Bagaimana cara yang paling efektif untuk membuat catatan belajar?

Dengan banyaknya materi yang diberikan, bagaimana mungkin seorang mahasiswa akan dapat memahami meteri tersebut. Maka dari itu, membuat catatan belajar adalah hal yang tepat untuk seorang mahasiswa.

Bagaimana cara yang paling efektif untuk membuat catatan belajar?

Bagi para pelajar mencatat merupakan suatu hal yang wajib hukumnya bagi para pelajar. Mencatat sendiri menurut kbbi ialah menuliskan sesuatu untuk peringatan (dalam buku catatan). Mencatat sendiri memang bertujuan untuk mengingatkan tentang apa saja yang telah kita pelajari.

Lalu mengapa mencatat dengan efektif dan benar itu penting ? Catatan yang baik akan membantumu mengingat konsep, mengembangkan skill belajar, dan lebih cepat memahami topic. Note yang efektif akan sangat membantumu ketika belajar saat akan menghadapi ujian. Mengambil catatan yang penting akan membantumu saat menghadapi masa transisi dari SMA ke Perkuliahan.

1. Metode Cornell / Cornell Method

Metode Cornell membantu dalam mencatat pelajaran di kelas hingga menjadi ringkasan yang gampang dipahami. Metode ini sangat efektif karena menempatkan poin penting, details, kata kunci, dan ringkasan di satu tempat yang sama. Berikut cara mecatat dengan metode cornell

  • Bagilah Kertas Menjadi 3 Bagian. Bagian Kiri adalah kata kunci, Bagian Kanan adalah semua catatan di kelas. Dan Bagian bawah adalah ringkasan

  • Tulislah pada bagian kiri saat kelas semua catatan yang telah diterangkan

  • Lalu setelah kelas pada bagian kanan tulislah kata kata kunci dari pelajaran tersebut

  • Setelah itu ringkaslah materi dengan menuliskan ringkasan dari kelas tersebut hingga menjadi satu ringkasan final.

2. Metode Mapping / Mapping Method

Metode Mapping lebih mengajak kamu untuk mencatat dengan cara menggambar. Metode ini sangat bagus jika digunakan untuk mencari hubungan antar tiap topic atau pelajaran. Mencatat dengan cara ini akan terlihat seperti membuat suatu pohon yang memiliki setiap ranting. Berikut adalah cara mencatat dengan Metode Mapping :

  • Buatlah Topic pembelajaran saat dikelas

  • Lalu lanjutkan dengan membuat sub sub topic dari topic utama tersebut

  • Tulis juga kata kunci di tiap sub sub topic

3. Metode Menguraikan / Outlining Method

Metode menguraikan menggunakan cara membuat poin poin penting untuk menjelaskan suatu topic. Cara mencatat ini sangat efektif jika ingin mencatat tentang topic atau pelajaran yang memiliki banyak detail. Mencatat dengan cara ini akan terlihat dengan Topic Utama yang diikuti oleh sub sub topic dan diikuti dengan poin poin penting tiap subtopic.

Berikut adalah cara mencatat dengan Metode Menguraikan :

  • Mulailah dengan menuliskan Topik Utama pelajaran tersebut

  • Berilah penjelasan singkat tentang topik utama tersebut atau langsung saja tuliskan tentang subtopic pelajaran tersebut dibawah Topik Utama

  • Berilah poin poin penting tiap subtopik dan bukan menjadi sebuah paragraph

4. Metode Pengelompokan / Charting Method

Metode pengelompokan menggunakan kolom untuk mencatat. Metode ini sangat berguna untuk membandingkan antara topic satu dengan topic lainnya yang memiliki sangat banyak hubungan. Kelebihan metode ini ialah kita dapat dengan mudah membandingkan Topik satu dengan Topik lain dengan meliat poin poin penting tiap topic. Mencatat dengan cara ini akan terlihat dengan kertasmu dibagi menjadi beberapa kolom untuk mencatat topic topic yang berbeda. Cara Mencatat dengan metode pengelompokan ialah

  • Ketika Suatu topik dijelaskan maka tulislah poin poin penting topic tersebut di satu kolom

  • Jika telah berganti topic pindahlah ke kolom berikutnya dan tulislah poin poin penting dari topic yang baru

5. Metode Kalimat / Sentence Method

Metode mencatat ini dilakukan untuk meringkas semua materi dari suatu topic dan menjadikannya menjadi dalam beberapa kalimat bukan paragraph yang mewakili setiap kata kunci dari topic tersebut. Metode ini sangat baik digunakan untuk Topik yang tergolong banyak. Mencatat dengan cara ini akan terlihat dengan berbagai kalimat yang sebenarnya merupakan perwakilan dari tiap tiap kata kunci. Jadi setaip topic utama akan diterangkan oleh beberapa kalimat yang mewakili kata kata kunci di topic utama tersebut.

Berikut adalah cara mencatat dengan metode Kalimat :

  • Tulislah Topik Utama dalam pelajaran tersebut

  • Lanjutkan dengan membuat kalimat dari kata kunci di topik tersebut

  • Ingat untuk mencatat dengan cara ini agar dijadikan sebagai kalimat yang terpisah bukan menjadi sebuah paragraf.

Sumber : https://www.oxfordlearning.com/5-effective-note-taking-methods/

1 Like

Belajar merupakan kegiatan yang cukup merepotkan bagi sebagian mahasiswa. Apalagi banyak sekali mata kuliah atau bidang studi yang harus dikuasai. Dengan sulitnya mata kuliah yang diajarkan menyebabkan sebagian mahasiswa enggan untuk melakukan kegiatan belajar. Maka dari itu sebuah rangkuman atau catatan sangat diperlukan.

Rangkuman atau catatan adalah suatu cara yang dipakai seseorang untuk memmudahkan dalam mengingat suatu materi. Catatan yang baik akan memudahkan mengingat kembali materi yang diberikan oleh dosen.

Berikut adalah tips atau cara yang efektif untuk membuat catatan belajar yang menarik untuk dibaca :

1. Niat

Tips yang pertama yaitu kita harus mempunyai niat. Jika kita tidak mempunyai niat maka kita akan bermalas-malasan ketika ingin mencatat. Apalagi dengan banyaknya materi yang diberikan akan membuat kita enggan untuk mencatat jika rasa itu timbul. Rasa malas juga salah satu musuh terbesar mahasiswa ketika ingin melalukan suatu kegiatan. Maka dari itu kita harus mempunyai niat yang besar dulu.

2. Memperbagus atau Merapikan Tulisan

Dengan bagusnya tulisan tangan akan mempermudah membaca catatan – catattan yang penting. Bagusnya tulisan juga akan memperindah suatu catatan. Apalagi saat membaca pada bagian yang penting. Tulisan yang jelas akan cepat terserap ke dalam otak.

3. Catat poin-poin penting

Banyak sekali materi yang diterangkan oleh dosen tapi waktu jam kuliah malah berbanding terbalik. Dan kita tidak mungkin akan mencatat semua materi yang diberikan. Maka dari itu catat poin-poin penting dengan kata-kata sendiri yang mudah dimengerti. Jika menulis semuanya kita akan menghabiskan banyak waktu hanya untuk mencatat.

4. Memberi Garis Bawah

Dengan memberi garis bawah pada catatan akan mempermudah ketika mencari materi yang dibutuhkan karena menghemat waktu. Juga dengan memberi garis bawah suatu kalimat atau kata akan mempermudah otak untuk mengingat tulisan itu. Sisi positif lainnya ketika menggaris bawahi tulisan adalah memperindah catatan.

5. Menulis Dengan Berbagai Warna Tinta

Ciri-ciri orang cerdas biasanya mencatat menggunakan berbagai warna tinta. Pada bagian yang lebih penting biasanya diberi warna merah. Hal ini agar mempermudah dan mempercepat mencari tulisan tersebut. Memang semua catatan itu penting, tapi yang lebih penting sebaiknya diberi warna beda agar jika ingin mencari bisa cepat ketemu.

6. Menggunakan Warna

Menggunakan warna pada teks adalah cara yang termudah untuk membuat catatan, meskipun tidak perlu menulis sama sekali. Hal ini akan membantu untuk membayangkan dan mengatur informasi dengan jelas. Hal ini bisa diadaptasi juga untuk pembuatan garis besar saat menulis esai akademis.

7. Menggunakan Margin yang Lebar

Membuat baris pada setiap halaman dengan pulpen dan penggaris, agar memiliki margin yang lebar pada sisi kiri halaman. Hal ini akan mencegah halaman menjadi terlalu penuh dan akan memberikan ruang untuk menuliskan informasi tambahan saat kita mengulas catatan. Dengan mengatur margin akan membuat catatan kita enak untuk dipandang.

8. Menggunakan Simbol dan Diagram

Simbol-simbol seperti tanda panah, titik dan kotak, serta diagram, grafik, dan bantuan gambar lainnya sering kali merupakan cara yang bagus untuk mengaitkan dan mengingat konsep utama. Memberi simbol-simbol tersebut akan mempermudah saat kita membaca kembali catatan kita. Dan dengan membuat diagram akan meringkas catatan yang panjang dan ditulis hal-hal pokoknya saja.

9. Gunakan Stenografi

Salah satu kunci pembuatan catatan kuliah yang baik adalah dengan menggunakan stenografi, dimana anda menulis beberapa huruf atau simbol yang melambangkan banyak kata. Stenografi adalah cara menulis ringkas dan cepat yang biasa dipakai untuk menyalin pembicaraan. Tujuan menggunakan stenografi adalah untuk mengurangi jumlah karakter yang harus ditulis dan akan membantu kita menulis lebih cepat, sehingga kita bisa mengejar kecepatan bicara dosen dan memiliki lebih banyak waktu untuk mendengar dan memahami.

Sumber :

Catatan sangat diperlukan saat kita sedang melakukan sebuah pembelajaran. Dengan mencatat materi yang penting, kita dapat lebih mengingat materi yang telah kita terima sebelumnya. Tetapi jika catatan kita tidak diatur dengan baik, maka kita akan kesulitan untuk belajar pada sat ingin mengulang materi.

Berikut adalah cara yang paling efektif untuk mengatur catatan belajar:

  1. Menulis Hal-Hal Penting

    Kita akan menerima banyak materi pada saat dikelas. Tidak semua materi yang diberikan akan kita terima dengan baik. Maka dari itu kita harus pandai-pandai dalam menyikapi hal tersebut. Mencatat materi yang dirasa penting dan belum paham saja, jangan buang waktu menuliskan setiap kata. Sebagai gantinya, jadilah lebih selektif dengan apa yang akan berakhir di halaman dengan mengidentifikasi apa yang relevan dengan topik. Menulis atau mencatat hal-hal penting materi yang disampaikan adalah hal yang sangat penting kita lakukan. Catatan tersebut dapat kita buka kembali untuk kita pelajari lagi kapan pun kita mau.

  2. Menggunakan Audio

    Terkadang saat kita ingin mencatat materi, dosen terlalu cepat dalam menyampaikan. Penyampaian materi yang terlalu cepat membuat kita kesulitan dalam mencatat. Kita dapat memanfaatkan perekam suara yang ada di setiap handphone yang kita bawa. Dengan begitu kita dapat memutar ulang audio tersebut dan mulai melengkapi apa yang kurang dicatatan kita tanpa kesulitan.

  3. Menggunakan Warna

    Menulis materi dengan berbagai warna akan membuat kita lebih mudah menghafal ataupun memahami materi tersebut, karena adanya perbedaan warna setiap sub bab. Kita dapat menggunakan spidol pena berwarna, stabilo bahkan krayon. Kode warna membantu kita untuk mengaitkan warna dengan ingatan. Gunakan warna tertentu untuk menyorot konsep prioritas utama atau suatu judul, lalu pilih warna lain untuk mengidentifikasi prioritas kedua seperti contoh dan informasi tambahan yang dirasa penting. Buku catatn yang warna warni juga membuat kita lebih tertarik untuk membuka dan untuk dipelajari kembali.

  4. Gunakan Metode "pertanyaan, jawaban, bukti"

    Menggunakan metode “pertanyaan,jawaban, bukti” dapat mempermudah cara kita saat belajar. Metode ini dibilang efektif karena hal ini membuat kita mau tidak mau harus membaca materi sambil mencatat kembali dan memungkinkan kita untuk menjelaskan isi.

    Daripada mencatat suatu informasi yang disampaikan dosen secara rinci kalimat demi kalimat, lebih baik kita mendengarkan terlebih dahulu apa yang disampaikan dosen dengan seksama dan berusaha memahami materi tersebut. Setelah dirasa cukup memahami materi, buatlah pertanyaan dari materi tersebut dan jawablah sendiri beserta penjelasannya. Metode ini telah terbukti membantu murid-murid memahami dan menyimpan ingatan akan materi secara lebih efektif.

  5. Gunakan Simbol dan Diagram

    Menggunakan simbol-simbol seperti tanda panah, titik, koma, menggambar grafik ataupun dengan cara menggambar dapat lebih membuat catatan kita ringkas. Selain membuat ringkas, catatan dengan simbol dan diagram juga membuat kita lebih memahami materi daripada catatan dengan tulisan saja. Cara tersebut bagus untuk mengaitkan dan mengingat konsep utama, terutama jika kita adalah orang yang visual dalam belajar.

  6. Pastikan Tulisan Mudah Dibaca

    Mencatatlah dengan tulisan yang mudah dibaca minimal dapat kita baca sendiri. Sangat sia-sia jika kita sudah menulis materi banyak tetapi saat kita membuka kembali materi tersebut kita tidak dapat membacanya dengan benar. Secepat apaapun kita menulis pastikan tulisan tersebut rapi dan mudah untuk dibaca.

Dengan catatan kita yang teratur dan bagus membuat kita dapat mempelajari materi dengan mudah tanpa harus kebingungan. Materi di dalam catatan dapat kita buka kapan saja sesuai keinginan kita, apalagi ditambah dengan tananan materi yang menarik dan ringkas.

SUMBER:
Wiki “How Cara Mencatat Dengan Lebih Baik”
http://id.wikihow.com/Mencatat-dengan-Lebih-Baikhttp://id.wikihow.com/Mencatat-dengan-Lebih-Baik
Nela Canovic “What is the most effective way to organise and keep track of study notes?”
https://www.quora.com/What-is-the-most-effective-way-to-organise-and-keep-track-of-study-notes

1 Like