Bagaimana cara yang tepat bagi seorang product manager untuk mendapatkan pengalaman?

Seorang product manager adalah mereka yang telah memiliki pengalaman serta wawasan lebih dalam hal engineering, desain, pemasaran, layanan pelanggan, dll. Seorang product manager haruslah menjadi bagian dari tim yang membuat produk yang baik dan memiliki kisah terhadap produk itu sendiri.
Bagaimana cara yang tepat bagi seorang product manager untuk mendapatkan pengalaman?

Sebenarnya pengalaman akan didapatkan seseorang secara langsung dengan ia melakukannya (mengalaminya). Namun, cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pengalaman tersebut antara lain:

  1. Mengenal pelanggan dengan baik. Product Manager yang baik adalah ia yang dapat mengatahui apa masalah /kekurangan yang ada dan juga mengetahui apa keinginan, impian dan harapan pelanggan.

  2. Memiliki obsesi yang baik tentang desain dan pengalaman. Berkaitan dengan poin sebelumnya, seorang Product Manager yang baik akan menuliskan satu atau dua tindakan inti atas kebutuan pelanggan yang bisa memberikan kepuasan terhadap pelanggan nantinya. Seorang PM dapat meminta kepada seorang desainer untuk membuat (misalnya) sebuah storyboard atau UX wireframe. Kemudian lemparkan ide yang tertuang dalam storyboard atau UX wireframe tadi ke tim.

  3. Menjadi storyteller yang baik. Seorang Product Manager haruslah menjadi storyteller yang baik kepada tim, pelanggan, dan pasar. Proses menceritakan sebuah produk nantinya akan menggambarkan tentang produk yang akan/sedang dibangun. Dari sana lah nantinya seorang PM akan melihat ekspresi dan ekspresi pelanggan untuk kemudian dapat menjadi feedback dari cerita yang telah disampaikan.

Sumber: