja adalah sesuatu yang salah, serta menduga orang lain akan menyukai kita atau tidak

Sehingga untuk menumbuhkan rasa percaya diri, yang perlu dilakukan adalah

Menjaga pemikiran pada hal-hal yang membangkitkan percaya diri dan membuang pemikiran yang bisa menimbulkan ketakutan. Berpikirlah tentang tujuan, rencana, dan tindakan apa selanjutnya harus dilakukan.

2. Berbicara kepada orang lain dengan ucapan yang baik
Poin pertama adalah tentang merubah cara berpikir dan yang kedua adalah melakukan perubahan juga pada cara kita berbicara.

JANGAN BIARKAN DIRI SENDIRI BERBICARA TENTANG SESUATU YANG DITAKUTKAN

Tiap kali kita berbicara pada orang lain bahwa kita khawatir, takut, atau kurang percaya diri maka hal-hal yang akan terjadi adalah:

  • Kita mempertegas bahwa diri kita sedang khawatir, takut, dan hal itu akan membuat kurang percaya diri

  • Menyebabkan orang lain meragukan kemampuan kita dalam melakukan pekerjaan

  • Membuat orang lain kehilangan kepercayaan pada diri kita juga

Maka ketika ingin berbicara tentang apa yang sedang dirasakan, katakan pada orang lain bahwa kita merasa percaya diri bahwa sesuatu akan berjalan dengan baik.

Belajarlah untuk mengucapkan, “Saya percaya bahwa jika kita fokus pada tujuan, merumuskan tujuan-tujuan yang baik dan mengambil tindakan yang benar, kemudian kita akan bisa mencapai tujuan kita tepat waktu!”.

Jika kita sering mengucapkannya, otak akan mulai menerima hal ini sebagai cara berpikir yang tepat dan kita akan menemukan rasa percaya diri dalam diri kita sendiri seiring berjalannya waktu.

3. Perencanaan yang Lebih
Dalam rangka membuang pemikiran tentang sesuatu yang ditakutkan untuk menumbuhkan kerpercayaan diri, kita harus berpikir tentang tujuan dan rencana. Sehingga untuk memiliki rasa percaya diri, rencana sangat diperlukan. Karena,

KURANG PERCAYA DIRI SERINGKALI ADALAH GEJALA BAHWA KITA BELUM TAHU APA YANG HARUS DILAKUKAN.

Rencana membangun kepercayaan diri. Kurangnya rencana akan menimbulkan kurangnya rasa percaya diri. Ada tiga hal yang perlu diketahui:

  1. Anda harus dikenal sebagai orang seorang yang fokus terhadap tujuan

  2. Anda harus dikenal sebagai seorang yang sudah menyiapkan segala sesuatu dengan rencana yang detail tentang tindakan apa yang akan diambil

  3. Anda harus dikenal sebagai seorang yang akan bertindak sesuai yang direncanakan

Referensi : https://corporatecoachgroup.com/blog/gain-more-confidence-as-a-manager

2 Likes

Rendahnya kepercayaan diri dapat muncul disaat anda sangat membutuhkannya. Menurut Mark Tyrrell pada artikel 7 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri terdapat 7 tips yang akan membantu anda untuk meningkatkan kepercayaan diri anda yaitu:

  1. Berfikir kembali disaat anda melakukan sesuatu yang baru untuk pertama kalinya
    Belajar sesuatu yang baru biasanya di ikuti dengan rasa gugup, kurangnya kepercayaan diri dan tingkat stress yang tinggi. Dimana semua itu merupakan proses dari pembelajaran itu sendiri. Saat anda merasa kurang percaya diri, ingat kembali bahwa itu merupakan hal normal. Anda sedang belajar.

  2. Lakukan sesuatu yang pernah anda tunda
    Seperti menulis atau menelfon teman, membersihkan rumah, merapikan taman, membetulkan mobil, mengorganisir tagihan, memasak makanan sehat. Segala sesuatu yang melibatkan pengambilan keputusan.

  3. Lakukan sesuatu yang merupakan bidang anda.
    Sebagai contoh berenang, berlari, menari, memasak, mendaki, melukis, atau menulis. Sesuatu yang seharusnya dapat memegang perhatian anda dan membutuhkan focus yang cukup untuk membawa anda pada posisi “ Mengalir “ dimana anda akan lupa tentang hal lainnya. Anda akan merasa lebih kompeten dan mampu sesudahnya yang merupakan penangkal ampuh untuk turunnya kepercayaan diri.

  4. Berhenti memikirkan hal tentang diri anda
    Saya tahu bahwa terdengar aneh namun rendahnya kepercayaan diri biasanya diikuti oleh pemikiran yang berlebih terhadap diri sendiri. Melakukan hal tersebut akan memakan perhatian anda dan dapan membuat anda merasa lebih baik.

  5. Relaks
    Jika anda merasa sedih, khawatir dan kurang percaya diri. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah relaks. Beberapa orang merelaksasi dirinya dengan olahraga atau melakukan sesuatu yang menenangkan pikiran mereka. Selain itu untuk dapat relaks anda dapat belajar mengenai hypnosis diri, meditasi atau sebuah teknik relaksasi berbasis fisik seperti Tai Chi.

  6. Mengingat hal yang telah anda raih
    Pada awalnya ini akan terasa berat tetapi setelah beberapa kali menerapkannya anda akan membangun sebuah ingatan yang dapat meningkatkan kepercayaan diri anda jika anda berfikiran bahwa “ Saya belum pernah meraih sesuatu “ sebagai contoh lulus test kemudi, lulus ujian apapun itu dan lain lain.

  7. Ingat bahwa anda bisa saja salah
    Jika anda merasa buruk tentang diri anda, ingat bahwa acara anda memandang diri anda akan mempengaruhi pikiran, memori, dan perilaku anda. Jadi ketika anda merasa buruk anda akan cendrung pesimis. Ini adalah dimana tips “ Tenangkan Pikiran anda “ dapat digunakan.

Self confidence adalah sikap positif individu yang menyadari bahwa memiliki kompetensi dan kemampuan untuk mengembangkan nilai-nilai positif dari dalam diri sendiri dan lingkungan. Dalam dunia nyata untuk dapat menyelesaikan suatu masalah atau pekerjaan bahkan bersosialisasi dengan orang lain sangat membutuhkan self confidence untuk mendorong diri kita melakukan hal tersebut.

Jangan khawatir, self confidence adalah sesuatu yang dibangun dan dilatih, jadi tiap-tiap orang memiliki tingkatan self confidence yang berbeda-beda. Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan self confidence dalam diri kita, yaitu :

1. Self- talk yang positif
Cara Anda berpikir tentang diri Anda memiliki dampak yang besar untuk meningkatkan self confidence. Sehingga ketika kita yakin dan terus berkata dalam diri Anda dan percaya bahwa Anda mampu maka akan berpengaruh di segala aktivitas.

2. Jangan membandingkan diri Anda ke orang lain
Hal ini bisa saja sangat membuat Anda tergoda untuk mempertanyakan apakah orang lain lebih baik dari kita?. Bagaimanapun hal yang terbaik adalah kenali kemampuan dan kekuatan Anda dalam sesuatu, karena semua orang pasti memiliki keamampuan dan kelebihan masing-masing.

3. Jangan berjuang untuk kesempurnaan
Perlu diingat bahwa tidak ada suatu hak yang dapat dikerjakan secara sempurna, yang terpenting bagaimana kita melakukan hal dengan baik dan benar dan jadikan ketidaksempurnaan yang kita lihat menjadi motivasi diri untuk mencapai tujuan dengan benar.

4. Jangan menghukum diri Anda jika melakukan kesalahan
Semua orang di dunia ini pasti pernah melakukan kesalahan. Jangan berlarut memikirkan hal yang terjadi dan hanya menyalahkan diri sendiri saja. Jika Anda melakukan kesalahan, jangan stress tetapi belajar dari kesalahan tersebut untuk menghindar kesalahan yang sama di kemudian hari dan lanjutkan hidup Anda.

5. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang supportif
Jangan biarkan diri Anda bergaul dengan orang-orang yang hanya menjatuhkan Anda. Hindari orang-orang yang berpikiran negatif akan tetapi carilah orang-orang yang membuat Anda merasa dapat mengembangkan diri Anda dengan baik dan mendukung hal positif yang Anda lakukan.

Percaya diri (sering disingkat PD) adalah hal yang tidak bisa kita pelajari dengan seperangkat aturan tertentu. Pada dasarnya PD adalah kondisi pikiran seseorang pada keadaan tertentu. Dari sisi internal, PD ini bisa dilihat dari beberapa kondisi termasuk pada bagaimana kondisi tubuh seseorang apakah sehat atau sebaliknya. Selain itu pengalaman dan kemampuan yang dimiliki seseorang juga memiliki peran untuk menstabilkan tingkat PD seseorang.

Adapun dari sisi eksternal untuk meningkatkan rasa PD bisa dengan beberapa cara diantaranya :

  1. Perencanaan dan persiapan
    Biasanya seseorang akan “menciut” rasa PD ketika menghadapi suatu keadaan sulit diluar dari apa yang ia bayangkan. Maka perencanaan perlu dilakukan dan persiapan untuk menghadapi situasi tersebut. Bisa dari apa yang akan anda bicarakan, pakaian apa yang perlu anda pakai, gerakan apa yang perlu anda lakukan ketika menghadapi kondisi tersebut, dll

  2. Belajar dan aplikasikan
    Dengan belajar dan menambah pengetahuan juga dapat meningkatkan rasa PD pada diri anda ditambah lagi dengan riset dan banyak membaca buku. Disamping itu juga implementasikan apa yang telah anda pelajari karena dengan begitu anda juga akan mendapatkan pengalaman menarik yang nantinya bisa menjadi bekal untuk masa depan.

  3. Berpikiran positif
    Cara ini juga sangat ampuh dalam meningkatkan rasa PD anda. Hellen Keller, seorang penulis, politikus dan dosen pernah berkata “Optimism is the faith that leads to achievement. Nothing can be done without hope and confidence.” Maka berpikir positif dan optimis adalah kunci untuk PD dan meraih kesuksesan.

  4. PD dapat menular
    ibarat sebuah virus, PD juga dapat menular kepada orang lain sehingga orang disekitarnya juga dapat ikut merasakan rasa PD yang anda miliki. Maka sebaliknya pula dengar dan ikuti pula orang yang berbicara atau memimpin dengan rasa PD, maka anda juga akan ikut ketularan virus PD itu sendiri.

  5. Pengalaman
    Setiap kali kita melewati masalah atau menyelesaikan sebuah tugas, saat itupula kita meraih rasa PD dan juga pengalaman. Dari pengalaman itulah kita dapat terus meningkatkan rasa PD

  6. Tegas
    Percaya pada apa yang anda yakini dan berpegang teguh pada prinsip anda adalah salah satu cara untuk tetap mempertahankan rasa PD anda bahkan dapat meningkat pula. Namun perlu diperhatikan bahwa ini bukanlah cara untuk merendahkan orang lain.

  7. Jangan Arogan
    Benar bila semua yang telah kita lakukan diatas adalah hal yang dapat menambah rasa PD anda. Namun jangan biarkan rasa arogan menyelimuti. Anda patut bersyukur dengan apa yang anda miliki serta sadari apa saja kekurangan anda. Tetap menjaga kesantunan dan beri apresiasi terhadap prestasi yang dihasilkan orang lain.

Sumber : https://www.skillsyouneed.com/ps/confidence.html

Apakah Anda memiliki kesulitan membangun rasa percaya diri Anda? Jika demikian, Anda tidak sendirian. Semua orang memiliki masalah dengan membangun satu harga diri di dunia sekarang ini. Bahkan pemimpin terbesar kurang percaya diri pada waktu tertentu. Kuncinya adalah untuk menjadi gigih dan untuk menemukan cara-cara untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda sehingga Anda bisa sukses dalam hidup. Percaya diri bukanlah kualitas statis, tetapi adalah sesuatu yang harus dipelajari, dipraktekkan dan dikuasai seperti keterampilan lainnya. Tapi begitu Anda menguasainya, Anda akan berubah menjadi lebih baik.

Bahasa tubuh Anda langsung dapat menunjukkan keyakinan diri, atau bisa memperlihatkan ketidakamanan. Salah satu hal yang dapat meningkatkan kepercayaan diri anda adalah dengan berpenampilan baik dan rapi. Ketika Anda terlihat lebih baik, Anda merasa lebih baik. Jika Anda memilih pakaian dan aksesoris yang sesuai dengan kegiatan yang anda ikuti, secara otomatis akan meningkatkan harga diri Anda.

Berikut adalah delapan saran mudah untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda:

  1. Tahu Kelemahan Anda dan Kekuatan
    Sangat penting untuk mengetahui apa yang Anda kuasai. Mengambil tes penilaian keterampilan adalah cara yang bagus untuk menentukan kekuatan dan kelemahan Anda. Setelah Anda menyadari keahlian Anda, langkah berikutnya adalah untuk fokus pada hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan. Seseorang bisa menjadi baik dalam segala hal dan jangan menganggapnya terlalu serius.

  2. Menerima diri sendiri
    Anda unik di dunia ini. Adalah penting bahwa Anda tidak menyalahkan diri sendiri atas hal-hal yang sulit Anda lakukan. Daripada mengeluh tentang kelemahan Anda, lebih baik mencoba untuk menemukan cara untuk meningkatkan kehidupan Anda. Mengambil kelas di sebuah perguruan tinggi setempat untuk belajar keterampilan baru. Penerimaan terhadap diri sendiri baik untuk dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda.

  3. Ingat Keberhasilan Anda
    Banyak orang mengecilkan keberhasilan mereka dan fokus pada hal-hal yang mereka perjuangkan. Ini adalah kesalahan. Selalu ingat akan prestasi masa lalu Anda, tidak peduli seberapa kecil prestasi tersebut. Jangan mengecilkan bagian positif dari hidup Anda. Berhenti berfokus pada bagian negatif dari kehidupan Anda dan bukannya berkonsentrasi pada prestasi masa lalu Anda.

  4. Baca Afirmasi Positif
    Sangat penting bahwa Anda membaca afirmasi yang membuat Anda merasa percaya diri. Membaca buku panduan dan kemudian menuliskan semua hal yang memotivasi Anda. Membaca sesuatu yang positif setiap hari dan merenungkan apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki situasi Anda. Jangan fokus pada hal-hal yang membuat Anda merasa cemas dan takut.

  5. Pikirkan Tentang Masa Depan Anda
    Luangkan waktu untuk berpikir tentang apa yang benar-benar ingin Anda capai di dalam hidup Anda. Jangan menjalani hidup Anda bagi orang lain. Menghabiskan banyak waktu dan energi melalui apa yang Anda inginkan dalam hidup dan memutuskan apa yang benar-benar ingin Anda capai. Setelah Anda menentukan apa yang ingin Anda capai, maka tuliskanlah dan menggunakannya sebagai motivasi.

  6. Buat Tujuan
    Tetapkan tujuan yang ingin dicapai secara teratur dan kemudian mengambil langkah-langkah kecil untuk mencapai mereka. Pastikan tujuan Anda terukur dan memantau kemajuan Anda. Jangan marah jika Anda tidak mencapai semua tujuan Anda. Anda selalu dapat mengubah tujuan Anda sehingga Anda bisa lebih sukses.

  7. Berkomunikasi dengan Orang Lain
    Penting bahwa Anda berbicara dengan orang-orang sukses lainnya untuk mendapatkan perspektif yang lebih baik dari hidup Anda. Mendengarkan tantangan dan prestasi orang lain dapat menjadi motivasi tersendiri dalam hidup Anda. Anda juga dapat belajar bagaimana menemukan cara untuk mengatasi hambatan dalam hidup Anda.

  8. Jadilah Persisten
    Jangan menyerah dalam mencapai tujuan hidup Anda. Belajar dari kesalahan Anda dan mencoba untuk memperbaiki situasi. Jangan membuat alasan mengapa Anda harus berhenti atau menyerah. Kadang-kadang dibutuhkan banyak usaha untuk menjadi sukses. Kuncinya adalah untuk terus melakukannya sampai Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Self Confidence atau percaya diri adalah meyakinkan diri sendiri pada kemampuan dan penilaian dalam melakukan sebuah tugas dan memilih pendekatan yang efektif dan juga mampu dalam mengembangkan penilaian yang positif, baik terhadap diri sendiri maupun lingkunagn atau keadaan yang dihadapinnya. Hal ini termasuk kepercayaan atas kemampuannya menghadapi lingkungan yang semakin menantang dan kepercayaan atas keputusan atau pendapatnya.

Hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan dilakukan untuk mencapai Self Confidence?

  • Cintailah dirimu karena jika tidak seseorang akan merasa tidak puas dengan dirinya dan pastinya tidak bisa nerima apa yang telah dimiliki dalam diri sendiri. Hal itu yang menyebabkan rasa marah dan benci pada diri sendiri dan tidak menghormati diri sendiri.

  • Siapkan mental karena mental sangat penting, apapun yang kita lakukan dan apapun yang akan terjadi di masa yang akan datang semua butuh mental. Jika mental kita kuat makan we can do it.

  • Hadapi dunia nyata maksudnya adalah hadipalah dunia berdasarkan pemahaman diri yang sebenarnya. Dan tidak perlu mengkhawatirkan resiko melainkan kita harus mengatur strategi untuk menghadapi semua resiko.

  • Tunjukan apa yang dibanggakan karena kita mempunyai kemampuan lebih dengan apa yang kita perlihatkan.

  • Jadilah diri sendiri Dalam hidup ini kita pasti membutuhkan orang lain. Bercermin pada orang lain yang memiliki kelebihan juga merupakan anjuran untuk bisa meneladaninya. Tetapi, bukan berarti kita menjadi sama persis dan menjadikan diri kita sama dengannya. Setiap orang dilahirkan unik dan spesial, dan mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

  • Masuki lingkungan yang orang-orang percaya diri karena rasa percaya diri merupakan sifat menular. Artinya jika kita dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki cara pandang yang positif yang benar pasti akan membawa kesuksesan.

  • Pandanglah semua orang itu sama dengan memandang semua manusia dengan pandangan yang sama, percayalah bahwa hidup akan lebih mudah di jalani. Percayalah bahwa segalanya akan menjadi lebih mudah dan yakinlah semuanya pasti bisa.

  • Buang prasangka buruk jangan biarkan pikiran negatif menguasai pikiran dan perasaan. Berfikirlah optimis dan bangkitkan rasa percaya diri seperti “ I CAN DO IT”

  • Mintalah pendapat orang lain karena akan memudahkan kita untuk memperbaiki satu demi satu dengan begitu percaya diri kita akan meningkatkan dan memahami kekuatan dan skill diri sendiri.

  • Perluas wawasan perlu karena untuk menambah pengetahuan dan informasi, bersosialisasilah sebaik baiknya .

  • Belajar untuk lebih komunikatif tujuannya agar kita bisa berkomunikasi dan bisa menerima hubungan tanpa melakukam penolakan terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain. Jadi, titik awal anda untuk semua aktivitas itu adalah rasa percaya diri yang lebih baik

  • Berhentilah mengeluh dan mulailah menyibukkan diri dengan melihat aneka kebaikan orang lain dan belajarlah mengakui dengan jujur segala kelebihan yang dimiliki. Sibukkan diri dengan mencari kelebihan yang kita punyai sehingga waktu yang tersedia pun bermanfaat dengan sebaik-baiknya.

Mengapa Self Confidence itu penting?

Kepercayaan diri itu membantu agar supaya kita bisa melakukan sesuatu dalam banyak hal. Seseorang yang bisa dan mau melakukan suatu hal pastinya memiliki rasa kepercayaan diri yang cukup baik.

Lalu mengapa ada keraguan dan kekhawatiran yang selalu mengiringi setiap langkah serta tindakan yang akan dilakukan ? Keraguan dan kekhawatiran itu adalah hal yang sangat wajar, keraguan dan kekhawatiran bisa menjadi sebuah kontrol agar kita juga tidak menjadi “over pede” karena terlalu percaya diri yang berlebihan juga bisa membuat ketidaknyamanan bagi lingkungan sekitar.Yang jelas, semua orang sukses pasti punya kepercayaan diri yang baik. Jadi kalau mau sukses dalam segala hal, mulailah percaya terhadap dirimu sendiri. Karena kita tidak akan pernah bisa sukses jika kita tidak bisa mempercayai diri kita jika kita itu mampu dan bisa.

Referensi
2 Likes

Untuk mencapai rasa senang atau bahagia itu tidaklah muncul secara tiba-tiba. Kita membutuhkan banyak hal untuk meraihnya. Salah satu yang dibutuhkan adalah rasa percaya diri.

Percaya diri merupakan suatu keyakinan dan sikap seseorang terhadap dirinya sendiri baik itu positif maupun negatif yang tujuannya bagi orang tersebut adalah untuk mencapai rasa kebahagiaannya sendiri.

Percaya diri merupakan modal dasar untuk kehidupan manusia, karena percaya diri manusia dapat memotivasi dirinya sendiri untuk bisa bangkit kedepannya. Ada beberapa cara untuk membangun rasa percaya diri terhadap diri sendiri:

  1. Jadilah Diri Sendiri
    Hal ini sangatlah penting untuk setiap manusia, karena menjadi diri sendiri itu berarti kita mencintai diri sendiri, kita dapat menentukan pilihan untuk diri kita sendiri dan mencapai tujuan yaitu untuk membuat diri kita bangga. Karena jika kita hanya mengikuti apa yang orang lain inginkan, itu hanya membantu mereka saja, kita tidak dapat apa-apa. Kita hidup harus mempunyai tujuan dan prinsip hidup agar dapat maju kedepan.
    Dengan mengikuti apa mau diri kita, kita akan merasa lebih bebas dibanding mengikuti arah jalan orang lain. Selain belajar menjadi diri sendiri, otomatis kita belajar apa yang namanya mandiri, dengan ini kita dilatih mental untuk menghadapi masalah kedepannya.

  2. Melangkah 3 Langkah Kedepan
    Hal ini juga mendukung dari “menjadi diri sendiri” tesebut. Karena kita melangkah lebih depan dari pada orang lain, kita akan lebih unggul disbanding orang lain. Hal yang membuat kita melangkah lebih depan ini dikarenakan oleh “menjadi diri sendiri” tersebut. Kita memilih untuk melangkah lebih depan dari pada orang lain.

  3. Buang Prasangka Buruk
    Sifat inilah sifat buruk yang biasa ada pada diri manusia. Kita sebagai manusia harus membuang sifat jelek ini. Dengan sifat ini, perasaan akan tidak tenang dan was-was karena hanya memikirkan keburukan yang ada pada orang lain. Sifat yang satu ini harus benar-benar dikendalikan, karena jika tidak, akan semakin memburuk dan kita tak henti untuk terus berprasangka. Untuk mengurangi rasa prasangka ini, lebih banyaklah dalam memotivasi diri sendiri untuk bisa melakukan sesuatu.

  4. Hadapi Dunia Nyata
    Menghadapi duni nyata untuk rasa percaya diri juga penting, karena kita memilih pilihan itu berada di dunia nyata, bukan dalam angan-angan saja. Dalam memilih pilihan di dunia nyata tentunya mempunyai risiko yang besar, Namun risiko inilah yang membuat kita tertantang sehingga kita tidak erlu khawatir untuk memikirkan risiko yang akan didapat nanti. Kita cenderung untuk melihat potensi dan perkembangan kita kedepan.

  5. Belajar Dari Kesalahan
    Seperti pada umumnya “experience is a good teacher” pengalaman adalah guru terbaik. Kesalahan tidak selamanya buruk, kesalahan bisa membuat kita lebih baik lagi karena kita tidak akan mengulang kesalahan yang sama.

  6. Berpikir Positif
    Selain tidak boleh berprasangka buruk tadi, ini saatnya kita berpikir positif terhadap segala hal. Karena berpikir secara positif, rasa percaya diri anda akan muncul dengan sendirinya.

  7. Bersyukur
    Hal ini yang terpenting dalam menjalani hidup. Janganlah kita lepas dari bersyukur kepada Tuhan Yme, Dengan bersyukur inilah kita merasa puas. Dengan mensyukuri apa yang kita jalani dapat meningkatkan rasa percaya diri kedepannya.

Karena itulah percaya diri sangat penting bagi manusia. Dengan begitu, manusia yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi sangatlah bagus untuk perkembangan hidupnya, meningkatkan keberanian untuk mengambil keputusan, merasa bangga akan diri sendiri, dan merasa puas jika tujuannya tercapai.

Contohnya adalah Napoleon Bonaparte. Dia adalah anak kedua dari 7 bersaudara. Dia adalah Kaisar Perancis yang membuat perubahan besar pada perang napoleon. Dia hanya memiliki tinggi badan yang hanya mencapai lima kaki dan dua inci. Tak satu hari pun merasa pendek dan kerdil dihadapan lawan lawannya dan pasukannya. Namun, Dia melihat dirinya itu menjadi raksasa diantara laki-laki lainnya, meskipun sebenarnya tidak demikian.

Kepercayaan diri dan kebesaran hati membuatnya bersikap, bergaul, bersama orang lain dengan penuh percaya diri dan kemampuan menghadapi segala kesulitan dengan kepercayaan diri yang besar. Karena pilihannya itulah dia berhasil memimpin pasukannya dan memenangkan perang pada saat itu.