Belajar merupakan kegiatan yang cukup merepotkan bagi sebagian mahasiswa. Apalagi banyak sekali mata kuliah atau bidang studi yang harus dikuasai. Dengan sulitnya mata kuliah yang diajarkan menyebabkan sebagian mahasiswa enggan untuk melakukan kegiatan belajar. Maka dari itu sebuah rangkuman atau catatan sangat diperlukan.
Rangkuman atau catatan adalah suatu cara yang dipakai seseorang untuk memmudahkan dalam mengingat suatu materi. Catatan yang baik akan memudahkan mengingat kembali materi yang diberikan oleh dosen.
Berikut adalah tips atau cara yang efektif untuk membuat catatan belajar yang menarik untuk dibaca :
1. Niat
Tips yang pertama yaitu kita harus mempunyai niat. Jika kita tidak mempunyai niat maka kita akan bermalas-malasan ketika ingin mencatat. Apalagi dengan banyaknya materi yang diberikan akan membuat kita enggan untuk mencatat jika rasa itu timbul. Rasa malas juga salah satu musuh terbesar mahasiswa ketika ingin melalukan suatu kegiatan. Maka dari itu kita harus mempunyai niat yang besar dulu.
2. Memperbagus atau Merapikan Tulisan
Dengan bagusnya tulisan tangan akan mempermudah membaca catatan – catattan yang penting. Bagusnya tulisan juga akan memperindah suatu catatan. Apalagi saat membaca pada bagian yang penting. Tulisan yang jelas akan cepat terserap ke dalam otak.
3. Catat poin-poin penting
Banyak sekali materi yang diterangkan oleh dosen tapi waktu jam kuliah malah berbanding terbalik. Dan kita tidak mungkin akan mencatat semua materi yang diberikan. Maka dari itu catat poin-poin penting dengan kata-kata sendiri yang mudah dimengerti. Jika menulis semuanya kita akan menghabiskan banyak waktu hanya untuk mencatat.
4. Memberi Garis Bawah
Dengan memberi garis bawah pada catatan akan mempermudah ketika mencari materi yang dibutuhkan karena menghemat waktu. Juga dengan memberi garis bawah suatu kalimat atau kata akan mempermudah otak untuk mengingat tulisan itu. Sisi positif lainnya ketika menggaris bawahi tulisan adalah memperindah catatan.
5. Menulis Dengan Berbagai Warna Tinta
Ciri-ciri orang cerdas biasanya mencatat menggunakan berbagai warna tinta. Pada bagian yang lebih penting biasanya diberi warna merah. Hal ini agar mempermudah dan mempercepat mencari tulisan tersebut. Memang semua catatan itu penting, tapi yang lebih penting sebaiknya diberi warna beda agar jika ingin mencari bisa cepat ketemu.
6. Menggunakan Warna
Menggunakan warna pada teks adalah cara yang termudah untuk membuat catatan, meskipun tidak perlu menulis sama sekali. Hal ini akan membantu untuk membayangkan dan mengatur informasi dengan jelas. Hal ini bisa diadaptasi juga untuk pembuatan garis besar saat menulis esai akademis.
7. Menggunakan Margin yang Lebar
Membuat baris pada setiap halaman dengan pulpen dan penggaris, agar memiliki margin yang lebar pada sisi kiri halaman. Hal ini akan mencegah halaman menjadi terlalu penuh dan akan memberikan ruang untuk menuliskan informasi tambahan saat kita mengulas catatan. Dengan mengatur margin akan membuat catatan kita enak untuk dipandang.
8. Menggunakan Simbol dan Diagram
Simbol-simbol seperti tanda panah, titik dan kotak, serta diagram, grafik, dan bantuan gambar lainnya sering kali merupakan cara yang bagus untuk mengaitkan dan mengingat konsep utama. Memberi simbol-simbol tersebut akan mempermudah saat kita membaca kembali catatan kita. Dan dengan membuat diagram akan meringkas catatan yang panjang dan ditulis hal-hal pokoknya saja.
9. Gunakan Stenografi
Salah satu kunci pembuatan catatan kuliah yang baik adalah dengan menggunakan stenografi, dimana anda menulis beberapa huruf atau simbol yang melambangkan banyak kata. Stenografi adalah cara menulis ringkas dan cepat yang biasa dipakai untuk menyalin pembicaraan. Tujuan menggunakan stenografi adalah untuk mengurangi jumlah karakter yang harus ditulis dan akan membantu kita menulis lebih cepat, sehingga kita bisa mengejar kecepatan bicara dosen dan memiliki lebih banyak waktu untuk mendengar dan memahami.
Sumber :