Bagaimana caranya membuat persona yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam membuat produk ?

persona

Persona adalah sebuah karakter yang menggambarkan sesorang di dalam sebuah tujuan penelitian. Dalam hal ini persona menjelaskan bagaimana ciri-ciri yang terdapat di dalam sesorang ketika melakukan kegiatan-kegiatan yang sedang kita teliti yang tujuannya agar kita mendapatkan gambaran yang jelas bagi penilitan tersebut sehingga kebutuhan di dalam penelitian tersebut terpenuhi. Lantas, bagaimana caranya membuat persona yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam membuat produk ?

Membuat persona merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan untuk menggali kebutuhan pengguna. Dalam hal ini dengan membuat sebuah persona, maka kita bisa menggambar pengguna yang akan menggunakan produk kita. Selain itu, membangun persona merupakan salah satu komponen penting dalam kesuksesan dalam membuat sebuah produk ketika digunakan oleh penggunanya karena akan menyesuaikan dengan keinginan dari pengguna tersebut. Dari hal di atas ada beberapa tahapan untuk membuat persona, antara lain :

  • Menggali orang yang tepat
    Dalam tahap ini, kita harus memastikan bahwa orang yang kita gali personanya adalah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan di dalam produk tersebut.

  • Memulai Brainstorming
    Setelah mendapatkan orang yang tepat, yang kita lakukan adalah bertemu dengan semua stakeholder yang terlibat didalam penggalian kebutuhan produk tersebut lalu memulai menentukan arahan dari kebutuhan pengguna seperti meilputi tujuan pengguna, kegiatan pengguna, sampai masalah produk dibahas dengan stakeholder yang terlibat

  • Menentukan atribut pengguna
    Selanjutnya adalah membuat atribut-atribut atau hal yang melekat pada diri pengguna. Dalam hal meliputi psikologi,tempat tinggal, umur dan jenis kelamin, dan keadaan ekonomi pengguna.

  • Menggunakan data pengguna untuk memverifikasi asumsi kita
    Dalam tahap ini, kita menggali data-data dari calon pengguna untuk memastikan apa yang kita asumsikan bisa sesuai dengan persona yang akan dibuat

  • Melakukan penilitan kuantitatif
    Selain itu kita bisa menggunakan penilitian kuantitatif dimana hasil pehitungan penelitian kita bisa dijadikan tambahan data untuk membuat persona tersebut.

  • Menguji persona yang sudah dibuat
    Setelah data terkumpul dan persona sudah dibuat, maka selanjutnya kita bisa menguji persona yang dibuat tersebut apakah sesuai dengan kebutuhan pengguna yang awal dibuat sehingga bisa sesuai dengan proses menggali kebutuhan produk tersebut

Sumber :

https://www.imforza.com/blog/persona-building-guide/