Bagaimana Caramu Berdamai dengan Masa Lalu?

masa lalu

Setiap orang pasti memiliki masa lalu yang kurang menyenangkan, bahkan mungkin yang pernah terjadi di masa kecil. Beberapa kejadian, hadir untuk membawa pengalaman dan pelajaran. Namun, seringkali ada memori masa lalu yang terlalu menyakitkan, sampai bertahan hingga ke masa sekarang dan meninggalkan trauma dalam ingatan.

Menurut psikiater dan Advisor Ibunda.id, dr Jiemi Ardian, mengatakan bahwa trauma karena masa lalu yang menyakitkan, bisa berdampak signifikan pada kehidupan seseorang, seperti terus berkutat dengan kesedihan, terjebak dalam masa lalu, kehilangan kepercayaan terhadap orang lain, atau bahkan menyebabkan mental illness.

Untuk berdamai dengan dengan masa lalu, hal yang bisa aku lakukan yaitu menerima, mengikhlaskan, dan memaafkan. Karena tidak semua hal yang kita inginkan di dunia ini dapat aku miliki, tapi dengan begitu semesta mengajarkan bagaimana untuk tumbuh dan menjadi seseorang yang lebih baik dalam menjalani hidup.

Kalau ditanya hal yang serupa, bagaimana cara Youdics berdamai dengan masa lalu?

Pertanyaan yang menarik! memang jika memiliki masa lalu yang buruk bahkan sampai meninggalkan trauma itu sangat sulit dilupakan. Bahkan jika mencoba untuk mengikhlaskan pun terasa sulit. Melupakan masa lalu yang buruk itu membutuhkan waktu, seberapa lama waktu yang dibutuhkan tergantung individu masing-masing. Menerima, mengikhlaskan, dan memaafkan memang cara paling ampuh untuk melupakan masa lalu. Tentu berdamai dengan diri sendiri juga merupakan kunci untuk menghilangkan trauma itu. Say juga melakukan hal itu mencoba untuk berdamai dengan diri sendiri mencoba untuk tidak menyalahkan diri sendiri dan biar waktu yang menjawab apakah saya bisa mengatasi trauma tersebut. Dan saya tidak lupa berserah diri pada tuhan saya dan percaya akan rencanaNya.

Well, seperti yang sudah disampaikan di bagian deskripsi, hidup manusia tentunya tidak selalu berjalan mulus. Terkadang kita pernah mengalami sesuatu yang kurang menyenangkan atau bahkan sangat buruk sehingga meninggalkan trauma bagi diri kita dan menjadi sesuatu yang sangat sulit untuk di lupakan. Terkadang saking besar dan buruknya suatu hal yang pernah terjadi terhadap seseorang membuatnya tidak pernah sama lagi. Jika ditanya apakah saya pernah memiliki kejadian di masa lalu yang kurang menyenangkan, tentu saja jawabanya adalah iya. saya pernah mengalami hal - hal seperti itu. Untuk trauma sendiri, puji Tuhan, tidak ada. Hanya saja, untuk beberapa pengalaman kurang menyenangkan yang saya alami di masa lalu terkadang sangat sulit untuk melupakannya dan terus terngiang di kepala.

Untuk itulah, seseorang harus bisa belajar untuk berdamai dengan masa lalu-nya. Masa Lalu di mata saya adalah waktu yang sudah lewat dan tidak bisa di rubah. Semuanya sudah jauh berada di belakang kita. Saya menjadikan setiap pengalaman atau kejadian buruk atau kurang mengenakkan sebagai sebuah pengalaman dan pembelajaran dalam hidup saya yang membuat saya menyadari betul jika manusia pada dasarnya tidak ada yang sempurna sama sekali. semua orang pernah mengalami kejadian buruk, dan semua orang hidupnya tidak akan selalu mulus. Pasti semuanya pernah mengalami kesulitan dan sebagainya. Kita hanya bisa terus melangkah maju ke depan dan berdamai dengan masa lalu adalah salah satu caranya.

Seperti yang sudah saya bilang di atas, kita harus memiliki mindset jika masa lalu itu sudahlah berada di belakang kita dan masa kini dan masa depan membentang di hadapan kita. Lalu jika ditanya bagaimana cara saya berdamai dengan masa lalu adalah dengan memaafkan, mengikhlaskan, melepaskan, dan menerima dengan hati dan pikiran yang legowo dan lapang. semua hal ada hikmahnya dan kita harus bisa mengambil setiap pelajaran di baliknya. Tinggal bagaimana caranya supaya kita tidak terjatuh ke lubang yang sama untuk kedua kalinya.

Saya rasa berdamai dengan masa lalu bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Butuh banyak percobaan dan juga pengorbanan hingga akhirnya bisa sedikit banyak berdamai dengan masa lalu. Adanya beberapa trauma dari masa lalu pun tentunya mempengaruhi tingkah laku dan keadaan diri saat ini. Mengakui kejadian yang pernah terjadi merupakan hal pertama yang saya lakukan. Berusaha untuk tidak menolak dan sepenuhnya sadar bahwa saya pernah berada pada situasi seperti itu, yang sudah berlalu tidak bisa diubah lagi. Belajar dari pengalaman dan berusaha untuk tidak menemui jalan buntu yang sama. Berusaha untuk tidak menyalahkan diri sendiri, saya tidak bisa mengendalikan orang lain, maka saya akan mengendalikan diri lebih baik lagi. Yang terakhir adalah mengelilingi diri dengan pengaruh positif. Cara ini termasuk dengan perlahan memotong hubungan dengan orang dan hal yang menguras ingatan masa lalu. Semua butuh waktu dan proses yang tidak sebentar, namun saya yakin semua bisa teratasi dengan baik.

Cara saya berdamai dengan masa lalu adalah dengan cara banyak bersyukur d mencari banyak kegiatan untuk menyibukkan diri agar lupa tentang masa lalu yang sulit untuk dilupakan. Sehingga dengan begitu saya lebih bisa memahami dan melupakan tentang masa lalu dengan mudah.